Mengenal Teh Hijau dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Teh hijau

Teh hijau sangat erat kaitannya dengan teh untuk diet. Fakta bahwa jenis teh ini sangat rendah kalori dan hijau adalah alasan mengapa teh ini dianggap sebagai teh yang sehat. 

Namun, masih banyak orang di luar sana yang bertanya-tanya tentang manfaat kesehatan dari minum 3 cangkir teh hijau sehari, apakah itu hal yang baik atau buruk.

Sebelum kita mengetahui tentang manfaat teh hijau dan nilai gizi yang terkandung dalam secangkir teh hijau, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu teh hijau.

Apa itu Teh Hijau?

Dilansir dari Dr Health Benefits, teh hijau dibuat dari daun tanaman bunga yang dikenal sebagai Camellia sinensis, tanaman daun yang sama untuk membuat teh hitam dan teh oolong. Satu-satunya hal yang membuat teh hijau berbeda adalah ketika teh hitam difermentasi sepenuhnya dan teh oolong difermentasi sebagian, teh hijau sama sekali tidak difermentasi.

Tanaman bunga itu sendiri berasal dari China dan itulah mengapa teh hijau terkenal di kalangan orang Asia sebelum popularitasnya melanda Eropa dan Amerika Serikat.

Nilai Gizi Teh Hijau

Dalam secangkir teh hijau Anda bisa mendapatkan semua vitamin penting seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin B, Vitamin B5, Vitamin H dan Vitamin K. 

Teh hijau juga merupakan sumber antioksidan dan alkaloid yang sangat baik dengan kalori super rendah. Padahal dalam secangkir teh hijau juga mengandung kafein namun jumlahnya sangat rendah.

Sumber Antioksidan yang Sangat Baik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh hijau adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan sangat penting untuk metabolisme manusia untuk membantu memerangi radikal bebas yang disebabkan oleh racun lingkungan. Antioksidan mungkin bermanfaat untuk melawan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Menghilangkan Stres Alami

Setiap kali Anda merasa stres, secangkir teh hijau dapat membantu Anda menghilangkan stres dan menenangkan pikiran Anda. Efek menenangkan dari teh hijau tidak hanya baik untuk menenangkan pikiran tetapi juga mengurangi gejala depresi .

Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Minum tiga cangkir teh hijau kemungkinan bagus untuk manajemen penurunan berat badan. Teh hijau mengandung kafein dan katekin yang secara bersama-sama dianggap sebagai pengeluaran kalori untuk membantu mengoptimalkan proses pembakaran lemak.

Mengurangi Risiko Diabetes

Ada penelitian khusus yang dilakukan di Jepang yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 3 cangkir teh hijau setiap hari mampu mengurangi risiko diabetes dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi kurang dari satu cangkir per minggu.

• Sangat baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Teh hijau merupakan salah satu makanan penurun kadar kolesterol . Ini berarti teh hijau dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko kondisi yang berhubungan dengan kesehatan kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Dapat Mempromosikan Tulang Sehat

Ada beberapa penelitian yang menyatakan teh hijau dapat meningkatkan kesehatan tulang. Alasannya karena teh hijau pertama mengandung sifat anti-inflamasi untuk meredakan beberapa kondisi tulang sementara kandungan mineral dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang untuk orang tua.

Penambah Sistem Kekebalan

Teh hijau dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan penting. Itulah mengapa teh hijau adalah penambah kekebalan yang sangat baik. Selama tahap pemulihan, menikmati tiga cangkir teh hijau per hari dapat membantu mempercepat proses pemulihan.

Mencegah Karies Gigi

Karies gigi terjadi ketika bakteri membentuk maltosa yang akan menyebabkan terbentuknya lubang atau kavitas yang nantinya akan menimbulkan karies gigi. Namun, teh hijau mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri di dalam organ mulut dan mencegah karies gigi.

Mempromosikan Usus yang Sehat

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis mikroflora di usus Anda? Teh hijau mengandung senyawa aktif yang dapat membantu membunuh mikroflora dan bakteri jahat tetapi tidak mengubah tingkat bakteri baik di dalamnya untuk meningkatkan kesehatan usus.

• Mencegah Penyakit Neurodegeneratif

Beberapa penelitian telah dilakukan antara sekelompok orang Asia dan kelompok yang terdiri dari orang Eropa dan Amerika. Orang Asia mengonsumsi lebih banyak teh hijau daripada orang Eropa dan Amerika, akibatnya orang Asia memiliki tingkat penyakit neurodegeneratif yang lebih rendah.

Anti Penuaan Alami

Banyak sekali manfaat teh hijau untuk kecantikan dan salah satunya sebagai anti aging alami. Kandungan antioksidan teh hijau efektif untuk regenerasi sel untuk membantu menjaga kulit tampak muda lebih lama sedangkan manfaat vitamin C akan mengoptimalkan produksi kolagen untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

Bagus untuk Rambut

Alasan utama mengapa teh hijau baik untuk rambut adalah karena mengandung potasium. Salah satu manfaat kesehatan dari kalium adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah rambut rontok karena kalium akan mengoptimalkan distribusi oksigen untuk sirkulasi darah yang sehat di kulit kepala.

Minuman Rendah Kalori yang Melembabkan

Jika Anda mencari minuman rendah kalori yang menghidrasi yang bisa Anda minum kapan pun Anda mau, maka teh hijau adalah pilihan terbaik. Saat Anda menikmati semua manfaat hijau, Anda tidak perlu khawatir tentang penambahan berat badan dan tubuh Anda akan terhidrasi sepenuhnya.

Awas Minum Teh Hijau 3 Cangkir Sehari

Untuk semua manfaat kesehatan dari teh hijau, Anda harus mengkonsumsinya dalam jumlah sedang saja. Namun, tahukah Anda bahwa teh hijau adalah minuman bebas kalori yang bisa Anda minum hingga delapan cangkir per hari?

Jadi, jika Anda dalam kondisi sehat, mengonsumsi tiga cangkir teh hijau per hari masih aman dan super direkomendasikan. Dengan satu syarat, jika Anda tidak dalam tahap sehat, peringatan di bawah ini harus menjadi perhatian Anda juga.

Jika Anda sangat sensitif terhadap kafein, tidak peduli seberapa rendah kandungan kafein dalam teh hijau masih dapat mempengaruhi Anda.

Mereka yang saat ini dalam tahap insomnia parah harus menghindari teh hijau juga karena kandungan kafeinnya.

Teh hijau mengandung tanin yang dapat mempengaruhi penyerapan beberapa mineral seperti zat besi dan folat.

Satu hal lagi yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi teh hijau adalah bahan tambahan yang bisa Anda tambahkan seperti madu atau gula. Gula adalah sumber kalori dan jika Anda ingin menghindarinya, jangan menambahkan gula, produk susu atau bahkan madu ke teh hijau Anda, terutama jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat kesehatan dari minum 3 cangkir teh hijau sehari. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form