Desainer Digital Kar Lee Bikin Konsep Sepeda Motor BMW M 1000 XR

 

Sepeda Motor BMW M 1000 XR




BMW memulai debutnya dengan superbike M 1000 RR yang telah disegarkan dan supernaked M 1000 R yang serba baru untuk model tahun 2023 ini. 

Meskipun merek Bavaria ini menghadirkan dua motor bermerek M pertama, namun publikasi Jerman Motorrad percaya bahwa BMW akan memberikan perlakuan M pada platform S 1000 XR pada waktunya. 

Untuk membantu pembaca membayangkan sport-tourer yang digerakkan oleh tenaga besar ini, mereka menugaskan desainer handal Kar Lee untuk membuat konsep M 1000 XR secara digital.

Lebih ringan, lebih kuat, lebih cepat, adalah mantra seri M, dan Kardesign memenuhi permintaan tersebut, mempersenjatai XR dengan mesin inline-four yang sama dengan yang digunakan untuk mendorong M 1000 R ke kecepatan tertinggi.

Hal ini setara dengan 210 tenaga kuda (pada 13.750 rpm) dan torsi 83,3 lb-ft (pada 11.100 rpm) yang dapat dikendalikan oleh pengendara. 

Knalpot Akrapovic hanya menambah paket ini, sementara perangkat elektronik yang tidak berorientasi pada turing seperti kontrol peluncuran dan pengatur waktu putaran membuat nama M menjadi lebih baik.

Baca juga: Honda CB750 Hornet dan XL750 TransAlp Raih Penghargaan Desain Red Dot 2023

Alat bantu pengendara tersebut juga bukan satu-satunya cara untuk mengutak-atik M-spec XR. Lee juga melengkapi prototipe digital ini dengan suspensi yang dapat disetel secara elektronik dan sistem pengereman layaknya motor superbike.

Mengingat komponen yang dipasang pada M 1000 R dan M 1000 RR, desainnya menggunakan suspensi Marzocchi dan pengikat Nissin. 

Velg 17 inci dari aluminium yang ditempa, rangka jembatan aluminium, dan swingarm aluminium memaksimalkan penghematan berat. 

Dikutip dari Rideapart, Lee dan Motorrad memperkirakan bahwa XR yang sporty ini memiliki berat hanya lebih dari 220 kilogram (485 pon).

Berkat konstruksi yang ringan dan mesin yang dapat bernapas dengan baik, motor ini juga dapat mencapai kecepatan tertinggi 280 kilometer per jam (174 mil per jam).

Baca juga: Harley Alami Penurunan Penjualan di Seluruh Dunia Sebesar 12 Persen

Untuk membantu menangani kecepatannya, Lee menambahkan winglet gaya M untuk downforce tambahan.

Kardesign melengkapi pelengkap aerodinamis baru tersebut dengan meningkatkan agresi estetika XR.

Dari siluet bahu lebar yang baru, bodywork yang lebih besar hingga fairing depan yang mengancam, konsep ini menangkap keberanian dan eksklusivitas seri M.

Hanya waktu yang dapat menjawab apakah BMW akan menambahkan XR ke dalam keluarga M yang terus berkembang, namun jika mereka melakukannya, diharapkan desain Kar Lee tidak jauh berbeda dari model produksinya. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form