Lima Tips Diet Sehat yang Wajib Kamu Jalankan di Tahun 2023

Ilustrasi diet


Seiring dengan bergantinya tahun, mengingatkan kita untuk bertekad menerapkan kebiasaan hidup sehat.

Jadi mengapa tidak memulai dengan praktik makan yang sehat? Lagi pula, kita tidak ingin menghabiskan sepanjang tahun dengan sistem kekebalan yang lebih lemah dan tubuh yang tidak sehat.

Untuk Hidup Sehat Patuhi Program Diet

Peran tips diet sehat dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Apa pun resolusi Tahun Baru yang telah kamu di tahun yang baru ini, mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang akan memberikan sejumlah efek positif dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Namun, membuat penyesuaian pola makan yang besar kadang-kadang tampak sangat berlebihan. Jadi, daripada membuat perubahan besar, mari kita mulai dengan beberapa tips diet dasar yang lebih mudah diatur dan menjanjikan kesehatan yang baik.

     • Baca juga: 5 Manfaat Kesehatan Kayu Manis untuk Kesuburan

Berikut 5 tips diet agar tetap sehat, menurut Ahli Gizi dari Fisico Diet Clinic, Vidhi Chawla yang dikutip Benhil dari Healthshots:

1. Makanan utuh adalah suatu keharusan 

Sertakan makanan yang kaya akan nutrisi penting dalam diet yang kamu jalani, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan, dll.

Jika tampaknya sulit mempertahankan diet seimbang, cobalah memasukkan makanan ini dalam jumlah sedang ke dalam diet Anda. Misalnya, mulailah dengan satu porsi sayuran setiap hari dan tingkatkan secara bertahap. 

Selain membantu menurunkan berat badan, makanan utuh menurunkan risiko terkena diabetes, gula darah tinggi, dan penyakit jantung.

2. Pilih camilan Anda dengan bijak 

Lapar dan mengambil sebungkus keripik atau coklat untuk ngemil? Nah, berhati-hatilah saat memilih makanan ringan di antara jam makan kamu.

     • Baca juga: Tips Mempersiapkan Tubuh Menghadapi Masa Menopause

Ngemil yang tidak sehat tidak hanya berkontribusi pada kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Terlalu banyak juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kelelahan.

Cobalah memasukkan buah-buahan kering, kecambah, dan buah-buahan dalam camilan kamu karena merupakan sumber serat yang kaya dan akan membuat kamu merasa kenyang untuk waktu yang lama. Plus, mereka membantu menghindari makan berlebihan.

3. Batasi asupan gula putih Memiliki gigi manis dan merasa sulit untuk melepaskan permen sepenuhnya? Ini sangat bisa dimengerti, namun konsumsi gula tambahan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes, penyakit hati berlemak, tekanan darah tinggi, peradangan, dan penambahan berat badan. 

Pertimbangkanlah untuk mengganti gula merah atau jaggery dengan gula putih halus. 

Ini adalah pemanis alami yang tidak dimurnikan yang memiliki lebih sedikit sukrosa daripada gula dan lebih banyak vitamin dan mineral. 

     • Baca juga: Lima Minuman yang Dapat Meningkatkan Gairah Bercinta

4. Sarapan adalah suatu keharusan 

Pastikan untuk sarapan setiap pagi tanpa henti. Banyak orang melewatkan sarapan dalam upaya menurunkan berat badan, tapi itu hal yang buruk.

Sarapan merupakan makanan paling penting. Ini membuat metabolisme tubuh berjalan, membantu pembakaran kalori, dll.

Pertimbangkan untuk mengonsumsi telur, smoothie, oat, buah-buahan, atau sayuran saat sarapan Anda.

5. Minum air putih yang cukup

Nah, air adalah faktor utama penurunan berat badan Anda. Pastikan kamu minum cukup air karena membantu mengeluarkan racun, mempercepat metabolisme, memecah makanan, dan hal lainnya. Minumlah air putih minimal 7-8 gelas per hari. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form