Pencipta Baterai Lithium-Ion, John B. Goodenough, Meninggal Dunia di Usia 100 Tahun

 

John B. Goodenough




Ilmuwan terkenal John B. Goodenough, perintis di balik pengembangan baterai lithium-ion, meninggal dunia pada hari Minggu pada usia 100 tahun. 

Kontribusi Goodenough telah merevolusi bidang teknologi dan memberdayakan orang-orang di seluruh dunia dengan perangkat elektronik yang kita semua gunakan saat ini. 

Pada tahun 2019, ia menerima Hadiah Nobel yang bergengsi di bidang kimia, dan menjadi berita utama sebagai penerima tertua dalam sejarah.


John B. Goodenough menerima Hadiah Nobel Kimia saat berusia 96 tahun

Selama 37 tahun masa jabatannya yang termasyhur di The University of Texas di Austin's Cockrell School of Engineering, Goodenough menjabat sebagai anggota fakultas dan memegang Virginia H. Cockrell Centennial Chair of Engineering yang terhormat.

Ia sangat berkomitmen untuk mengeksplorasi solusi penyimpanan energi yang inovatif dan menyelidiki tantangan ilmu pengetahuan dan teknik solid-state yang mendasar. 

Dedikasinya yang tak tergoyahkan menghasilkan penciptaan baterai isi ulang yang mutakhir, yang memberikan kepadatan energi tinggi untuk ponsel, laptop, tablet, dan kendaraan listrik.

Dampak Goodenough tidak hanya sebatas pada penelitian terobosannya. Dikutip dari Gizmochina, ia adalah seorang guru dan mentor yang dicintai, yang membimbing banyak mahasiswa pascasarjana dan anggota fakultas dengan kebijaksanaan dan dorongannya. Kemurahan hati dan semangatnya untuk pendidikan terbukti melalui sumbangannya kepada Universitas dan pendirian beasiswa dan dana penelitian.

Lahir di Jerman pada tahun 1922, Goodenough memperoleh gelar di bidang matematika dan fisika dari institusi-institusi bergengsi seperti Universitas Yale dan Universitas Chicago. 

Sepanjang kariernya, ia menduduki berbagai posisi di lembaga-lembaga ternama seperti Laboratorium Lincoln MIT dan Universitas Oxford.

 Goodenough terus bekerja hingga usia 90-an, dengan menekankan pentingnya untuk tidak pensiun terlalu dini. Dampaknya terhadap komunitas ilmiah dan teknik akan terus bertahan, menginspirasi para inovator dan peneliti di masa depan.

Dunia telah kehilangan seorang pemikir yang luar biasa dan berjiwa besar. Karya dan warisan terobosan Goodenough akan terus membentuk lanskap teknologi, dan kontribusinya pada sains dan teknik akan dikenang untuk generasi mendatang. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form