LINE Bank Indonesia Solusi Bank Digital Terbaik untuk Millenial

Kalau dulu Anda mengenal LINE sebagai aplikasi chat instan berwarna hijau dengan emoticon yang lucu, sekarang lebih dari itu. Line juga mengeluarkan aplikasi bank digital yang memiliki banyak kelebihan. Hadir dengan nama LINE Bank, aplikasi bank digital ini menyasar kaum milenial di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sejarah LINE Bank

LINE Bank muncul pertama kali di Thailand pada Oktober 2020. Lalu meluas ke Taiwan pada tahun 2021. Sedangkan di Indonesia sendiri, bank digital ini hadir pada 10 Juni 2021. Aplikasi LINE Bank Indonesia bisa dengan mudah Anda temukan di Google Play Store dan AppStore. Bisa langsung ke sana, dengan ngeklik banner di bawah.


LINE Bank

 

Kehadiran aplikasi bank digital dari Line di Indonesia tidak terlepas dari kerjasama bisnis antara Line Corporation dan PT Bank KEB Hana Indonesia. Atau yang lebih terkenal dengan sebutan Hana Bank pemik koed bank 484. 

Kerja bareng ini mewujudkan entitas bisnis perbankan baru dan resmi di Tanah Air yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan nama LINE Bank Indonesia.

Jumlah populasi penduduk dan pengguna internet yang begitu besar, termasuk jumlah pengguna Line chat, serta dukungan teknologi yang berkembang pesat. Masyarakat yang semakin teredukasi, terutama saat pandemi kemaren, menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi Line tertarik luncurkan layanan jasa keuangan, bank digital di Indonesia. 

Sebagaimana diketahui bahwa Line Corporation telah mengakuisisi PT Bank KEB Hana Indonesia pada tahun 2018. Dari hasil kerjasama dua corporate besar inilah, Line Bank hadir dengan berbagai fitur bank digital yang identik dengan kaum milenial.

Meski awalnya Line adalah aplikasi chatting, LINE Bank bukan bank digital start-up abal-abal. Karena diawasi langsung oleh pemerintah melalui otoritas jasa keuangan atau OJK.

LINE Bank Indonesia memilik kantor di Jakarta, beralamat di Mangkuluhur City, Tower 1, Jl. Gatot Subroto, Jakarta 12930, dilengkapi dengan call center 24 jam yaitu 1-500-021dan dukungan aplikasi chat Line serta media sosila lainnya.

Selain itu, Hana Bank sebagai bank konvensional atau bank induk dari bank digital ini, juga terdaftar sebagai anggota LPS atau lembaga penjamin simpanan. Dengan total jaminan hingga 2 milyar rupiah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakan layanan aplikasi ini.

Lalu apa saja fitur dan layanan yang bisa Anda dapatkan di aplikasi ini? Media online dan promosi bisnis Benhil, akan membahas selengkapnya pada artikel ini.


Layanan LINE Bank Indonesia

Ada 3 jenis layanan dari bank digital keluaran Line Corporation ini yang bisa Anda manfaatkan. Yaitu tabungan (saving), kartu debit, dan deposito. 

"Saat ini, melalui program Serbu Ceria, special untuk nasbah baru buka tabungan dan deposito LINE Bank dapat cashback hingga Rp.650.000,- dan bunga deposito hingga 6%. ~ LINE Bank

1. Tabungan (Saving)

Seperti layanan digital bank lainnya, LINE Bank juga memiliki layanan saving. Bedanya, dalam satu rekening saving Anda bisa menggunakan 8 rekening, 1 rekening utama dan 7 subrekening. Masing-masing subrekening bisa Anda gunakan untuk fungsi yang berbeda dan juga memiliki kartu debitnya masing-masing.
 

Bank digital ini tidak memungut biaya pembuatan rekening, biaya penutupan, dan biaya admin dengan saldo minimal 0 rupiah. Layanan tabungan ini sangat layak bagi kaum milenial dengan tingkat pendapatan yang masih rendah. Sedangkan bunga tabungan, digital banking Indonesia dari Line ini memberi bunga hingga 1% per bulan.
 

2.    Kartu Debit

Tidak seperti bank digital lain yang menggunakan kartu debit digital. Kartu debit keluaran bank digital LINE Bank Card dengan teknologi dan sistem sekuriti yang kuat serta kekinian, menggunakan kartu fisik yang akan mengirimkannya langsung ke alamat nasabah dan bebas ongkir di seluruh nusantara.

Desainnya juga unik, lucu, dan menarik. Setiap nasabah bisa memilih desain custom sesuai selera dan keinginannya.

LINE Bank Indonesia yang cepat populer ini mengeluarkan 4 jenis kartu debit. Yaitu Brown Visa Card, Cony Visa Card, Sally Visa Card, dan Brown GPN Card. Kartu GPN hanya bisa Anda gunakan di dalam negeri. Sedangkan 3 sisanya yang bertuliskan visa, bisa Anda gunakan untuk transaksi di luar negeri.
 

Bank digital dari Line, tidak akan memungut biaya pembuatan kartu debit untuk rekening utama. Tapi jika ingin membuat kartu debit untuk sub-rekening, bank akan membebankan biaya sebesar 50 ribu rupiah pada nasabah untuk setiap satu sub-rekening.

 

3. Deposito Bank Digital

LINE Bank adalah bank digital yang mendukung iklim investasi di Indonesia. Ini terbukti dengan layanan deposito digital. Nasabah bisa membuat 10 deposito dalam satu akun sekaligus, ini salah satu fitur unggulan, keuntungan memiliki rekening LINE Bank.

Jangka waktu deposito antara 1 hingga 12 bulan. Dengan jumlah minimal 1 juta hingga jumlah maksimal sebesar 1.000.000.000 atau 1 milyar rupiah. Bunga deposito yang bisa Anda dapatkan juga tidak tanggung-tanggung. Mencapai 4,5% per bulan tanpa ada biaya potongan jika nasabah mencairkan sewaktu-waktu. Sangat berbeda dengan bank tradisional atau bank konvensional yang selama ini sangat mendominasi dengan instrumen perbankan yang kaku.
 

Biaya yang Dibebankan

Sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa kelebihan bank digital keluaran Line Corporation ketimbang  dengan bank digital lain adalah gratis untuk beberapa biaya tertentu. Tapi untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahui apa saja biaya yang ada di bank digital ini.


1. Biaya Rekening

Selain bebas biaya bulanan, nasabah juga tidak terkena biaya pembukaan atau penutupan rekening. Termasuk ketika rekening tidak aktif selama 6 bulan. Bank juga tidak menahan saldo nasabah dengan jumlah tertentu. Itu artinya, jumlah saldo di rekening bisa nol.

Tak hanya itu saja. Tidak ada saldo minimal saat pembukaan rekening. Karena siapapun bisa membuka rekening bank online tanpa harus memiliki uang alias saldo awal nol.

2. Biaya Kartu Debit

Anda tidak perlu khawatir jika ATM Hana Bank di Indonesia masih sangat terbatas. Hanya ada di kota besar saja. Karena penarikan uang tunai dan pengecekan saldo bank digitan bisa Anda lakukan di ATM manapun tanpa ada biaya administrasi. Bebas biaya ini juga berlaku pada transaksi yang menggunakan mesin EDC.

3. Biaya Transaksi

Bagi Anda yang sering melakukan transaksi menggunakan ATM ataupun aplikasi bank digital, menggunakan LINE Bank memang pilihan yang paling tepat. Kenapa? Karena bank digital dari Line ini memberikan gratis biaya transfer atau transaksi sebanyak 25 kali setiap bulannya. Jika transaksi melebihi 25 kali dalam satu bulan, maka nasabah baru akan terkena biaya transfer.

Dan kabar baiknya lagi, setiap bulannya bank akan mereset kuota ini dan tidak berlaku akumulasi. Sehingga cocok bagi kamu yang gemar berbelanja online. Bebas biaya admin untuk transaksi, mencakup biaya bill payment dan transfer uang ke bank lain.

Berbagai Fitur Unggulan

Dengan mengusung warna hijau cerah, aplikasi bank digital milik Line Corporation ini memiliki banyak fitur unggulan bagi penggunanya.


1. Pembayaran

Tidak perlu jauh-jauh keluar jika ingin melakukan berbagai pembayaran. Karena aplikasi LINE Bank Indonesia memiliki fitur pembayaran multifungsi. Seperti pembayaran cicilan kartu kredit, PLN pasca bayar, pembelian pulsa dan token listrik, hingga membayar zakat ke BAZNAS.
 

2. Pembayaran Menggunakan QRIS

Bank digital Line juga mendukung pembayaran menggunakan scan QRIS. Anda bisa menemukan fitur ini pada halaman utama aplikasi. Lalu gunakan dengan cara memindai pada merchant yang telah bekerjasama.
 

3. Quick Cash

Ini merupakan fitur pinjaman online tanpa agunan. Nasabah bisa mendapatkan pinjaman hingga 100 juta. Namun untuk realisasi pinjaman akan disesuaikan dengan profil nasabah. Tenornya bisa 30 hari hingga 60 bulan dengan bunga harian sebanyak 0,35% dan bunga bulanan 0,88% per bulan.
 

4. Top Up

Anda pengguna e-wallet, tidak perlu bingung. Karena bank digital dari Line ini juga mendukung beberapa jenis dompet digital dengan menyediakan layanan top up gratis. Seperti Shopeepay, LinkAja, DANA, serta dompet digital Gopay milik GoTo, dan OVO.
 

5. Notifikasi Instan dan Keamanan

Tidak perlu membuka aplikasi untuk melihat notifikasi. Karena aplikasi ini menyediakan notifikasi instan setiap kali terjadi transaksi. Melalui line massage ataupun SMS. Begitu pula dengan keamanannya. Bank digital ini menggunakan OTP saat pembukaan akun pertama kali.

Untuk selanjutnya, Line digital bank Indonesia akan menawarkan nasabah penggunaan sidik jari atau password untuk keamanannya. Anda bisa memilih sesuai sandi dengan fitur smartphone yang Anda miliki tanpa ribet.
 

6. Mengelola Kartu Debit

Tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang Hana Bank jika ingin mengelola kartu debit. Karena hanya dengan menggunakan aplikasi saja, Anda bisa mengajukan penerbitan kartu debit, menutup, memblokir, melaporkan kehilangan, hingga mengganti PIN LINE Bank Indonesia card.

Nah, itulah informasi lengkap terkait LINE Bank. Jika tertarik atau ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung aplikasi unduh di sini ada di Google Play Store untuk semua gawai Android dan melalui AppStore untuk gadget berbasis iOS keluaran Apple, iPhone atau iPad.

Previous Post Next Post

Contact Form