Perbedaan antara Inggris, Britania Raya, dan UK

Chris Martin dan Bendera Inggris

Banyak orang yang belum paham perbedaan antara negara Inggris, Britania Raya, dan UK (United Kingdom). Semua negara tersebut sering hanya disebut Inggris Raya saja.

Padahal ke-empat negara tersebut meski wilayahnya berdampingan, namun memiliki perbedaan mendasar.

Berikut ini Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber tentang perbedaan negara yang semuanya dipimpin oleh Raja Charles tersebut, yaitu:

1. Inggris 

Inggris adalah sebuah negara yang sama seperti Indonesia dengan ibu kota London, seperti juga Indonesia yang ibu kotanya di Jakarta.

2. Britania Raya

Britania Raya adalah kumpulan 3 negara, yakni:

- Inggris

- Skotlandia

- Wales

Ibu kota Britania Raya adalah London.

3. UK

UK adalah kumpulan 4 negara, yakni:

- Inggris

- Skotlandia

- Wales

- Irlandia Utara

Karena terdiri atas 4 negara UK juga disebut united of four nations. Ibu kota UK adalah London.

Meskipun begitu, ke-4 negara tersebut masing-masing punya ibu kota. Ibu kota Inggris adalah London, ibu kota Skotlandia adalah Edinburgh, ibu kota Wales adalah Cardiff, dan ibu kota Irlandia Utara adalah Belfast.  

Irlandia asal Band Rock U2 

Perlu diketahui negara Irlandia Utara berbeda dengan Irlandia (Republik Irlandia) tempat asal band rock terkenal U2.  

Bono dan Bendera Irlandia

Irlandia adalah negara yang berdiri sendiri dengan ibu kota Dublin. Jadi meski wilayah negara ini berdampingan, tapi tidak bergabung dengan Britania Raya atau UK. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form