Beberapa Nama Tanaman Pemakan Serangga dan Cantik

Kantong Semar

 

Jakarta – Keberadaan serangga di sekitar khususnya di dalam rumah tentunya sangat mengganggu. Jika kamu pernah mendengar soal tanaman pemakan serangga, yang dapat mengusir insekta, apakah kamu sudah tau jenis tanaman yang senang memakan binatang kecil itu?

Tidak hanya membutuhkan media tanah dan air untuk hidup, beberapa tanaman pemangsa serangga, merupakan tanaman yang masuk dalam golongan tumbuhan karnivora. Sebab, selain membutuhkan air dan tanah untuk hidup, juga butuh serangga kecil untuk dapat terus tumbuh dan berkembang.

Tidak hanya bermanfaat, tanaman ini juga memiliki bentuk yang unik serta cantik yang bisa kamu jadikan sebagai tanaman hias di rumah. 

Berikut beberapa nama tanaman pemakan serangga yang telah dirangkum media online Benhil, mulai dari Kantong Semar, Venus Flytrap, Cape Sundew, Lili Kobra dan Butterwott.

1. Kantong Semar

Kantong semar merupakan jenis tanaman yang memiliki bentuk layaknya kantong dengan penutup di atasnya. Tanaman ini akan mengeluarkan aroma manis yang menarik mangsanya seperti serangga kecil untuk mendekat dan masuk ke dalam kantongnya.

Kemudian setelah serangga hinggap di bibir kantong semar atau bahkan masuk, maka serangga tersebut akan terjebak di dalam hingga mati karena terdapat enzim yang dapat mematikan serangga yang terperangkap.

Tanaman pemakan serangga Kantong Semar dapat tumbuh subur pada tanah yang memiliki unsur hara sedikit dan dapat tumbuh dengan baik pada tanah berpasir, tanah merah, atau tanah berkapur. Kantong semar pun dapat tumbuh sampai 15 hingga 20 meter.

2. Venus Flytrap

Sempat viral di TikTok, tanaman yang seakan memiliki gigi dan mulut, akan mengatupkan mulutnya saat ada seekor serangga seperti lalat atau semut masuk ke dalam. 

Pada bagian daun yang menyerupai mulut tersebut nantinya lalat yang masuk akan diserap kandungan nitrogennya oleh venus flytrap.

Jenis tumbuh-tumbuhan pemakan serangga ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu pelihara di rumah.

Venus Flytrap

 

3. Cape Sundew

Cape sundew bernama latin Drosera capensis, merupakan tanaman pemakan serangga yang berasal dari semenanjung Afrika Selatan. Tanaman karnivora ini mempunyai ukuran dengan panjang 3.5 cm dan lebar 0.5 cm. 

Cape sundew sendiri mempunyai karakteristik daun layaknya tentakel gurita yang lengket dan bisa menangkap serangga di mana pada bagian tentakel tersebut mempunyai sistem sekresi yang bisa mencerna mangsanya sampai kering.

Cape Sundew

4. Lili Kobra

Tanaman Lili kobra atau dengan nama latin Darlingtonia Californica, merupakan tanaman pemakan serangga. Sekilas terlihat layaknya kepala ular kobra dengan daun yang menjuntai seperti lidah ular. Itu sebabnya, mengapa tanaman ini memiliki nama kobra.

Lili kobra atau Cobra plant, disebut juga California pitcher plant. Mencuri perhatian mangsanya dengan cara mengeluarkan aroma harum yang digemari oleh semut ataupun lebah. Sehingga, serangga yang terbuai akan aromanya akan memanjat pada daun yang terlihat seperti lidah ular dan masuk ke dalam rongga tanaman ini. 

Kemudian, setelah sang serangga memasuki rongga tersebut maka serangga tidak akan mungkin lagi dapat keluar. Setelahnya lili kobra akan memakannya.

 

Lili Kobra

5. Butterwort

Tanaman butterwort atau dikenal dengan nama Pinguicula merupakan tanaman pemakan serangga. Memiliki tampilan warna hijau muda yang segar dan daun  yang tersusun rapi layaknya kelopak bunga ini sangat bisa menghias rumahmu.

Selain memperindah rumah, tanaman Pinguicula yang berukuran 7 cm satu ini juga dapat menangkap serangga. Permukaan daun butterwort, tanaman pemakan serangga adalah berwarna hijau, memiliki cairan lengket yang mampu menjebak semut. 

Jika semut sudah terjebak maka butterwort akan mengeluarkan zat untuk dapat mencerna nutrisinya. [Benhil]

 

Butterwort

Previous Post Next Post

Contact Form