Susah Fokus? Berikut Ini 18 Cara Agar Bisa Konsen

Sulit Konsentrasi

Beberapa orang mengaku sulit memfokuskan diri pada sesuatu hal. Berikut ini ada 18 cara untuk membantu kita bisa konsen atau berkonsentrasi secara baik.

Keluhan kesulitan fokus atau konsentrasi tersebut tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Remaja dan anak-anak juga sering mengalami, terutama saat belajar atau menerima pelajaran di sekolah.

Berikut ini 18 cara untuk melatih kita agar bisa lebih fokus yang dikumpulkan dari berbagai sumber, yaitu:

1. Fokus yang Dikerjakan

Cara pertama adalah yang paling sederhana, yakni fokus pada apa yang sedang kita kerjakan saja, jadi sebaiknya tidak usah melakukan banyak hal secara bersamaan. 

Cara itu akan membantu meningkatkan daya konsentrasi kita secara sedikit demi sedikit. Disamping itu, hasil kerja kita akan lebih maksimal.

2. Membaca Buku

Membaca buku akan membantu kita berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Kita bisa mulai dengan tema yang menarik minat kita, seperti misteri, percintaan, atau drama. Lambat laun kebutuhan akan membaca dan fokus pada isi buku atau cerita akan semakin meningkat. 

3. Mengerjakan Secara Terpola

Bila menghadapi banyak pekerjaan, lebih baik melaksanakannya secara terpola atau satu demi satu. Dengan begitu, perhatian kita tidak akan terpecah dengan pekerjaan yang selanjutnya.

4. Nonton Film

Cara ke-empat ini termasuk menyenangkan, yaitu menonton film, baik di bioskop atau di TV. Menonton film bisa membantu kita berkonsentrasi dengan suatu masalah selama sekitar 2 jam.

5. Rehat Sejenak

Tubuh kita bukan robot yang bisa dipaksakan untuk bekerja secara terus menerus. Kita perlu istirahat beberapa menit untuk mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh agar bisa kembali segar saat beraktivitas.

6. Meditasi

Meditasi adalah cara paling sederhana untuk melatih konsentrasi. Banyak cara untuk melakukan meditasi selama beberapa menit, di antaranya adalah berdoa, sholat, ritual budaya, dan lain-lain.

7. Makanan Bergizi

Rasa lapar bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi. Jadi sebelum, selama, dan setelah beraktivitas, kita jangan sampai lupa mengisi perut dengan asupan makanan yang bergizi.

8. Minum Air Putih

Minum air putih itu menyehatkan dan bisa terhindar dari dehidrasi. Saat dehidrasi, kita akan kehilangan konsentrasi terhadap suatu hal atau pekerjaan.

9. Menyusun Rencana

Dengan menyusun rencana akan membantu kita menyelesaikan pekerjaan atau sesuatu hal sesuai perkiraan kita. Memang banyak rencana yang tidak berjalan sesuai harapan kita. Namun, setidaknya kita telah melatih otak kita untuk fokus terhadap apa yang kita kerjakan.

10. Membuat Catatan

Catatan bisa menjadi guide atau pemandu bagi kita untuk melatih menyelesaikan pekerjaan secara sistematis. Setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda. Dengan catatan yang kita tulis akan menutupi kekurangan kita dalam hal daya ingat.

11. Istirahat Cukup

Tubuh manusia pada umumnya memerlukan waktu istirahat atau tidur selama 7 hingga 9 jam setiap hari hari. Setelah cukup beristirahat, stamina tubuh menjadi segar dan daya konsentrasi akan kembali bugar.

12. Cara Hidup Sehat

Cara hidup yang sehat, seperti tidur yang cukup, rajin berolahraga, dan konsumsi vitamin mampu meningkatkan daya konsentrasi. Hal itu dikarenakan aliran tubuh ke otak menjadi lancar.

13. Olahraga

Olah raga selain berpengaruh pada kesehatan fisik, juga membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Aktivitas fisik dari olah raga mampu memperlancar asupan kalori seperti oksigen ke otak.

14. Alunan Musik

Suara musik yang tenang mampu membuat suasana nyaman dan santai sehingga memudahkan kita fokus dengan aktivitas yang kita lakukan. Begitu juga dengan musik yang rancak akan membantu kita mengerjakan suatu hal dengan bersemangat. 

15. Peregangan Otot

Setelah jenuh beraktivitas, kita perlu melakukan peregangan otot agar aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Kita bisa melakukan peregangan sederhana dulu, seperti tangan dan kaki, lalu dilanjutkan dengan pinggul dan yang lainnya. 

Aliran darah yang lancar dalam tubuh dan terutama ke otak akan membantu daya konsentrasi.

16. Menjauhi Medsos Beberapa Saat

Meskipun media sosial (medsos) punya dampak positif, namun sarana baru ini juga bisa mebuat pikiran kita kurang tenteram. Keadaan itu akan membuat kacau fokus dan konsentrasi kita terhadap aktivitas atau pekerjaan rutin.

Jadi istirahat sejenak dari medsos akan membuat kita lebih baik secara rohani.

17. Liburan

Dengan liburan, Anda bisa mengistirahatkan jiwa raga dan mengunjungi tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Setelah pulang berlibur, daya fokus dan konsentrasi kita pulih seperti semula.

18. Pikiran positif

Pikiran positif merupakan kemampuan berpikir seseorang untuk fokus pada sisi positif dari dirinya, orang lain, dan keadaan yang sedang dihadapi. Pikiran tersebut akan membuat kita terarah dan menjadi fokus pada target yang hendak dicapai. Sebaliknya, pikiran negatif akan merusak aktivitas sehari-hari.

Itulah 18 cara agar Kalian bisa lebih fokus dan bisa berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas, sehingga bisa mendapat hasil kerja menjadi maksimal. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form