5 Cara Mudah Tampil Pede Agar Karier Sukses dan Memikat Gebetan

Percaya Diri

Pede (PD) atau percaya diri adalah sikap tangkas dalam setiap keadaan. Berikut ini 5 cara mudah agar bisa tampil penuh percaya diri.

Cara-cara tersebut bisa membuat Anda lebih pede dalam berbagai situasi, baik secara profesional atau pribadi. Cara itu dapat membantu kita merasa lebih tenang dan lebih fokus saat menyampaikan presentasi, melakukan wawancara kerja, atau melaksanakan tugas baru. 

Selain itu, bisa juga digunakan untuk membantu Anda memikat gebetan (orang yang disukai), tampil menawan saat kencan pertama, berada di tempat kursus baru, atau bertemu dengan calon mertua untuk pertama kali.

Dilansir dari situs Psychology Today, berikut ini 5 cara mudah tampil pede dalam setiap aktivitas, yaitu:

1. Lakukan langkah demi langkah.

Sebagai permulaan, Anda bisa mengambil satu langkah sekecil mungkin untuk maju menghadapi tantangan. Lalu ambil satu lagi. Buat setiap langkah sekecil dan semudah mungkin yang membuat Anda tidak ragu-ragu dan yakin akan berhasil. Dengan setiap langkah, Anda akan merasa lebih percaya diri dibandingkan langkah sebelumnya. Sebelum menyadarinya, Anda telah melewati tantangan dengan sukses.

2. Ingatkan diri tentang alasan Anda.

Mengapa Anda berada dalam situasi yang Anda alami? Apa yang mendorong Anda? Apa motivasi Anda berada di sana? Mungkin Anda bersemangat dengan pesan yang akan Anda bagikan atau bersemangat diwawancarai untuk pekerjaan impian Anda. Mungkin Anda tahu bahwa apa yang Anda lakukan akan membantu orang lain dan orang mengandalkan Anda untuk menyelesaikannya. Mungkin itu membuat Anda selangkah lebih dekat ke tujuan jangka panjang. Apa pun alasannya, ingatkan diri sendiri akan hal itu, karena itu akan memotivasi melewati momen-momen keraguan dan membuat Anda semakin bergairah dengan penampilan diri.

3. Pikirkan kesuksesan masa lalu.

Ingatlah situasi di masa lalu saat Anda berhasil lepas dari tekanan. Sebenarnya mudah melupakan berbagai rintangan yang telah Anda atasi, namun dengan mengingat masa lalu akan dapat membantu menyadari betapa Anda telah berkembang. Percayalah pada diri sendiri dan kemampuan diri untuk mengatasi setiap rintangan.

4. Melatih penegasan diri yang positif.

Dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda percaya diri dan berani, membuat Anda mampu untuk itu. Semakin Anda sering memberi penegasan positif pada diri sendiri, semakin Anda mampu membangun diri dan memperkuat jalur saraf di otak yang memicu rasa percaya diri. Berikut ini beberapa contoh afirmasi atau penegasan yang dapat Anda katakan pada diri sendiri:

- Saya percaya kalau saya bisa percaya diri.

- Saya percaya pada kemampuan sendiri.

- Saya menghargai kekuatan sendiri dan menggunakannya dengan baik.

5. Abaikan mereka yang pesimis dan bergaulah dengan yang berpikir positif.

Kadang-kadang Anda dikelilingi orang-orang yang bersikap pesimis di sekitar Anda. Mereka mungkin memberi tahu bahwa Anda tidak dapat melakukannya, bahwa Anda tidak mampu, atau bahwa Anda memerlukan lebih banyak pengalaman dan modal. Abaikan mereka. Anda memiliki hak untuk melakukannya dan Anda benar-benar bisa. Bahkan jika gagal, Anda bisa belajar sehingga bisa berhasil di lain waktu. Jika memungkinkan, Anda bisa bergaul dengan mereka yang berpikiran positif yang akan membantu mencapai kesuksesan.

Semoga ke-5 langkah itu bisa membantu meraih masa depan yang lebih baik. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form