12 Jenis Nasi Goreng Khas Indonesia Nikmat Patut Dicoba

Nasi Goreng

 

Jakarta – Nasi goreng menjadi menu favorit hampir seluruh masyarakat Indonesia dan kerap menjadi menu sarapan hingga makan malam. Nasi goreng bahkan masuk dalam daftar makanan terenak di dunia, enak disantap saat masih anget. Mau pedes atau sedang, tinggal disesuaikan dengan lidah yang mau mencicipinya.

Bahan utamanya yaitu nasi, ternyata di Indonesia terdapat beragam jenis nasi goreng dengan bahan tambahan, bumbu, dan cita rasa yang berbeda. 

Pada umumnya cara buat nasi goreng khas Indonesia, menggunakan bahan utama nasi yang diaduk dengan minyak, bumbu, di atas penggorengan yang sangat panas. Setelah matang, nasi goreng dapat disajikan dengan topping telur, ayam, dan kerupuk sebagai pendamping makan.


12 Jenis Nasi Goreng Nikmat Patut Dicoba


1. Nasi Goreng Jawa

Resep nasi goreng spesial Jawa berbahan dasar bumbu bawang merah, bawang putih, dan cabai yang diuleg menggunakan cobek. Ciri khasnya memiliki rasa pedas dengan warna agak merah kecokelatan. Sebagai pendamping saat menyantapnya, akan ditambahkan suwiran ayam dan telur dadar.

2. Nasi Goreng Babat

Cara membuat nasi goreng babat cukup mudah. Nasi goreng babat dikenal khas kuliner Semarang, di mana nasi goreng diolah dengan mencampurkan irisan babat ke dalamnya. Nasi goreng ini memiliki aroma sedap dengan warna yang kecokelatan.

3. Nasi Goreng Ikan Asin

Nasi goreng jenis ini cukup populer di masyarakat Indonesia, penambahan resep ikan asin ke dalam nasi goreng memberikan aroma sedap dan rasa yang nikmat. Boleh juga dengan variasi yang berbeda, misalnya nasi goreng ikan teri.

4. Nasi Goreng Kampung

Seperti namanya, resep nasi goreng kampung, menggunakan irisan ayam goreng kampung di dalamnya. Penggunaan bumbu seperti cabai, bawang merah dan putih memberikan aroma sedap serta ada tambahan kecap sehingga memberikan cita rasa pedas manis yang nikmat.

5. Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng ini memiliki bumbu dengan rempah yang kuat mulai dari kunyit, serai, kapulaga, hingga jinten. Penambahan minyak samin di dalamnya juga bikin aromanya semakin nikmat. Tak lupa potongan daging kambing berukuran agak besar yang dicampur bersama nasi memberikan cita rasa nikmat.

6. Nasi Goreng Merah

Nasi goreng berwarna merah ini populer di Surabaya. Memiliki porsi yang cukup besar bisa buat yang menyantapnya puas. Resep nasi goreng enak ini pun dilengkapi dengan suiran ayam goreng, telur dadar atau telur ceplok serta sedikit sayur sawi.

7. Nasi Goreng Sunda

Ternyata orang Sunda atau yang berasal dari Jawa Barat juga memiliki nasi goreng khasnya sendiri. Nasi goreng ini memiliki warna agak kekuningan dan memiliki cita rasa pedas karena adanya tambahan kencur yang membuat aromanya pun sedap.

8. Nasi Goreng Maut

Resep nasi goreng ini cukup unik karena mencampurkan nasi goreng dengan mie, suwiran ayam, sayuran seperti kol dan sawi hijau dan bumbu. Nasi goreng ini biasanya mudah ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Rasanya tentu gurih dan sedap.

9. Nasi Goreng Seafood

Nasi goreng seafood umunya memiliki warna yang cerah dan nikmat, tanpa penambahan kecap. Di dalamnya sudah dicampurkan bumbu dengan tambahan seafood seperti udang, atau potongan cumi.

10. Nasi Goreng Petai

Memiliki rasa dan aroma yang khas, nasi goreng ini menggunakan campuran irisan atau bahkan petai (Parkia speciosa) utuh di dalamnya. Untuk pecinta petai, nasi goreng jenis ini sungguhlah nikmat.

11. Nasi Goreng Spesial

Nasi goreng spesial memiliki bumbu dasar yang sama seperti nasi goreng pada umumnya namun yang membuatnya spesial nasi goreng ini menggunakan campuran yang lengkap dan beragam seperti suwiran ayam, sosis, bakso, telur, bahkan udang atau cumi.


12. Nasi Goreng Hitam

Nasi goreng hitam, satu dari nasi goreng khas Indoensia, dari berbagai daerah nusantara, memiliki aroma yang sedap dan rasa yang gurih, nasi goreng ini menggunakan tinta cumi sehingga memberikan warna hitam yang pekat. Bisanya nasi goreng hitam dihidangkan bersama telur goreng yang diceplok, taburan bawang goreng dan juga kerupuk. 

Menu yang sangat merakyat, cara membuat nasi goreng sederhana dapat dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, terutama mereka yang cenderung masak makanan sendiri, enggan beli, dengan alasan lebih higienis, hemat serta suka memasak. [Benhil]

 

Previous Post Next Post

Contact Form