Lima Cara Mudah Membantu Anda Berhenti Mendengkur saat Tidur


Ilustrasi tidur


Seseorang yang biasa mendengkur diibaratkan tidur seperti batang kayu tanpa peduli apa dan siapa pun. Tapi begitu terbangun, biasanya orang yang tidur bersama kita akan menyampaikan keluhannya karena mungkin merasa terganggu dan  menghabiskan malam dengan bolak-balik karena suara dengkuran kita.

Meskipun ini bisa menjadi anekdot yang menyenangkan, dalam jangka panjang itu akan menyusahkan. Nah, jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan dengkuran, berikut beberapa teknik sederhana yang mungkin bisa membantu.

Mendengkur adalah akibat dari udara yang tidak dapat melewati hidung dan tenggorokan dengan bebas. Ketika Anda bernapas saat tidur, otot leher terkadang menjadi terlalu rileks dan mengakibatkan saluran udara sempit yang mengakibatkan suara mendengkur yang mengganggu.

Penyebab mendengkur mungkin termasuk saluran hidung yang tersumbat karena masuk angin di musim dingin. Bisa juga karena kondisi medis seperti sleep apnea, yang harus berkonsultasi dengan dokter.

     • Baca juga: Seks dengan IUD: 5 Fakta yang Harus Anda ketahui

Tetapi lebih sering mendengkur disebabkan oleh posisi tidur yang salah atau terlalu banyak minum alkohol sebelum tidur. Jadi, ini adalah masalah yang bisa diperbaiki. 

Mari kita lihat cara berhenti mendengkur saat tidur yang dikutip Benhil dari Healthshots:

1. Ubah posisi tidur Anda 

Jika kamu mendengkur secara teratur, kemungkinan besar posisi tidur kamu telentang. 

Tidur telentang menyebabkan lidah Anda diputar ke belakang yang sebagian menghalangi jalan napas dan menyebabkan mendengkur. 

Jadi, jika ini penyebab dengkuran, maka tidur miring akan membantu kamu berhenti mendengkur.

     • Baca juga: Lima Tips Diet Sehat yang Wajib Kamu Jalankan di Tahun 2023

2. Kurangi berat badan

Jika indeks massa tubuh Anda berada di sisi yang lebih tinggi dan kamu termasuk dalam kategori kelebihan berat badan atau obesitas, itu juga dapat menyebabkan dengkuran.

Kelebihan berat badan berarti kamu memiliki lebih banyak jaringan di tenggorokan yang menyebabkan jalan napas sempit. 

Menurunkan berat badan akan membantu Anda mengurangi jaringan dan karenanya berhenti mendengkur secara bersamaan.

3. Hindari alkohol sebelum tidur Anda harus menghindari alkohol setidaknya 3-4 jam sebelum tidur karena alkohol melemaskan otot tenggorokan lebih dari biasanya yang lagi-lagi menyebabkan jalan napas sempit dan karenanya menyebabkan dengkuran.

Alkohol juga akan mengubah pola tidur Anda, jadi sebaiknya hindari di malam hari. 

     • Baca juga: Benarkah Kopi Dapat Menyebabkan PCOS? Yuk Kita Cari Tahu

4. Tidur yang cukup 

Kurang tidur juga merupakan penyebab utama mendengkur, jadi pastikan Anda cukup tidur dengan istirahat setidaknya 6-8 jam.

Tidur yang nyenyak tidak hanya diperlukan untuk menghentikan dengkuran tetapi juga akan menjaga pikiran dan tubuh Anda secara keseluruhan tetap sehat dan aktif.

5. Letakkan bantal ekstra Menggunakan bantal tambahan di bawah kepala atau sedikit mengangkat kepala kamu akan memastikan saluran udara tidak terlalu rileks. 

Posisi ini akan memastikan bahwa tidak ada penyumbatan dan karenanya tidak mendengkur. 

Nah, ini adalah beberapa cara paling efektif untuk berhenti mendengkur.

Beberapa teknik lain seperti berhenti merokok, menghindari obat penenang atau menggunakan strip hidung juga akan membantu menghentikan dengkuran. Jadi, cobalah metode ini untuk tidur bebas mendengkur! [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form