Ini Empat Gejala Kolestrol Tinggi Mengintai Anda

Ilustrasi

Kesehatan adalah kekayaan. Kita mungkin sudah mengetahuinya, tetapi terkadang membiarkan diri kita lepas, tanpa memikirkan implikasinya.

Kebiasaan makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak tepat dapat menyebabkan akumulasi kolesterol jahat yang selanjutnya dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Jadi, penting untuk mengetahui apa saja tanda peringatan kolesterol tinggi.

“Kolesterol adalah zat seperti lilin, lemak yang diproduksi dalam tubuh yang penting untuk membangun sel-sel sehat. Namun, ketika diproduksi dalam jumlah besar, kolesterol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi individu,” kata Direktur Interventional Cardiology, Asian Hospital, Faridabad, Dr Subrat Akhoury dilansir dari Healthshots.

     • Baca juga: Apakah Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Payudara?

Bagaimana kolesterol tinggi mempengaruhi tubuh Anda? 

Kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan terbentuknya timbunan lemak pada pembuluh darah.

Menurut Dr Subrat Akhoury, kadang-kadang, endapan ini dapat pecah tanpa peringatan apa pun dan membentuk gumpalan yang pada gilirannya menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda secara berkala agar berada di zona aman.

“Low-density lipoprotein (LDL), juga dikenal sebagai kolesterol jahat, tidak baik untuk kesehatan kita. Kelebihan penumpukan LDL menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan nyeri dada atau kejadian kesehatan yang lebih serius seperti serangan jantung. Namun, tidak semua kolesterol buruk bagi tubuh,” tambah Dr Akhoury.

     • Baca juga: Benarkah Mengkonsumsi Bir Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer?

HDL dikenal sebagai kolesterol baik dan tingginya kadar lipoprotein ini merupakan tanda kesehatan yang baik. Risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Penyebab kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidak aktif secara fisik, kelebihan berat badan dan obesitas, atau penyakit keturunan.

Gaya hidup sehat, ditambah dengan olahraga teratur dan terkadang pengobatan, dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Kondisi ini biasanya tidak memiliki gejala, sehingga sering disebut sebagai 'silent'.

     • Baca juga: Tiga Efek Samping Konsumsi Kacang Hijau Berlebihan

Tanda-tanda kadar kolesterol tinggi

Menurut Dr Akhoury, beberapa tanda peringatan mungkin muncul di tubuh yang dapat membantu mengidentifikasi kolesterol tinggi sejak dini.

Waspadai tanda-tanda kolesterol tinggi berikut ini:

1. Kuku kekuningan

Kelebihan plak yang disimpan di arteri mempersempitnya, dengan endapan besar yang menghalanginya sepenuhnya.

Ketika arteri tersumbat, itu membatasi aliran darah ke beberapa bagian tubuh, termasuk kuku. Hal ini dapat menyebabkan kuku Anda memiliki garis-garis gelap di bawahnya yang biasanya searah dengan pertumbuhan kuku.

2. Mati rasa pada tungkai dan kaki

Ini bisa menjadi tanda lain dari kolesterol tinggi yang menandakan perkembangan plak di arteri dan pembuluh darah lainnya.

     • Baca juga: Benarkah Kopi Dapat Menyebabkan PCOS? Yuk Kita Cari Tahu

Gangguan dalam aliran darah dapat mengakibatkan pencegahan darah yang kaya oksigen mencapai lengan dan kaki.

Ini dapat menyebabkan rasa sakit dan sensasi kesemutan yang tidak nyaman.

Gejala kolesterol tinggi lainnya di tungkai dan kaki termasuk tungkai atau kaki dingin, luka yang tidak kunjung sembuh, dan kram.

3. Berkeringat 

Berkeringat adalah gejala yang sering diabaikan. Jika Anda tidak sedang menderita demam atau flu maka kamu harus mulai memikirkan penyebab lainnya.

     • Baca juga: Cara Mujarab Mengatasi Gangguan Tidur Tindihan

4. Penyakit Arteri Perifer (PAD)

Kondisi ini disebut sebagai penumpukan kolesterol berlebih di pembuluh darah.

Ini menyebabkan penyumbatan, mengakibatkan rasa sakit di ekstremitas.

PAD menyebabkan ketidaknyamanan pada tangan dan kaki dan dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari seperti berjalan dan berlari sehingga memengaruhi kualitas hidup Anda.

Mencegah Kolesterol

Kolesterol tinggi menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan nyeri dada atau kejadian kesehatan yang lebih serius seperti serangan jantung.

Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan minum obat sesuai resep dokter.

Beberapa perubahan gaya hidup yang bisa segera kita mulai untuk menjaga kadar kolesterol sehat antara lain menghindari konsumsi alkohol dan tembakau, mengonsumsi makanan kaya serat dan rendah lemak jenuh, olahraga teratur, serta menjaga berat badan yang sehat. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form