12 Wine Termahal di Dunia, Ada yang Dibeli 3,5 Miliar Dalam Kondisi Pecah

Wine Paling Mahal



Wine atau anggur adalah minuman beralkohol yang terbuat dari peragian anggur atau buah-buahan lain dan dikemas dalam botol. Berikut ini 12 wine paling mahal yang pernah terjual dalam sejarah. 

Rasa yang didapat dari minuman keras (miras) ini bukan karena bahan tambahan, namun Karena adanya keseimbangan kimia alami. Jadi semakin baik kualitas bahannya semakin menambah nikmat rasanya minuman beralkohol ini.

Berikut ini Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber, 12 wine termahal yang pernah terjual dalam sejarah dunia. Sekaligus mengenalkan toko daring penjualan minuman keras resmi di Indonesia SulanginAja

Wine Paling Mahal di Dunia Hingga Saat Ini 

1. Botol Wine Speyer Buatan Tahun 325-350 M

Botol wine Speyer ini diyakini sebagai yang tertua di dunia dan ditemukan pada tahun 1867 di makam pasangan Romawi. Miras kuno berumur hampir 1.700 tahun ini dipajang di Museum Sejarah Pfalz di Jerman. Sangking bernilainya sehingga para ahli tidak berani menaksir harga wine ini. 

2. Domaine de la Romanée-Conti Grand Cru 1945 (Rp 8,7 miliar per botol)

Tahun 2018 seorang kolektor Asia membeli dengan harga tersebut di penjualan Sotheby di New York. Wine yang hanya ada 600 botol yang dikemas dari barang antik tahun 1945 itu saat ini hanya sedikit yang tersisa. Bahan minuman diambil dari kebun anggur Domaine de la Romanée-Conti yang terkenal sebagai penghasil anggur burgundy kualitas tertinggi.

3. Screaming Eagle Cabernet Sauvignon 1992 (Rp 7,8 miliar per botol)

Minuman khas California, Amerika Serikat (AS) ini terjual dengan harga tersebut tahun 2000 di lelang anggur amal di kota yang sama. Anggur berwarna ungu buram dengan rasa blackberry ini dikemas dalam botol yang tanpa pemurnian dan tanpa filter.

4. Jeroboam dari Chateau Mouton-Rothschild 1945 (Rp 4,8 miliar per botol)

Salah satu anggur paling bergengsi yang diproduksi di kebun anggur Nathaniel Rothschild ini terdapat huruf 'V' pada label botolnya. Label itu melambangkan kemenangan pasukan sekutu dalam Perang Dunia II. Rasa minumannya adalah blackberry dan oak ditambah aroma mint, vanilla, serta rempah-rempah kue yang mewah.

5. Cheval Blanc 1947 (Rp 4,7 miliar per botol)

Cheval Blanc 1947 dijuluki sebagai Bordeaux terbaik dalam sejarah. Rasa anggur ini adalah plum dan blackberry yang elegan dan memiliki aroma vanilla, oak, dan tanah.

6. Heidsieck 1907 (Rp 4,2 miliar per botol)

Mahalnya anggur ini karena perjalanan botolnya. Saat Perang Dunia I, sebuah kapal bermuatan anggur ditenggelamkan oleh kapal selam Jerman. Untungnya, beberapa botol selamat dari torpedo, sedangkan yang lain tidak ditemukan lagi selama 81 tahun.

Tahun 1997, lebih dari 2.000 botol anggur berhasil diselamatkan dari bangkai kapal. Begitulah sejarah anggur Heidsieck jadi mahal.

7. Chateau Lafite 1869 (Rp 3,5 milar per botol)

Minuman ini berhasil dibeli oleh sosok anonim dari Asia seharga Rp 3,5 miliar di lelang Sotheby's di Hong Kong tahun 2010. 

8. Chateau Margaux 1787 (Rp 3,5 miliar per botol)

Wine termahal yang tidak pernah diminum dan terjual ini dibayar oleh perusahaan asuransi seharga Rp 3,5 milar karena botolnya pecah berkeping-keping dijatuhkan oleh pramusaji. Padahal beberapa orang siap membayar dengan harga Rp 7,7 miliar. Botol minuman ini memiliki inisial Thomas Jefferson, presiden ke-3 AS. 

9. Ampul dari Penfolds (Rp 2,6 miliar)

Anggur yang mengandung alkohol tesebut dikemas dalam wadah kaca yang hanya bisa dibuka dengan mematahkan ujungnya. Si pembuat anggur akan menemani pembeli untuk mengarahkan cara membuka minuman keras yang dijual langsung dari kilang anggur ini.

10. Chateau Lafite Rothschild 1787 (Rp 2,4 miliar per botol)

Anggur lain yang diduga milik mantan Presiden AS Thomas Jefferson karena berinisial “Th. J" ini ditemukan sekitar 200 tahun kemudian di ruang bawah tanah di Paris. Minuman beralkohol ini kemudian dilelang di Christie's London pada tahun 1985 dan dibeli oleh Boss majalah Forbes, Malcolm Forbes.

11. Romanée-Conti 1945 (antara Rp 2 miliar sampai Rp 8,7 miliar) 

Mahalnya harga wine ini adalah karena peningkatan investasi anggur.

12. Vosne-Romanée Cros Parantoux 1999 (Rp 2,1 milar)

Minuman ini dibuat oleh pembuat anggur Prancis terkenal Henri Jayerini yang mempunya struktur kaya dan padat serta ditambah sedikit buah merah matang, mineral, dan rempah-rempah.

Vosne-Romanée Cros Parantoux 1999


Ternyata tidak sedikit minuman anggur yang harganya selangit, bagi awan penikmat minuman keras atau yang mengadung alkohol harga di atas tentu sangat mencengangkan. Tulisan di bawah, boleh juga Anda baca untuk menambaha wawasan. Ada juga minuman keras yang harganya bisa sampai puluhan miliar per gelas. 

Bagi Anda penggemar minuman beralkohol, boleh mengunjungi situs penjualan daring SulanginAja. Selain toko online mereka juga memiliki beberapa gerai di beberapa kota di Indonesia, ada di Jakarta, Bali, Medan dan Pematangsiantara, Sumatera Utara. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form