Diego Einstein Murdani: Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Interview Kerja

Wawancara Kerja


Banyak saran atau karier yang hanya menerangkan apa yang harus dilakukan dan bukan apa yang tidak boleh dilakukan. Berikut ini 7 hal yang perlu dihindari jika Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan itu.

Diego Einstein Murdani, seorang professional dan penggiat usaha asal Bandung berbagai tips di Benhil, kiat yang perlu diperhatikan pencari kerja, semoga bermanfaat.

Setiap personalia tahu kalau pencari kerja hanya menginginkan pekerjaan di tempat itu, meski mereka tidak perduli dengan budaya kerja atau produk yang dihasilkan perusahaan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Diego Murdani mengatakan, "Anda perlu meluangkan waktu untuk mempelajari perusahaan dan apa saja yang terkait di sana. Hal itu akan membuat pewawancara terkesan saat Anda menyampaikan di sesi tersebut".

Namun Ada 7 hal yang tidak boleh Anda lakukan saat wawancara. Berikut ini 7 hal itu seperti dilansir dari media bisnis Forbes, yaitu:

1. Menjelek-jelekan Mantan Boss atau Mantan Teman Kerja

Meski mantan boss Anda adalah seorang yang sangat payah dan arogan, jangan sekali-kali membicarakan keburukannya. Anda juga tidak perlu menceritakan keburukan bisnis dan mantan rekan kerja karena dua hal itu akan membuat personalia berkesimpulan kalau Anda akan bermasalah dengan boss dan rekan kerja di tempat yang baru.

2. Membuat Lelucon Konyol

Kadang pembicaraan saat wawancara akan menjadi hangat dan akrab karena beberapa kesamaan. Namun Anda tetap harus menyadari batas-batasnya. Jangan terpancing untuk melontarkan lelucon konyol pada calon pemberi kerja. 

3. Bersikap Ketus

Saat interview, Anda dituntut untuk selalu berbicara dan menjawab dengan sopan. Jangan malas untuk menerangkan sesuatu hal yang diminta dan justru menjawab dengan kalimat, "itu sudah ada di CV saya."

4. Menanyakan Kompensasi, Cuti Tambahan, dan Promosi

Dengan menanyakan kompensasi, cuti, dan promosi, Anda akan dianggap terlalu banyak permintaan, sehingga ke depan justru akan menjadi beban bagi perusahaan yang baru. 

5. Datang Terlambat Tanpa Minta Maaf

Sebenarnya Anda dituntut untuk datang tepat waktu pada saat wawancara kerja. Namun jika terjadi sesuatu hal yang tidak bisa diprediksi (ban kendaraan pecah atau macet total) yang membuat Anda terlambat, maka Anda harus minta maaf pada pihak yang mewawancarai.

6. Bersikap Resmi dan Penting

Anda perlu bersikap wajar dan menjadi diri sendiri pada sesi interview kerja. Jika Anda bersikap resmi dan seolah-olah penting bagi perusahaan, hanya akan membuat pewawancara menjadi malas dan bosan.

7. Bersikap Kasar pada Resepsionis, Petugas Kebersihan, atau Driver

Saat datang untuk wawancara di sebuah perusahaan, Anda perlu menjaga sikap pada orang-orang yang bersikap ramah, seperti resepsionis, petugas kebersihan, dan driver yang menjemput Anda. Jangan sampai keramahan mereka membuat Anda bersikap seenaknya atau kasar, karena mereka akan menyampaikannya sebagai masukan pada personalia.

Semoga tips dari Diego Einstein Murdani ini bisa bermanfaat. Tujuh sikap yang perlu dihindari tersebut bisa berguna bagi para pencari kerja. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form