Ternyata Makan Mata Ikan Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung


Mata ikan tuna

Ikan mengandung banyak nutrisi termasuk salah satu asam lemak omega 3 yang paling penting untuk kesehatan. Karena itu, banyak dokter merekomendasikan agar kita sering mengkonsumsi iklan. Bahkan dengan rutin mengkonsumsi mata ikan ternyata bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian yang dilakukan bertahun-tahun menyatakan bahwa, kepala, jari, dan mata ikan akan memberikan manfaat tidak hanya bagi manusia tetapi juga hewan.

Banyak orang yang suka makan kepala dan mata ikan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat kesehatan mata ikan yang dilansir dari Dr Health Benefits:

• Meningkatkan Visi

Mata ikan umumnya dikenal karena manfaatnya untuk meningkatkan penglihatan. 

Baca juga: Minum Air Putih 3 Liter Setiap Hari Memberikan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

Bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan dan kebutaan, mengkonsumsi mata ikan secara teratur dapat membantu mengobati kondisi tersebut. Manfaatnya bekerja karena nutrisi bernama asam lemak omega-3.

• Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung penting untuk diperhatikan sementara mata ikan memiliki kemampuan untuk mempromosikannya. 

Studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan serta mata ikan lebih kecil kemungkinannya menderita serangan jantung, stroke, dan kondisi terkait.

• Mengobati Depresi

Masalah kesehatan mental seperti depresi dapat diatasi dengan mengkonsumsi mata ikan. 

Gejala depresi adalah suasana hati yang rendah, kesedihan, kurang energi dan tidak memiliki minat dalam hidup dan aktivitas. 

Selain itu, asam lemak omega-3 di mata ikan yang melawan depresi dan bertindak sebagai obat antidepresan.

• Melindungi Kesehatan Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan setiap hari, bahkan untuk mata ikan dapat mengurangi risiko penurunan kognitif. 

Fungsi otak juga akan meningkat seperti peningkatan daya ingat dan pengaturan emosi. Sejak saat itu, mata ikan menjadi salah satu jenis makanan yang bermanfaat untuk melindungi fungsi otak.

Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition, mata ikan dapat mengurangi risiko kanker. 

• Meredakan Peradangan

Penelitian mengklaim bahwa asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan kronis. Salah satu penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dalam darah, bila dikonsumsi selama enam minggu.

• Mencegah Diabetes

Salah satu manfaat mata ikan untuk kesehatan adalah mencegah diabetes, karena dapat menurunkan kadar insulin dalam tubuh karena asam lemak omega 3 dan vitamin D. Selain itu, mencegah diabetes tipe 1 serta mengurangi komplikasi dari kondisi tersebut.

• Meningkatkan Kualitas Tidur

Vitamin D adalah salah satu zat dalam mata ikan yang meningkatkan kualitas tidur, menurut penelitian oleh beberapa peneliti. 

Baca juga: Ternyata Makan Ikan Nila Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon agar mendapatkan manfaatnya secara efektif, karena ikan salmon mengandung vitamin D yang tinggi.

• Meredakan Nyeri Sendi

Asam lemak esensial juga telah dipercaya dapat meredakan nyeri sendi, begitu juga pada mata ikan. 

Unit Penelitian Penyakit Tulang Arthritis dan Metabolik di Belgia menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat meredakan nyeri sendi bahkan mengobati penyakit.

• Mencegah Asma pada Anak

Asma adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang mengalami peradangan kronis di saluran udara. 

Lebih lanjut, penelitian menemukan bahwa mata ikan terutama semua bagian ikan, akan menurunkan risiko asma pada anak-anak. Namun sayangnya, tidak berpengaruh signifikan untuk orang dewasa.

• Menurunkan Kolesterol

Ikan, tak terkecuali mata ikan memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Karena mata ikan mengandung asam lemak omega 3 yang ditunjukkan oleh The Baylor University Medical Center Proceedings dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Akibatnya, mendukung untuk kesehatan jantung.

• Mengurangi Resiko Kanker

Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition, mata ikan dapat mengurangi risiko kanker. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang rutin makan ikan serta mata mengurangi risiko kanker seperti kanker pencernaan, rongga mulut, faring, usus besar bahkan kanker pankreas.

Mengurangi risiko penyakit autoimun

• Meningkatkan metabolisme

• Meningkatkan konsentrasi atau perhatian [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form