Messi dan Maradona Lewatkan Piala Dunia dan Pujian Top Coach

Maradona - Messi

 

Perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 telah berakhir dengan kemenangan timnas Argentina. Negara tersebut telah meraih trofi itu 3 kali, yakni 1978, 1986, dan 2022.

Kini prestasi bintang timnas Argentina Lionel Andres Messi di tingkat internasional sudah bisa disejajarkan dengan idolanya Diego Maradona, atau bahkan jauh melampauinya. Rekornya di klub Barcelona terhitung luar biasa, diantaranya meraih 7 kali penghargaan Ballon d'Or dan 35 trofi.

Selain dikagumi para pemain, atlet berusia 35 tahun itu juga sangat dikagumi oleh para pelatih (coach) sepak bola. Ketenaran Messi tidak mengurangi kedisiplinan, sportivitas, dan gaya hidupnya.

Namun tahukah Anda, meski Messi sangat kagum dengan idolanya yang bernama lengkap Diego Armando Maradona itu, namun diantara keduanya saling melewatkan kemenangan masing-masing.

 

Diego Maradona

 

Pemain kelahiran 24 Juni 1987 itu belum lahir saat Maradona mengangkat trofi Piala Dunia 1986 di Meksiko. Sedangkan Maradona telah meninggal saat Messi mencium trofi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Maradona meninggal pada 25 November 2022 akibat gangguan jantung. Secara spiritual, Messi yakin arwah Maradona ikut menyaksikan dan menyemangati timnas Tanah Airnya.

Lepas dari itu semua, pertandingan tadi malam, 18 Desember 2022, telah menghentikan perdebatan siapa pemain terhebat sepanjang masa, Pele, Maradona atau Messi?

Pujian Pelatih Hebat

Yang istimewa dari Messi adalah dia juga begitu dikagumi oleh para pelatih ternama (yang sebagian juga mantan pemain top) sepak bola.

Berikut ini beberapa pujian dari pelatih tersohor yang dialamatkan pada pemain bertinggi 170 cm itu:  

- Johan Cruyff (mantan bintang timnas Belanda dan klub Barcelona- mantan pelatih Barcelona) : "Terima kasih Tuhan, atas Keberadaan Messi."

José Mourinho (mantan Pelatih Chelsea, Real Madrid, dan saat ini AS Roma): "Messi adalah Dewa Sepak Bola."

- Pep Guardiola (mantan pelatih Barcelona dan pencipta gaya tiki taka): "Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa."

- Arsene Wenger (mantan pelatih Arsenal): "Jika ditanya, siapa pesepakbola Terbaik yang pernah ada? Jawabnya, Lionel Messi."

- Diego Simeone (mantan pemain dan saat ini pelatih Atletico Madrid): "Siapa yang terbaik, Messi atau Maradona? Saya pikir Messi lebih baik."

- Fabio Capello (mantan pelatih Real Madrid): "Messi adalah satu-satunya jenius di dunia sepakbola. Titik."

- Jürgen Klopp (Pelatih Liverpol): "Bagi saya, Messi akan selalu menjadi nomor #1 dalam sejarah."

- Joachim Löw (Pelatih timnas Jerman): "Lionel Messi adalah Pemain Paling Lengkap yang pernah saya lihat."

- Luiz Filipe Scolari (Mantan pelatih timnas Portugal dan Brasil): "Melatih Messi akan menjadi kebahagiaan terbesar dalam karir saya."

- Vicente Del Bosque (Pelatih timnas Spanyol): "Saya pikir Messi telah melampaui Diego Maradona. Dia pemain terbaik sepanjang masa."

Dunia telah menjadi saksi kerja keras dan kesabaran Messi telah menuai hasil yang sepadan. Selamat untuk Messi dan Argentina. [Benhil] 

Lionel Messi

 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form