Perusahaan Game Tiongkok Rangkul Konten yang Dihasilkan AI

Open AI





ChatGPT terus mengemparkan dunia. Aplikasi kecerdasan buatan, yang digunakan untuk berbagai keperluan itu diklaim telah membantu banyak orang dan institusi.

Dan terbaru, tampaknya aplikasi itu juga berhasil merambah di industri game.

Perusahaan video game China mengintegrasikan konten buatan kecerdasan buatan (AIGC) ke dalam sistem operasi mereka.

Dikutip dari Gizmochina, beberapa pengembang dan penerbit, termasuk NetEase dan miHoYo, telah menyatakan minatnya untuk merekrut talenta AIGC atau berinvestasi dalam teknologi tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Pixel Magic Eraser di Apple iPhone

Lebih dari selusin perusahaan game telah mengiklankan peran terkait AIGC di platform pekerjaan online seperti Liepin.com dan Boss Zhipin. 

Posisinya seperti dari insinyur dan peneliti hingga desainer seni, dengan gaji mencapai hingga 1,1 juta yuan per tahun. 

Perusahaan game Cina seperti TapTap, Giant Network, dan Kunlun Tech bergabung dengan AI, dan beberapa sudah mulai menerapkan AIGC ke produk mereka. 

Misalnya, NetEase berencana untuk mengintegrasikan layanan seperti ChatGPT ke dalam game seluler yang akan datang, Justice Online.

Meskipun Tencent, NetEase, dan miHoYo telah mendirikan laboratorium AI sejak tahun 2016, fenomena ChatGPT telah mempercepat upaya penerapan AIGC di industri game. AIGC diharapkan berdampak besar pada pengembangan game, desain, produksi animasi, dan banyak lagi.

Baca juga: Microsoft Klaim 100 Juta Orang di Dunia Gunakan Bing Setiap Hari

Namun, analis berpendapat bahwa AI tidak dapat menggantikan aspek kreatif dari pemikiran manusia.

Ketika perusahaan game semakin mengadopsi teknologi AI, beberapa pembuat konten khawatir tentang potensi kehilangan pekerjaan.

Dash Huang Yimeng, pendiri dan ketua XD Inc, mengungkapkan bahwa dua studio game baru-baru ini mengganti tim desain seni dan terjemahan outsourcing dengan AI. 

Terlepas dari kekhawatiran ini, pakar industri memperkirakan bahwa AIGC akan terus mendapatkan daya tarik di dunia game, dengan perusahaan yang ingin memanfaatkan kemajuan AI terbaru. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form