Dapat Bagian Rp 310 M, Driver Gojek Main Saham


PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) memberi bagian Rp 310 miliar untuk para mitra driver Gojek pada ekosistem GoTo yang berupa Saham Gotong Royong. Mitra yang kebagian membuka akun sekuritas.

 

Para driver Gojek yang sebelumnya buta sama sekali tentang saham sedikit demi sedikit mulai mempelajari dan mengerti. Kurnia (41 tahun) mulai mencari tahu dari internet tentang seluk beluk saham dan sekuritas yang dipilih oleh Gojek.

 

“Saat ini sambil menunggu order, saya baca tentang saham dan apa keuntungannya, serta kenapa kita perlu membuat akun sekuritas,” kata mitra yang biasa mencari order di Semarang itu pada Benhil pada Sabtu, 23 April 2022.

 

Gojek sendiri memberi pilihan 3 sekuritas yang bisa diakses oleh mitra.

 

“Justru itu, kita bisa tahu sedikit demi sedikit tentang perusahaan sekuritas karena kita sudah dikasih asset sama Gojek,” kata Kurnia.

 

Meski cuma mendapat seribu lembar saham, mitra itu sangat bersyukur.

 

“Nanti kalau ada rejeki, beli seribu lembar lagi. Mumpung harganya masih murah, sekitar 300 an rupiah,” ucap Kurnia mencoba memamerkan pengetahuannya tentang harga saham.

 

Kabar pembagian saham tersebut membuat para driver semakin semangat dalam bekerja. Hal itu diungkapkan oleh Tejo (50 tahun) yang meski mitra sambilan, tetap disiplin membuka aplikasi mitra Gojek-nya.

 

“Ramai atau sepi, jam 16.30 saya mulai hidupkan aplikasi driver Gojek. Kalau Gojek maju, pelanggan senang, saham kita akan naik,” kata driver Gojek Jakarta itu.

 

Seperti pendapat hampir semua driver, Tejo sangat antusias dengan masa depan saham Gotong Royong.

  

“Gojek itu kan perusahaan besar nasional, dan bahkan sudah merambah ke luar negeri. Semoga sahamnya juga ikut naik terus,” ucap mitra yang kebagian 4000 lembar saham itu.

 

Kita ditanya, apakah berniat menjualnya apabila saham tersebut sudah resmi menjadi milik mitra pada November 2022, baik Kurnia dan Tejo menjawab cepat, Tidak!

 

“Sudah bersyukur dikasih [saham dari Gojek], kok malah dijual,” kata Kurnia sambil terkekeh.

 

Manfaat untuk Driver Gojek

Pembagian saham itu merupakan komitmen perusahaan tranportasi berbasis aplikasi itu untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh driver Gojek Indonesia yang loyal dan memenuhi syarat.

 

CEO Grup GoTo, Andre Soelistyo mengatakan, program pembagian saham itu adalah impian pihaknya sejak awal agar mitra driver turut merasakan manfaat ketika GoTo melakukan IPO.

 

"GoTo ingin memberikan apresiasi kepada para mitra pengemudi yang telah turut bekerja sama membangun ekosistem GoTo dari awal dan telah setia bersama kami di pasang surut perjalanan perusahaan," ucapnya pada pernyataan secara tertulis, Selasa 5 April 2022.

 

Penerima Program Saham Gotong Royong adalah mitra driver GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, dan GoBox.

 

"Yang membanggakan, hampir seluruh mitra pengemudi aktif di Indonesia akan berkesempatan untuk mengikuti program ini," ucap Andre.

 

Dia menerangkan, mitra driver yang bergabung sejak 2010 hingga 2016, mendapat 4.000 lembar saham seri A GoTo. Mitra yang bergabung sejak 2017 hingga Februari 2022, mendapat 1.000 lembar seri A.

 

Saham itu akan diterima mitra driver setelah berakhirnya delapan bulan periode lock-up. Pihak OJK sendiri telah menyatakan GoTo efektif pada 30 Maret 2022. [Benhil]

 

 

 

 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form