7 Manfaat Luar Biasa Daun Jambu Biji

 

Daun jambu biji

Anda memiliki masalah dengan bau mulut? Ternyata dengan rutin kumur air daun jambu biji bisa menghilangkan bau mulut dan memberikan napas yang segar.

Jambu biji merupakan buah segar yang banyak terdapat di sebagian besar negara Asia, termasuk di Indonesia. Rasanya manis dan warna buahnya merah muda.

Buah ini mengandung jumlah vitamin C yang tinggi sehingga dapat memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh. Namun tidak banyak orang yang sadar bahwa ternyata daun jambu biji baik untuk menghindari bau mulut. Karena kebanyakan orang tahu bahwa daunnya hanya baik untuk diare, tidak untuk manfaat lainnya. 

Oleh karena itu, jika Anda penasaran dengan temuan ini dan ingin tahu lebih jauh, yuk simak di bawah ini daftar manfaat daun jambu biji untuk bau mulut dan cara membuatnya.

Baca juga: Ini Penjelasan Kenapa Ular Jadi Simbol Medis dan Pengobatan

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Bau Mulut dikutip dari Dr Health Benefits:

1. Mulut Segar

Manfaat utama daun jambu biji untuk nafas adalah dengan menghasilkan kondisi mulut yang segar. Oleh karena itu, sangat cocok untuk menjaga agar nafas tetap harum sepanjang hari. Manfaat yang sama dari permata Zanzibar yang bekerja efektif untuk menjaga nafas yang baik juga setiap hari.

2. Vitamin C Tinggi

Jambu biji dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Ternyata tidak hanya terkandung di dalam buahnya saja, tetapi daunnya juga kaya akan vitamin C. Kandungan ini akan membantu mengatur tubuh agar tetap sehat, termasuk kesehatan area mulut. 

Khasiat daun jambu biji yang sama bagusnya untuk sariawan perlu anda ketahui yang mampu bekerja efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan juga nafas.

3. Menghilangkan Kuman

Kandungan vitamin C di dalam daun jambu biji akan membantu untuk mengelola menghilangkan kuman. Ini dapat membantu untuk menghindari infeksi bakteri lebih lanjut di dalam mulut dan membawa kondisi mulut yang sehat. Terutama di sekitar gigi dan lidah agar terbebas dari bakteri yang tidak diinginkan yang kebanyakan menyebabkan bau mulut.

4. Hindari Sakit Tenggorokan

Manfaat lain daun jambu biji untuk bau mulut dan cara membuatnya adalah membantu menghindari kemungkinan sakit tenggorokan. Infeksi atau peradangan tenggorokan dapat menyebabkan banyak kuman dan bakteri di sekitarnya. Dimana akan berakhir dengan bau mulut. 

Manfaat ini sebenarnya sama dengan manfaat daun oregano batuk yang bisa mengatasi sakit tenggorokan juga.

Baca juga: Tinta Hitam Cumi, Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kanker

5. Mengurangi Peradangan

Tidak hanya dapat menghindari sakit tenggorokan, ekstrak daun jambu biji juga baik untuk mengurangi gejala peradangan di sekitar area mulut. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan tenggorokan atau gusi dan membantu mengatasi rasa sakit juga. Oleh karena itu, dapat menenangkan gejala peradangan dan secara efektif menyebabkan pemulihan yang cepat dari gejala ini.

6. Anti Oksidan

Jambu biji kaya dengan kandungan anti oksidan. Ini adalah hal yang baik bahwa daun jambu biji juga mengandung jumlah anti oksidan yang tinggi. Banyak orang mungkin bertanya-tanya tentang hubungan antara manfaat ini dan kondisi mulut yang segar.

Ternyata, anti oksidan membantu mengatur nafas dan menghindari kemungkinan mengalami bau mulut. Manfaat kesehatan yang sama dari buah pahit hutan yang juga kaya akan kandungan anti oksidan. Sehingga salah satu manfaatnya termasuk menciptakan nafas segar yang bebas dari bau tak sedap.

7. Hindari Sakit Gigi

Manfaat daun jambu biji untuk sakit gigi juga efektif untuk mengurangi dan meredakan gejalanya. Hal ini biasanya terjadi karena kuman gigi. Ini akan bekerja untuk menghilangkan kuman ini dan mengelola untuk menghindari sakit gigi yang dapat menyebabkan bau mulut.

Cara Mengekstrak Daun Jambu Biji Buatan Sendiri

Jika ingin mendapatkan manfaat nafas segar, disarankan untuk membuat sendiri ekstrak daun jambu biji sendiri. Hal ini tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Sediakan beberapa lembar daun jambu biji yang mudah ditemukan di taman atau lingkungan Anda. Pastikan untuk memilih daun yang bagus dan segar. Setelah itu, ikuti petunjuk di bawah ini dengan cermat.

Panaskan air dalam panci dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Masukkan daun jambu biji ke dalam air mendidih dan biarkan masak selama beberapa menit sampai warna daunnya sedikit berubah. Matikan api lalu rebus air mendidih.

Taruh di stoples dan tambahkan beberapa limun atau jahe untuk rasa tambahan. Tunggu hingga dingin dan sajikan selagi hangat. Bisa juga langsung digunakan untuk berkumur atau sebagai obat kumur alami.

Itulah tadi daftar manfaat daun jambu biji untuk bau mulut dan cara membuatnya. Dapat dilihat bahwa membuat ekstrak buatan sendiri dari daun jambu biji tidaklah sulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengaplikasikannya dan kemudian merasakan manfaat yang optimal darinya.

Saat Anda berpuasa dan merasa tidak percaya diri dengan nafas mulut Anda, maka pastikan untuk mengonsumsi ekstraknya sebelum berpuasa. Ini akan membantu Anda menjaga nafas tetap segar dan tidak bau di siang hari. 

Selamat mencobanya! [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form