17 Pekerjaan yang Tidak Bisa Digantikan AI atau Robot

AI

Kemajuan teknologi berbentuk AI (artificial intelegent) atau kecerdasan buatan membuat banyak pekerjaan bakal diambil alih oleh AI yang diwujudkan dalam bentuk robot.

Hal itu membuat orang bertanya-tanya, apakah pekerjaan mereka akan diambil alih oleh robot beberapa waktu yang akan datang. Begitu juga anak muda mulai bercita-cita menekuni bidang yang tidak bisa dilakukan oleh AI.

Pekerjaan seperti pilot, resepsionis, teller bank, dan riset adalah beberapa contoh keahlian yang bakal dilakukan oleh robot di masa depan. Namun, tentu saja masih banyak pekerjaan lain yang tidak bisa dikerjakan oleh AI, terutama yang membutuhkan perasaan dan empati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah menuturkan pada awak media, bahwa pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot adalah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan seperti kreativitas, empati dan keahlian analitis atas masalah kompleks. 

Sedangkan penulis buku best seller berjudul Sapiens: A Brief History of Humankind, Yuval Noah Harari menyatakan, kita tidak bisa memberikan gambaran pekerjaan apa yang perlu dipilih oleh anak-anak kita, karena kita tidak bisa memastikan bidang apa yang dibutuhkan di masa depan.

Pekerjaan Berbasis Kreatifitas

Berikut ini Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber 17 pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh AI atau robot, terutama berbasis kreatifitas.

1. Pekerjaan Kreatif

Kreativitas adalah pekerjaan menciptakan sesuatu hal dengan perasaan dan estetika, dua hal tersebut tidak bakal dimiliki oleh mesin. Jadi bidang kreativitas (pelukis, pencipta lagu, pembuat film, dan lain-lain) tidak akan bisa dilakukan oleh robot.

2. Penulis

Seorang penulis bekerja sesuai pengalaman hidup yang kemudian menjadikan gaya penulisannya unik, baik untuk menulis novel, skenario, atau artikel. Robot bisa menulis berdasarkan riset data, tapi tidak bisa menulis berdasarkan pendekatan emosional pribadi.

3. Atlet

Bidang olahraga masih akan digemari umat manusia sampai kapanpun. Tentu saja atlet yang bertanding tidak bakalan bisa digantikan oleh robot. 

4. Editor

Untuk riset dan typo penulisan, AI bisa mengerjakan secara detail, namun untuk menyampaikan pesan pada segmen pembaca yang beragam tetap membutuhkan seorang editor.

5. Koki atau Tukang Masak

Meski nantinya ada berbagai makanan instan yang dibuat oleh robot, namun orang tetap lebih suka makanan yang dibuat oleh manusia. 

6. Ahli Desain

Setiap desainer memiliki sentuhan pribadi pada setiap karya desainnya. Hal seperti itu yang tidak dimiliki oleh robot.

7. Perawat

Perawat bekerja dengan empati dan perasaan yang membuat nyaman pasien. Sifat seperti itu tidak dimiliki oleh robot.

8. Psikolog

Seorang psikolog mencari solusi terhadap permasalahan hidup yang komplek dari klien. Solusi dari setiap orang berbeda-beda dan tidak semudah menemukan di bank data seperti yang dilakukan robot.

9. Pengajar

Peran guru yang utama adalah mengajar, memberikan bimbingan, dan mendidik akhlak para murid. Peran seperti itu harus dikerjakan oleh manusia yang punya perasaan karena setiap karakter murid berbeda-beda.

10. Dokter

AI bisa mendeteksi penyakit secara akurat. Namun, peran dokter sebagai penyembuh berbagai penyakit tetap perlu dilakukan manusia karena mengetahui karakter setiap pasien, seperti juga perawat.

11. Humas (hubungan masyarakat)

Humas menjadi ujung tombak perusahaan atau pemerintahan untuk menyampaikan program dan merangkul banyak pihak agar mendukung berbagai program. Tentu saja peran seperti itu tidak bisa dilakukan secara manual.

12. Personalia

Sebagian tugas personalia bisa dibantu dengan robot, terutama untuk absensi dan penggajian. Namun untuk memahami setiap karakter pegawai dan berbagai permasalahannya tetap membutuhkan manusia.

13. Influencer

Seorang influencer yang mampu menarik atensi pengguna media sosial paham akan minat dan kecenderungan masyarakat secara luas. Bidang ini juga menuntut seseorang jeli dengan trend yang sedang viral.

14. Pimpinan Perusahaan

Seorang pemimpin perusahaan harus mampu meningkatkan kualitas perusahaan sesuai visi dan misi. Kemampuan seperti itu membutuhkan sifat kepemimpinan yang tidak bisa digantikan oleh mesin.

15. Manajer 

Seorang manajer menjembatani kebutuhan perusahaan dengan pegawai bawahannya sehingga mendapat hasil maksimal untuk perusahaan. Peran robot tidak bisa menjadi penengah seperti itu.

16. Politisi

Politisi mengambil keputusan dari kepentingan dan permasalahan masyarakat luas, Pendekatan politisi pada warga yang majemuk tidak bisa dilakukan oleh mesin pengolah data.

17. Software Developer

Seorang software developer bekerja secara teknis dari mempelajari dan menambah kemampuan untuk menciptakan software, situs web, dan platform. Proses itu tidak bisa dilakukan oleh robot.

Ke-17 profesi tersebut bisa menjadi rekomendasi pekerjaan yang relatif aman untuk masa depan. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form