Yuk Cari Tahu Khasiat Tiram Bagi Kesehatan

 

Tiram

Seafood memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar dan teratur. Ini karena makanan laut, seperti manfaat udang karang untuk kesehatan , mengandung berbagai nutrisi penting. Simak apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi seafood.

Ada berbagai macam makanan laut, seperti ikan, udang, cumi-cumi, dan lain-lain. Seafood juga mau tidak mau menjadi jenis makanan favorit sebagian orang, mungkin termasuk Anda. Nah, beruntungnya Anda jika memang menyukainya, karena selain rasanya yang enak, seafood juga membawa sejumlah manfaat bagi tubuh.

Salah satu bahan utama seafood seperti manfaat ikan kembung adalah asam lemak omega-3. Menurut penelitian, asam lemak omega-3—terutama asam docosahexaenoic (DHA)—terbukti dapat mengoptimalkan proses perkembangan organ tubuh, terutama otak dan mata.

Atas dasar itu, mengonsumsi makanan laut sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui agar bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, tidak semua jenis seafood terutama ikan bisa Anda konsumsi, apalagi jika tujuannya untuk menyehatkan bayi.

Mengapa demikian? Jawabannya tidak lain karena beberapa ikan mengandung merkuri yang justru dapat mengganggu perkembangan otak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan laut dengan kadar rendah seperti sarden dan trout.

Sedangkan untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa, manfaat mengkonsumsi seafood adalah untuk menjaga dan mengoptimalkan fungsi otak. Ya, seiring bertambahnya usia, fungsi otak menurun. Semakin parah jika tidak ada langkah yang Anda ambil untuk menjaga kinerja organ tersebut.

Baca juga: Manfaat Tepung Beras untuk Payudara Wanita yang Belum Pernah Anda Ketahui

Nah, menurut penelitian, orang yang suka makan seafood tidak mengalami perlambatan fungsi otak. Mereka juga dipastikan bebas dari gangguan medis terkait seperti penyakit Alzheimer.

Anda mungkin menyukai udang, ikan, atau bahkan cumi-cumi, tetapi bagaimana dengan tiram? Jangan salah, seafood ini memiliki banyak sekali khasiat untuk menunjang kesehatan Anda.

Selain itu, rasanya yang khas dan gurih bisa membuat banyak orang ketagihan. Mari kita simak lebih dekat apa saja nutrisi dan manfaat tiram berikut ini dikutip oleh Benhil Online dari Dr Health Benefits.

Manfaat Kesehatan dari Tiram

1. Mengatasi Anemia

Sedikit berbeda dengan manfaat minyak ikan , tiram kaya akan kandungan zat besi. Zat besi itu sendiri diperlukan untuk membentuk hemoglobin, protein khusus yang bertugas membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Dengan hilangnya keberadaan mereka, sangat sulit bagi organ dalam Anda untuk berfungsi dengan baik karena mereka tidak memiliki kadar oksigen yang cukup.

Nah, makan tiram bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Dengan begitu, Anda yang mengalami anemia defisiensi besi bisa mendapatkan asupan zat besi yang cukup untuk membentuk hemoglobin.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Anda bisa mendapatkan asupan tinggi asam lemak omega-3 dalam satu porsi tiram segar. Asam lemak omega-3 sendiri mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Kadar trigliserida yang tinggi berisiko menyebabkan berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh darah dan serangan jantung.

Namun, jangan makan tiram secara berlebihan karena mengandung kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga merupakan risiko bagi kesehatan jantung Anda, yang bertentangan dengan manfaat sebenarnya. Namun, Anda bisa menemukan kebaikan serupa pada manfaat ikan gelfilte.

3. Membentuk dan Merawat Otot

Bukan rahasia lagi bahwa Protein merupakan zat penting yang berguna untuk merawat bahkan memperbaiki sel-sel Anda.. Bagi Anda yang sering mengalami nyeri otot, protein juga dapat mempercepat proses pemulihan otot yang kaku dan nyeri.

Seperti makanan laut lainnya, tiram juga kaya akan protein. Mereka bahkan merupakan sumber protein yang lebih sehat daripada daging sapi atau ayam karena kandungan lemak dan kalorinya yang lebih rendah.

4. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Untuk melakukan tugasnya dengan baik, sistem saraf dalam tubuh Anda membutuhkan vitamin B kompleks. Salah satunya adalah vitamin B12 yang juga bisa ditemukan pada manfaat ikan swedia . Apa yang bisa dilakukan vitamin ini adalah melindungi otak Anda dari kerusakan dan kehilangan fungsinya.

Oleh karena itu, manfaat tiram yang mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi tidak boleh dilewatkan. Makan mereka dapat membantu menjaga fungsi sistem saraf Anda, terutama di bagian otak.

Baca juga: Stop Buang Air Beras, Ini 9 Manfaatnya untuk Kesehatan, Salah Satunya Obati Diare

5. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Masalah kesuburan (infertilitas) selalu dikaitkan pada wanita. Padahal infertilitas juga bisa terjadi pada pria. Jika selama 12 bulan atau lebih, pasangan berhubungan seks secara teratur tanpa pengaman tetapi gagal hamil, maka inilah yang disebut dengan masalah kesuburan.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri dan suami ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Ada beberapa indikasi yang bisa menjadi isu utama masalah ini.

Wanita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan lebih cenderung mengalami infertilitas. Selain itu, ibu obesitas yang sedang hamil juga lebih mungkin mengalami keguguran.

Gangguan ovulasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti PCOS (polycystic ovary syndrome), suatu kondisi ketidakseimbangan hormon yang dapat mengganggu proses ovulasi.

Hal lain yang dapat menyebabkan masalah ovulasi adalah menopause dini. Ya, kondisi ini terjadi ketika indung telur wanita berhenti berfungsi bahkan sebelum usia 40 tahun.

Banyak pendekatan ini dalam beberapa cara, dengan hal utama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Namun, salah satu cara alternatif bisa dicoba dengan mengkonsumsi tiram. 

Tahukah Anda bahwa tiram ternyata dapat meningkatkan kesuburan, terutama pada wanita. Ini karena tiram sangat tinggi mineral yang disebut seng, yang berperan penting untuk ovulasi yang sehat dan menghasilkan sel telur yang normal. 

Selain membantu reproduksi, seringnya konsumsi tiram juga bisa membumbui kehidupan cinta Anda.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, tubuh Anda akan dipenuhi dengan zinc yang dapat membantu menghasilkan sel telur yang sehat untuk kehamilan yang lebih sehat. [Benhil Jakarta]

Previous Post Next Post

Contact Form