Natal 2022: 8 Tips Ini untuk Mengatur Kadar Gula Darah

 

Ilustrasi pohon natal.


Perayaan Natal tinggal beberapa hari lagi. Kita mudah untuk terjebak dalam hiruk-pikuk pesta perayaan kelahiran Yesus Kristus.

Pada saat Natal nanti, ada berbagai acara -baik di lingkungan keluarga, tempat kerja, gereja- yang harus dihadiri, hadiah yang harus dibeli, rencana perjalanan yang harus dibuat, dan makanan yang harus dimasak.

Tentu di saat itu, kita berusaha untuk tidak membiarkan diri mengkonsumsi berlebihan dengan semua makanan lezat yang pasti akan disediakan.

Tetapi seperti kebanyakan orang, termasuk kita sendiri mungkin kesulitan dengan kadar gula sepanjang tahun ini. Tapi izinkan kami memberi tahu agar kita tetap mengontrol asupan gula dan bukan berarti melewatkan apa pun.

Dengan beberapa tip pola makan dan gaya hidup sehat untuk mengelola gula darah, Anda dapat menikmati festival tanpa stres.

8 tips mengatur kadar gula darah saat Natal yanf dilansir dari Healthshots.

1. Buat rencana makanan yang sehat

Hal terpenting yang dapat seseorang lakukan adalah merencanakan makanan dan camilan sehat sebelum pergi bersama teman atau keluarga.

Ini akan membantu mencegah kita makan apa pun secara impulsif atau tergoda oleh semua makanan lezat di yang disediakan.

2. Mulailah hari Anda dengan lemak sehat

Tubuh membutuhkan lemak sehat untuk menyeimbangkan gula yang akan Anda konsumsi di kemudian hari.

Tambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, irisan alpukat, atau serpihan kelapa ke mangkuk oatmeal atau yogurt pagi hari.

3. Perhatikan ukuran porsi 

Sangat mudah terbawa suasana ketika semua orang sedang makan potongan besar kue bukan bermaksud menghentikan Anda untuk menikmati suguhan itu bersama teman dan keluarga kami, tetapi pastikan anda tidak terlalu banyak minum.

4. Batasi konsumsi alkohol 

Alkohol penuh dengan karbohidrat, yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Cobalah untuk membatasi diri pada satu jenis minuman per hari. Jika kita berada di pesta dengan minuman gratis, cobalah minum air atau seltzer dengan jus lemon sebagai gantinya!

5. Minum banyak air putih 

Air membantu menyeimbangkan tingkat pH alami tubuh, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebihan. 

Minum cukup air sepanjang hari (terutama sebelum makan) akan membantu menjaga kadar gula darah agar tidak turun terlalu rendah atau melonjak terlalu tinggi.

7. Jalan kaki teratur untuk mengatur gula darah

Pergi berjalan-jalan di luar jika memungkinkan. Jalan cepat di sekitar kompleks akan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membantu Anda tetap aktif selama musim perayaan ini.

8. Tidur yang cukup 

Sangat mudah untuk begadang menonton film Natal atau bermain game dengan teman dan anggota keluarga hingga larut malam, membuat kita lebih sulit untuk bangun tepat waktu untuk bekerja atau sekolah keesokan paginya.

Pastikan kita mendapatkan istirahat yang cukup, agar tubuh memiliki waktu untuk pulih dari semua kemeriahan liburan! 

Semoga Anda semua dapat merayakan Natal yang indah ini! [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form