Kantin Kejujuran di SMPN 14 Bandung Didik Siswa Lawan Korupsi Sejak Dini

Kantin Kejujuran


Guna mendidik para siswa belajar jujur sejak dini, SMPN 14 Bandung, membuka sebuah kantin yang diberi nama Kantin Kejujuran. 

Humas SMPN 14 Bandung, Iis Siti Sunartini mengungkapkan, kantin ini sudah ada sejak 2007 silam di tengah-tengah warga SMPN 14 Bandung.

Ia menjelaskan, Kantin Kejujuran ini berisi beraneka ragam makanan, seperti cemilan, jajanan pasar, makanan berat, dan minuman. Harganya pun relatif terjangkau, mulai dari Rp1.000-Rp10.000. 

Kantin ini tidak dijaga oleh penjual. Pembeli hanya perlu memasukan uang ke dalam toples. Termasuk mengambil uang kembalian sendiri sesuai dengan pembeliannya.

Tujuan dihadirkannya Kantin Kejujuran ini untuk mendidik anak-anak dan seluruh warga SMPN 14 Bandung belajar jujur ketika mereka membeli barang.

          • Baca juga: 6 Tempat Ini Bisa Jadi Destinasi Wisata Instagramable

"Kalau kita menanamkan itu sedini mungkin, insyaallah anak-anak akan memiliki mindset rasa kejujuran dalam hatinya sampai kapanpun," ucap Iis.

Meskipun memang saat awal-awal kantin ini hadir, ada satu dua orang siswa yang masih melanggar.

"Ya dulu waktu awal-awal memang ada satu dua siswa yang bayarnya kurang. Darmaji ya kalau kita kenalnya. Dahar lima ngaku hiji (makan lima, bilangnya satu)," kenangnya.

Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang akan diperingati pada 9 Desember mendatang, ia berharap Kantin Kejujuran bisa menjadi bentuk komitmen SMPN 14 Bandung melawan korupsi. 

Iis berharap, dengan adanya Kantin Kejujuran tersebut, pendidikan antikorupsi di Kota Bandung sudah bisa dimulai sejak usia dini.

          • Baca juga: 9 Tempat Oleh-Oleh di Bandung yang Wajib Dikunjungi

"Kenapa disebut Kantin Kejujuran? Karena untuk mendidik anak-anak berperilaku jujur saat membeli maupun perilaku sehari-hari," ujarnya.

"Meski namanya Kantin Kejujuran, tapi tetap ada yang jaga untuk mengawasi dan melengkapi stok produk," imbuhnya.

Salah satu siswa yang tengah berbelanja cemilan adalah Manda. Menurutnya, dengan kehadiran Kantin Kejujuran bisa membuatnya lebih belajar jujur.

"Senang, kita jadi bisa lebih belajar jujur. Belajar jujur dari hal yang terkecil," ungkap Manda.

Sementara itu, siswa lain bernama Fauzan menuturkan, dengan adanya kantin ini bisa membuat para siswa makin bertanggung jawab.

          • Baca juga: Mimpi Remaja Asal Bandung Bertemu Ganjar Akhirnya Terwujud

"Kantin kejujuran membuat kita jadi lebih bertanggung jawab. Kalau ada yang bohong, itu nanti bakal dibalas dosanya di akhirat," kata Fauzan. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form