Raksasa Saingan Gojek dan Grab, Driver: Dapat Gaji Tetap

Taksi Online AirAsia

Persaingan perusahaan transportasi berbasis aplikasi akan semakin tajam, dengan munculnya raksasa baru. Driver taksol (taksi online) antusias dapat gaji tetap.

Selama ini, dua nama perusahaan taksol yang masih bertengger di urutan teratas masih Gojek dan Grab. Kemudian disusul Maxim, Anterin, Indriver, dan masih banyak lagi.

Dalam waktu dekat, dominasi taksol akan berubah dengan munculnya perusahaan raksasa sekelas AirAsia. Perusahaan yang biasa melayani transportasi udara itu memilih Bali sebagai lokasi pertama di Tanah Air.

Seperti biasa, pemain baru selalu memberikan tawaran menarik bagi para mitra untuk bergabung. Tidak main-main, AirAsia menjanjikan akan mengangkat mitra driver atau pengemudi menjadi karyawan dengan gaji yang sudah pasti setiap bulannya.

Program taksol pegawai tetap itu juga akan berlaku untuk AirAsia di Malaysia pada 1 Oktober 2022. Hal itu disampaikan oleh Regional CEO Airasia Ride Lim Chiew Shan. 

"Ya, pengemudi Indonesia akan mendapatkan skema kerja yang sama," ucapnya saat konferensi pers secara virtual, pertengahan September ini.

Lim menambahkan, meski program di Malaysia menjadi model standar, tapi taksol AirAsia selalu patuh pada peraturan yang berlaku di masing-masing daerah operasi.

Sedangkan program di Bali akan mulai berlaku sekitar November. AirAsia akan memperkenalkan layanan taksol dan mobil pribadi berbasis aplikasi di Pulau yang terkenal sebagai daerah wisata internasional itu.

Lim juga menerangkan, jika telah direkrut bergabung dengan program pegawai AirAsia, driver punya kesempatan memperoleh hingga RM 3.500 (sekitar Rp 11,5 juta) setiap bulannya. Mereka juga akan mendapat penggantian bahan bakar serta jika mendapat skema insentif driver tambahan maka total bisa meraih RM 8.000 (Rp 26,4 juta).

Tambahan yang bisa diperoleh mitra AirAsia adalah asuransi kesehatan untuk pasangan dan anak, cuti tahunan, dan potongan harga jika terbang menggunakan AirAsia. Mitra juga mendapat prioritas order untuk penjemputan dan pengantaran bandara.

Gaji Tetap

Kabar munculnya pesaing baru taksol itu mendapat tanggapan beragam dari driver. Andri (37 tahun) yang biasa menunggu orderan di Semarang, Jawa Tengah antusias dengan iming-iming gaji tetap itu.

"Perusahaan aplikasi baru biasanya banyak memberi janji-janji yang menggiurkan. Semoga saja janji dari AirAsia itu bisa jadi nyata. Kalaupun tidak bisa memenuhi semua, saya cuma berharap gaji tetap setiap bulannya," ujarnya pada Benhil, Minggu, 25 September 2022.

Andri menyatakan, dengan gaji tetap, dia tidak perlu pusing menunggu orderan saat sepi.

"Sudah ada pendapatan pasti untuk keluarga setiap bulannya, jadi saya akan mendaftar jadi mitra AirAsia juga," katanya.

Lain halnya dengan Minto (50 tahun) yang menanggapi dengan skeptis kehadiran pemain baru taksol itu.

"Keliatannya orderan bakal semakin sepi karena ada saingan baru. Apalagi ini perusahaan besar," ujar mantan security pabrik itu.

Namun, Minto belum punya rencana untuk bekerja di bidang lain. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form