MacBook Pro dan MacBook Air Terbaru 2022

MacBook Pro

MacBook adalah seri laptop atau komputer portabel yang menjadi produk Apple Inc. Perusahaan ini memperkenalkannya pertama kali  pada tahun 2006 sebagai transisi penggunaan prosesor PowerPC ke Intel. Atau menggantikan seri iBook G4 dan PowerBook 12 inci. Dan laptop MacBook Pro menjadi generasi terbaru seri komputer portabel keluaran Apple, perusahaan IT yang didirikan oleh Steve Jobs, dan Steve Wozniak serta Ronald Wayne.

Bukan hanya para pelajar, mahasiswa, dan institusi pendidikan lainnya yang menggunakannya, banyak juga yang menggunakan MacBook untuk keperluan office dan internet. Ada 3 model MacBook berdasarkan bahannya. Yaitu berbahan kombinasi kaca serat dan polikarbonat, berbahan kerangka alumunium unibodi, dan polikarbonat unibodi.

Kalau banyak orang mengatakan bahwa iPhone 13 adalah gadget andalan yang Apple keluarkan pada tahun 2021, begitu juga dengan produk komputer jinjing besutannya ini. Karena Apple juga mengeluarkan laptop dengan spesifikasi terbaik di tahun yang sama. Yaitu laptop MacBook Pro 14 inci dan 16 inci.

Masih ingin mengulang kesuksesan tahun lalu. Pada tahun ini Apple juga akan mengeluarkan laptop terbaru. Yaitu Macbook Pro 13 inch 2022 dan Macbook Air 2022.

Lalu penambahan apa yang Apple lakukan untuk memenuhi harapan penggemar setianya dengan kehadiran laptop milenial ini? Memang Apple memberikan teknologi terbaru pada laptop ini. Keunggulan yang belum ada pada brand kompetitor. Seperti penggunaan chipset terbaru M2 dengan asupan daya yang lebih rendah.

Selain itu, apa saja spesifikasi lain yang  Laptop MacBook Pro 13 inci 2022 dan MacBook Air 2022 ini miliki? Kami akan membahasnya lengkap pada artikel ini.

Spesifikasi MacBook Pro 2022

Bagi Anda yang tertarik membeli laptop ini, tak perlu jauh-jauh untuk membeli langsung ke produsennya. Karena ternyata laptop ini akan hadir di Indonesia. Namun sebelum memutuskan untuk memilikinya, tidak ada salahnya mengetahui spesifikasi apa yang menarik pada laptop ini.

1. Desain Layar

Perbedaan pertama yang bisa Anda lihat pada laptop MacBook M2 pro versi ini ketimbang generasi sebelumnya adalah bentuk layarnya. Layar MacBook Pro M2 2022 ini tidak seperti iPhone yang memiliki poni pada bagian depan. Dengan lebar layar sebesar 13,3 inci diagonal berteknologi retina.

Menggunakan jenis layar liquid retina display 13 inci dengan tingkat brightness hingga 500 nits. Dengan lampu latar LED dan teknologi IPS; menggunakan resolusi 2.560 X 1.600 pada 227 piksel per inci dengan dukungan untuk jutaan warna.

2. Sistim Pendingin Aktif

Perbedaan lain yang bisa ada pada laptop ini adalah sistim pendingin aktif yang akan membantu meningkatkan performa laptop. Dengan cara membantu mendinginkan laptop saat bekerja dalam waktu yang cukup lama. Dengan dukungan WiFi 6 dan touchbar dapat menunjang produktivitas kerja Anda.

3. Pilihan Chipset

Fitur lain yang akan membuat Anda tergiur adalah pilihan chipsetnya. Karena diklaim mampu meningkatkan kecepatan hingga 40%. Terutama jika penggunaannya untuk melakukan proses rendering video 4K.

Chipset telah melalui proses fabrikasi 5nm gen 2. Menggunakan CPU 8-core dengan 4 performance core serta 4 efficiency cores. Untuk menyempurnakan performanya, 10-core GPU juga terpasang pada chipset laptop MacBook pro M2 2022 ini.

Secara performa memang masih kalah dengan Intel Core i9 generasi ke 12. Namun chipset M2 ini membutuhkan daya 88% lebih sedikit ketimbang processor terbaru dan terbaik andalan Intel tersebut. Sehingga penggunaan energi dari baterai menjadi lebih hemat yang membuat waktu kerja mobile Anda bisa lebih lama.

4. Baterai yang Lebih Tahan Lama

Bagi Anda yang hobi nonton film atau memutar video dalam jangka waktu yang lama, tidak salah jika memilih laptop keluaran Apple ini. Karena laptop ini memiliki baterai bawaan yang cukup tahan lama.

Daya baterai mampu bertahan hingga 17 jam untuk browsing nonstop. Dan mampu bertahan hingga 20 jam untuk streaming film menggunakan aplikasi Apple TV. Kemampuan ini akan sangat membantu para pekerja konten kreator yang setiap hari harus memutar ataupun mengedit video dalam waktu yang lama.

5. Harga

Bagi Anda yang selama ini ingin sekali memiliki laptop MacBook namun urung membeli karena harganya yang sangat mahal, sekarang tidak lagi. Karena harga yang akan keluar tidak segarang generasi sebelumnya.

Sayangnya, laptop ini sekarang belum hadir di Indonesia, bersabarlah secepatnya akan ada di mal sentra penjualan gadget dan IT di Jakarta seperti Mal Ambassador, ITC Kuningan, begitu juga dengan di kota-kota lainnya, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali atau Medan. 

Jika saat ini Anda ingin memilikinya bisa langsung membeli di Amerika dengan kisaran harga sebesar Rp21.999.000 untuk MacBook Pro M2 256GB dan Rp25.999.000 untuk MacBook Pro M2 512GB.

Spesifikasi Laptop MacBook Air 2022

Sama seperti laptop MacBook pro 13 inci 2022, MacBook air 2022 juga memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati. Diantaranya :

1. Desain Layar

Masih sama dengan MacBook pro 13 inci, MacBook Air 2022 juga menggunakan jenis layar liquid retina display 13 inci. Dengan tingkat brightness hingga 500 nits. Menggunakan resolusi 2.560 X 1.600. Dan tambahan dukungan wide colour dan true tone.

Hanya saja, ada perbedaan ketebalan ketimbang MacBook pro 13 inci. Laptop MacBook air 2022 memiliki ketebalan yang lebih tipis. Sehingga hanya memiliki ketebalan 11,3 mm saja. Bobotnya juga sangat ringan. Sekitar 1,4 kg saja. Sehingga mampu mendukung segala aktifitas mobile Anda.

Lalu bagaimana dengan kamera yang terpasang? Bukan kaleng-kaleng. Karena kamera yang terpasang pada laptop ini mencapai 1080P. Lebih tinggi daripada teman segenerasinya, MacBook Pro 13 M2.

2. Sistim Pendingin

Tidak seperti saudara segmentasinya yang memiliki sistim pendingin yang lebih baik, MacBook air 2022 ini tidak memiliki sistim pendingin. Laptop ini menggunakan sistim pendinginan secara natural. Sehingga tidak cocok bagi Anda yang harus bekerja dengan jangka waktu yang cukup lama di lokasi yang kurang sejuk.

3. Pilihan Chipset

Sama seperti MacBook pro 13 inci, chipset yang digunakan memiliki 8-core dengan 4 performance cores dan 4 efficiency cores. Bedanya, pada MacBook Air 2022 ini Apple menyematkan GPU hanya sebesar 8-core saja. Sedikit lebih rendah daripada saudara segenerasinya.

4. Baterai

Lalu bagaimana dengan ketahanan baterainya? Tak ada perbedaan dengan baterai bawaan MacBook pro 13 inci. Sama-sama mampu bertahan hingga 17 jam untuk browsing nonstop. Dan mampu bertahan hingga 20 jam untuk streaming film menggunakan aplikasi Apple TV.

5. Harga

Sama seperti MacBook pro 13 inci yang belum ada di Indonesia, MacBook air 2022 juga belum ada di Indonesia. Jika Anda benar-benar tertarik dan ingin membelinya, bisa langsung memesan dari Amerika dengan kisaran harganya bisa sampai 30 jutaan.

Kesimpulan

Itulah spesifikasi dan harga dari laptop MacBook pro 13 inci dan MacBook air 2022 yang akan hadir di Indonesia. Meski sama-sama menggunakan chipset M2, namun tidak cocok menggunakan keduanya untuk memainkan game high end. Karena kartu grafis yang terintegrasi pada chipset secara performa masih kalah jauh dari Nvidia GeForce RTX 3080 Ti yang menjadi raja kartu grafis tahun 2022 ini.

Jadi pengguna hanya bisa menggunakan kedua produk MacBook ini untuk kerja ringan. Seperti bisnis, akademis, dan lainnya.

Terutama untuk MacBook Pro M2, jika menggunakan CPU dan GPU secara bersamaan, akan meningkatkan suhu chipset hingga 98°C. Meski sistim pendingin yang ada menggunakan kipas yang bisa berputar hingga maksimal 7200 rpm. Namun tetap tidak bisa menurunkan suhu chipset.

Maka laptop ini bukanlah pilihan bagi para animator ataupun desainer grafis yang biasa bekerja multitasking. Dengan banyak website dan aplikasi desain grafis yang terbuka secara bersamaan.

Meski begitu, bagi Anda yang bukan desainer grafis. Butuh laptop hanya untuk menunjang kerja Anda yang terus mobile. MacBook terbaru ini sangat cocok untuk Anda. Meski memang belum dipasarkan di negara ini, namun ada saja penggemar laptop dan gadget yang telah memesannya langsung dari Amerika. [Benhil Online]

Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Previous Post Next Post

Contact Form