Cara Menulis Essay Masuk Universitas dan Contohnya

 


Pada umumnya untuk masuk universitas di Indonesia tidak perlu menulis essay sebagai persyaratannya. Tapi di luar negeri persyaratan itu sangat lazim.

Namun beberapa universitas besar di sini sekarang meminta menulis essay sebagai syaratnya. Jadi bagi kalian yang bercita-cita masuk universitas unggulan, tidak ada salahnya untuk belajar menulis essay dari sekarang.

Apalagi beberapa perusahaan saat rekrutmen karyawan juga mewajibkan pelamar kerja untuk menulis essay untuk melamar kerja. Jadi, akan selalu berguna.

Pengertian dan Ciri-Ciri Essay

Pengertian essay adalah opini dari penulis terhadap suatu permasalahan tertentu. Sedangkan tujuan penulisan essay adalah agar pembaca mengerti dan paham akan jalan pikiran yang hendak disampaikan oleh penulis. 

Ciri-ciri karangan berupa essay yaitu:

1. Tulisan komunikatif dan mudah dipahami pembaca.

2. Tulisan mewakili gaya penulisan sang pengarang. 

3. Mengambil aspek yang penting saja.

4. Sesuai standar penulisan.

5. Tidak perlu panjang dan bisa dibaca dengan santai.

Sedangkan struktur essay secara sederhana terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, pembahasan, dan kesimpulan.

Artikel terkait: Cara Menulis Essay untuk Tugas Laporan dan Contohnya

Contoh Essay

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat contoh sederhana dari essay masuk universitas berikut ini.

Universitas Harapan Menjadikan Generasi Penuh Harapan

Perkenalkan, nama saya Kiki Amanda, anak kedua dari tiga bersaudara. Saya lahir dan besar di kota kecil Boyolali. Saat ini saya menimba ilmu di SMA 36 Boyolali. Orang tua saya selalu mendukung kegiatan belajar putra-putrinya sehingga saya bisa belajar dengan giat di setiap mata pelajaran dan mampu mendapat nilai bagus.

Saat ini saya duduk di kelas 12. Selain sibuk dengan persiapan ujian akhir, saya dan teman-teman juga perlu memilih pendidikan ke jenjang selanjutnya. Saya sendiri telah memilih jurusan sastra Inggris.

Nilai pelajaran saya hampir semuanya bagus, tapi saya paling suka belajar sastra, terutama Sastra Inggris. Saya tertarik dengan karya-karya Shakespeare yang brilian sekaligus misterius karena melompat-lompat dengan berbagai karakter yang menyisakan pertanyaan, apakah ditulis oleh satu orang saja.

Saya berniat masuk Universitas Harapan (UH) karena universitas ini memiliki dosen-dosen terbaik di bidang sastra Inggris. Selain itu, kampus ini juga memiliki grup teater ternama yang sering pentas bernama Teater Harapan.

Dengan kuliah di UH, akan menjadikan saya generasi penuh harapan di bidang sastra pada khususnya dan pustaka pada umumnya. [Benhil]

 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form