Tesla Selidiki Penyebab Kecelekaan Fatal di Cina

 

Mobil Tesla



Pada hari Jumat 17 Februari 2023, Tesla Model 3 EV jatuh di Provinsi Zhejiang, Cina Timur, menyebabkan satu orang meninggal dunia dan satu cedera kritis. Meski penyebab pasti kecelakaan itu tidak diketahui, ada dugaan bahwa kecelakaan itu terjadi karena kegagalan sistem pengereman pada EV.

Insiden itu terjadi pada 17 Februari, ketika sebuah Tesla Model 3 yang melaju kencang di jalan perkotaan, menabrak sebuah bus. Sebelum menabrak bus, kendaraan tersebut juga menabrak sepeda listrik dan beberapa mobil di jalan raya.

Rekaman kamera pengawasan menunjukkan bahwa selama kecelakaan itu, lampu rem tidak menyala pada EV. Tabrakan itu sangat parah sehingga penumpang tewas seketika, pengemudi luka parah, dan merusak tiga mobil lain di sekitarnya. 

Tesla telah setuju untuk bekerja sama sepenuhnya dengan otoritas lokal selama penyelidikan. Tesla Cina juga mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa pihaknya sangat sedih atas kecelakaan ini.

"Kami sepenuhnya memahami kekhawatiran semua orang tentang kecelakaan ini. Saat ini, polisi lalu lintas setempat sedang menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut, dan kami akan melakukan yang terbaik untuk bekerja sama dengan pihak berwenang. Kami juga meminta semua orang untuk tidak percaya atau menyebarkan informasi yang belum dikonfirmasi," kata Tesla Cina dikutip dari Gizmochina.

Tesla mengalami masa sulit di Cina karena perusahaan menghadapi persaingan ketat dari pembuat EV lokal seperti BYD. Kecelakaan fatal pada hari Jumat telah menambah kesengsaraan perusahaan karena konsumen sekarang mempertanyakan keamanan kendaraan listrik.

Baca juga: Peluncuran Resmi Tesla Model 3 Dihelat Besok

Setelah kecelakaan itu, Tesla mengalami penurunan penjualan karena rumor dan tuduhan menyatakan bahwa ada yang salah dengan sistem pengereman Tesla EV.

Baru-baru ini lebih dari 300.000 Tesla EV ditarik kembali di AS setelah pihak berwenang menemukan bahwa kendaraan tersebut menimbulkan risiko kecelakaan.

Meskipun perusahaan telah meluncurkan pembaruan OTA untuk mengurangi risiko kecelakaan, reputasi Tesla terpukul setelah laporan investigasi AS.

Tesla pernah menghadapi tuduhan serupa di masa lalu, di mana pelanggan mengeluhkan masalah pengereman dan kegagalan rem. Namun, investigasi selalu menguntungkan perusahaan, karena dalam semua kasus sebelumnya pihak berwenang menemukan bahwa kesalahan pengemudilah yang menyebabkan kecelakaan itu.

Tesla, yang merupakan penjual EV nomor satu di dunia, baru-baru ini digulingkan oleh perusahaan EV Cina BYD.

Cina adalah pasar EV terbesar di dunia, dengan pendapatan yang diproyeksikan sebesar $190,40 miliar pada tahun 2023. Negara tersebut melaporkan pertumbuhan penjualan EV sebesar 113%, angka yang mengejutkan dibandingkan dengan Amerika Utara dan Eropa.

Baca juga: Turki Klaim Mobil Listrik Buatannya Bakal Ungguli Tesla

BYD Cina menyalip Tesla tahun lalu untuk menjadi penjual kendaraan listrik nomor satu di dunia. Oleh karena itu, jelas bahwa Tesla akan mengawasi Cina dan pasar kendaraan listriknya yang terus berkembang.

CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa pekerja Cina bekerja paling cerdas dan paling keras dari semuanya dan pembuat EV Cina adalah saingan terbesar Tesla.

Oleh karena itu, perusahaan bekerja lebih keras untuk merebut kembali pasarnya di Cina dengan memperkenalkan potongan harga dan manfaat lain yang eksklusif untuk pelanggan Cina.

Previous Post Next Post

Contact Form