Cara Menulis Essay untuk Melamar Kerja dan Contohnya

Ilustrasi Essay


 

Kebanyakan perusahaan tidak mewajibkan pelamar kerja untuk menulis essay. Namun jangan salah, jika suatu perusahaan memintamu untuk menceritakan tentang dirimu secara singkat, itu juga termasuk essay.

Perusahaan atau lebih tepatnya tempat kerja yang mewajibkan untuk menulis essay saat proses rekrutmen biasanya kantor kedutaan atau organisasi nirlaba internasional. 

Namun ada juga perusahaan bertaraf internasional yang meminta calon pegawai untuk membuat essay. 

Jadi bagi kalian yang akan atau saat ini bermaksud melamar kerja di salah satu kedutaan asing atau organisasi dunia yang banyak terdapat di Jakarta, maka artikel ini bisa cukup membantu.

Pada umumnya, konsep penulisan essay itu sama saja, baik essay untuk keperluan masuk universitas, melamar kerja, tugas kuliah atau laporan kerja.

Bagi yang belum paham tentang jenis tulisan ini mungkin terasa berat saat menuliskannya. Padahal justru essay adalah jenis tulisan ringan yang bisa mengalir.

Pengertian dan Ciri-Ciri Essay

Berikut ini pengertian dan ciri-ciri essay secara umum dan singkat.

Essay adalah tulisan berbentuk opini dari penulis terhadap suatu suatu pokok bahasan. Tujuan penulisan jenis artikel ini adalah membuat pembaca mengerti dan paham terhadap jalan pikiran yang disampaikan oleh penulis lewat tulisannya. 

 

Ciri-ciri Artikel Essay

1. Gaya tulisan komunikatif dan gampang dipahami.

2. Tulisan sebisa mungkin bisa mewakili gaya penulisan dan pemikiran si penulis. 

3. Fokus pada aspek yang penting dan tidak melebar.

4. Meski ringan, tulisan harus sesuai standar baku.

5. Artikel tidak perlu panjang dan hasil tulisan enak dibaca.

Essay memiliki 3 struktur atau bagian, yakni pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan. 

 Artikel Terkait: Cara Menulis Essay untuk Tugas Laporan dan Contohnya

Contoh Essay

Berikut ini contoh essay singkat untuk melamar kerja. Jika yang kalian butuhkan adalah essay menggunakan bahasa Inggris, maka kalian perlu menerjemahkannya ke bahasa tersebut.

 

Berkontribusi dan Berkembang Bersama Organisasi Adil

Perkenalkan, nama saya Adi Indarto. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Saya lahir dan besar di Kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Saya telah bekerja di perusahaan distributor plastik bernama PT Plastik Jaya selama 4 tahun.

PT Plastik Jaya adalah tempat kerja yang bagus dan sangat mendukung setiap karyawannya untuk maju. Saya banyak belajar ilmu industri dan manajemen selama bekerja di perusahaan tersebut. Selama bekerja, kinerja saya termasuk bagus.

Namun waktu 4 tahun saya rasa sudah cukup untuk bekerja di sana. Kini saatnya saya mengabdikan pengalaman dan kemampuan serta belajar pada Organisasi Adil yang bertaraf internasional.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan organisasi yang mengurusi keadilan masyarakat dunia ini karena saya sangat perduli dengan rasa keadilan yang menjadi hak bagi setiap orang.

Dengan menjadi bagian dari Organisasi Adil, maka saya bisa ikut berkontribusi bagi rasa nyaman terhadap kehidupan umat manusia. 

Essay di atas tentu saja sekedar contoh saja. Kalian bisa mengembangkan artikel tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan atau tempat kerja yang akan kalian lamar. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form