8 Manfaat Kesehatan Minum Jus Sambiloto

Daun Sambiloto


Minum jus daun sambiloto mungkin terdengar tidak menyenangkan, namun ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan bagi kita.

Untuk mengurangi kepahitan jus, Anda cukup mencampurkannya dengan beberapa sayuran lain, seperti bayam atau labu serut.

Jika masih terlalu pahit, Anda juga bisa menambahkan beberapa jus buah manis, seperti nanas, apel, atau bahkan jeruk.

Berikut delapan manfaat kesehatan dari minum jus daun sambiloto dilansir dari Dr Health Benefits.

• Menyembuhkan Insomnia

Manfaat kesehatan pertama dari minum jus daun sambiloto adalah menyembuhkan insomnia. Jus daun pahit membantu menyembuhkan orang yang menderita insomnia.

Cobalah minum dua gelas jus daun sambiloto setiap malam dan tubuh Anda mungkin akan tenang. 

Saat tubuh tenang, Anda akan bisa tidur dengan nyenyak. Coba baca manfaat serai ini untuk obat insomnia . Jika terlalu pahit, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

• Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Daun sambiloto kaya akan berbagai sifat anti kanker, seperti senyawa andrographolide. Senyawa ini telah ditemukan efektif untuk mengobati kanker prostat, kanker lambung dan usus besar.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Saat Berhenti Merokok

Selain itu, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun sambiloto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah perkembangan sel kanker.

Jika Anda perlu mencegah diri Anda terkena kanker, Anda bisa memeriksa manfaat tempe untuk kanker ini .

• Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rasa pahit pada daun sambiloto mungkin membuatnya tidak menggugah selera. Namun, itu juga salah satu manfaat yang bisa Anda peroleh. Rasa pahit dalam jus daun sambiloto dapat membantu menurunkan kadar gula dan mengontrol tekanan darah.

Tak heran, karena fakta ini, banyak dokter menyarankan pasien hipertensi dan diabetes untuk mengkonsumsi daun sambiloto. Ini kaya akan potasium yang memainkan peran penting dalam mencegah natrium melonjak dalam aliran darah.

• Apakah Anda menderita hipertensi? Kemudian, Anda harus mempertimbangkan makan bawang putih mentah. Selain menurunkan tekanan darah tinggi, Anda juga bisa menikmati manfaat kesehatan lainnya dari makan bawang putih mentah .

• Program Penurunan Berat Badan

Jus daun pahit memiliki beberapa komponen yang membuatnya bagus sebagai terapi untuk membakar lemak ekstra yang Anda miliki. Anda bisa menghilangkan lemak ekstra itu hanya dengan meminum jus daun sambiloto. 

Baca juga: Apakah Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Payudara?

Cobalah untuk memiliki dosis harian jus daun sambiloto dalam diet Anda, dan Anda akan dapat mengurangi kelebihan kalori dalam tubuh Anda serta menghilangkan kolesterol jahat. 

• Meningkatkan Kesuburan

Siapa tahu minum jus daun sambiloto bisa membantu meningkatkan kesuburan? Itu benar! Daun sambiloto sangat baik untuk bermanfaat bagi sistem reproduksi wanita. Minum jus daun sambiloto dipercaya dapat membantu wanita hamil. 

Bagaimana hal itu terjadi? Itu karena senyawa kimia dalam ekstrak daun sambiloto meningkatkan keseimbangan hormonal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

• Mengencangkan Hati dan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Jika ginjal rusak, itu akan mempengaruhi seluruh tubuh. Daun pahit melakukan pekerjaan yang baik dalam merawat ginjal dan hati. Tak heran, banyak orang menyebut daun sambiloto sebagai obat penyembuh segalanya.

• Menyembuhkan Sakit Perut

Minum jus daun sambiloto juga dikenal sebagai salah satu obat sakit perut yang terkenal. Itu karena membawa bantuan segera dan membantu gangguan pencernaan. 

Jika Anda sakit perut, maka Anda juga harus mempertimbangkan untuk minum teh. Anda dapat membaca manfaat kesehatan dari teh Tie Guan Yin Cina ini .

• Menyembuhkan Kanker Prostat

Kanker bisa disembuhkan dengan minum jus daun sambiloto juga. Ini dikenal sebagai cara yang baik untuk menyembuhkan kanker prostat.

Kanker prostat, yang umum terjadi pada pria berusia 40 tahun ke atas, memiliki beberapa gejala seperti sulit buang air kecil dan nyeri.

Jus daun pahit dapat meningkatkan aliran urin dan mengurangi rasa sakit dan mengatur penyebaran sel juga.

Berbicara tentang kanker, tahukah Anda bahwa tempe juga mampu menyembuhkan kanker? Baca lebih lanjut tentang manfaat tempe untuk kanker .

Jus daun sambiloto memang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, namun ada beberapa hal yang tetap perlu Anda perhatikan, seperti efek samping dari mengonsumsinya secara berlebihan.

Mungkin ada beberapa orang yang memiliki reaksi alergi terhadap spesies tanaman tertentu. 

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jus daun sambiloto. [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form