5 Manfaat Kesehatan Kayu Manis untuk Kesuburan

 

Kayu Manis


Kehamilan bagi sebagian besar pasangan suami istri merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Meski tidak selalu wanita yang bermasalah, namun ada berbagai kemungkinan mengenai penyebab infertilitas wanita yang sangat terfokus pada organ reproduksi wanita yang perlu diketahui.

Kehamilan diawali dengan keluarnya sel telur yang sehat dari indung telur yang bergerak ke tuba falopi, mereka akan dibuahi oleh sperma dalam hubungan seksual. Yang dibuahi kemudian akan bergerak dan tumbuh di dalam rahim.

Padahal, ada berbagai faktor dalam tubuh wanita yang bisa menghambat proses hamil. Gangguan ovulasi, atau pelepasan sel telur secara berkala, adalah kondisi paling umum yang mencegah wanita hamil.

Beberapa kondisi mencegah wanita melepaskan sel telur, yang lain menyebabkan sel telur hanya dikeluarkan dalam jangka waktu yang lama dari yang seharusnya. 

Ada berbagai cara wanita bisa cepat hamil berdasarkan kondisi kesuburannya. Selain obat kesuburan dan vitamin, Anda juga bisa mencoba obat tradisional yang mungkin bisa membantu, seperti manfaat kola pahit misalnya. Tapi tetap saja, berbicara dengan dokter Anda tentang hal ini harus menjadi prioritas utama.

Obat tradisional atau pupuk herbal umumnya aman digunakan. Dikutip dari American Pregnancy Association, obat herbal memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan dengan mendukung proses ovulasi dan kesehatan sperma.

Namun cara cepat hamil ini tidak boleh dilakukan sembarangan karena ada juga obat herbal yang tidak boleh dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau herbalis terpercaya.

Selain itu, cara kerja obat-obatan medis dengan alternatif kesuburan tradisional juga berbeda. Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai obat herbal sebagai asupan dalam program kehamilan yang sedang berlangsung.

Mengenai kesuburan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa herbal atau bahan alami lainnya berpengaruh baik terhadap kesuburan.

Selain labu, kayu manis (Cinnamomum verum) yang sebelumnya disebut-sebut sebagai salah satu obat hipertensi terbaik juga dipercaya sebagai obat alami kemandulan.

Agar lebih tahu, berikut manfaat kayu manis untuk kesuburan bagi Anda yang dikutip Benhil dari Dr Healthbenefit:

1. Pupuk Alami

Penelitian yang dilakukan oleh Columbia University Medical Center menunjukkan bahwa mengonsumsi alternatif tradisional seperti goron tula atau bahan sehat lainnya seperti alpukat dan kayu manis dapat membuahi kandungan secara alami.

Hal ini karena membantu memulai siklus menstruasi wanita menjadi lebih teratur. Begitu juga pada orang yang mengalami sindrom ovarium polikistik.

Dalam sebuah studi oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology, kayu manis memiliki fungsi untuk meningkatkan fungsi ovarium dan meningkatkan produksi sel telur yang tepat dengan meningkatkan resistensi insulin.

Namun, untuk kondisi tertentu ada peningkatan risiko diabetes serta intoleransi glukosa terhadap kayu manis.

2. Manfaat Bagi Kesuburan Wanita

Dikutip dari situs Natural Fertility Info, dijelaskan bahwa selama 10 tahun kandungan kayu manis digunakan untuk menurunkan sistem imun insulin penderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).

PCOS dikenal sebagai kondisi yang mengganggu fungsi ovarium, sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon.

Penyakit ini juga memengaruhi produksi insulin yang juga berfungsi mengalirkan glukosa dari aliran darah ke sel jaringan tubuh, sehingga membuat penderita PCOS berisiko terkena diabetes.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase dalam kayu manis yang diminum selama delapan minggu dapat menurunkan kekebalan insulin pada wanita penderita PCOS.

Faktor lain yang mempengaruhi sulit hamil adalah siklus haid yang tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali.

Kondisi ini disebabkan oleh efek imun insulin yang mengganggu hormon wanita.

Salah satu fungsi kayu manis adalah untuk mengatur siklus haid, terutama bila terjadi perdarahan yang banyak.

3. Manfaat untuk Kesuburan Pria

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan wanita, seperti manfaat ashwagandha , kayu manis juga bermanfaat untuk kesuburan pria.

Kayu manis mengandung proantosianidin dan antioksidan polifenol di dalamnya yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan tentunya mencegah tubuh dari serangan bakteri, virus dan radikal bebas.

Kandungan anti-oksidan yang tinggi pada kayu manis juga diketahui dapat menjaga kualitas sperma pria.

Dengan rutin mengkonsumsi kayu manis, sperma akan terlindungi dari kerusakan dan kemampuan berenangnya akan meningkat.

4. Meredakan Kram Saat Menstruasi

Manfaat kayu manis dan madu merupakan bahan alami untuk meredakan kram menstruasi. Biasanya wanita akan merasakan nyeri akibat kram di perut saat menstruasi.

Kayu manis memiliki sifat analgesik dan antikoagulasi yang dapat mengurangi rasa sakit. Dengan meminum air kayu manis yang dicampur madu, maka rasa nyeri akan segera hilang.

5. Meningkatkan Imunitas

Sama seperti manfaat zobo drink , manfaat kayu manis dan madu lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Anda bisa menemukan antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins dalam kayu manis. Kedua zat tersebut dapat meningkatkan imunitas tubuh, dan memadukan kayu manis dengan madu dapat membuat tubuh terhindar dari risiko berbagai penyakit.

Obat Herbal Lain untuk Kesuburan

Beberapa studi kecil yang telah disebutkan sebelumnya menyarankan Agnus chastus atau chasteberry untuk menyeimbangkan hormon reproduksi dan menormalkan siklus menstruasi.

Beberapa dukun percaya bahwa black cohosh (tanaman dari Actaea dengan buah beri yang tajam dan beracun) dapat merangsang ovarium untuk menghasilkan telur.

Ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa beberapa tanaman tradisional Cina dapat meningkatkan kesuburan. Hal ini juga berlaku bila obat herbal penyubur kandungan dikonsumsi bersamaan dengan obat penyubur kandungan lainnya seperti clomiphene (Clomid).

Namun, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa tanaman tradisional Cina mampu bekerja sendiri tanpa dukungan pengobatan medis.

Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form