7 Manfaat Kesehatan Kunyit untuk Kulit

 

Kunyit

Kunyit, kulit kuning cerah yang digunakan di seluruh Asia untuk waktu yang cukup lama, baru-baru ini dipahami oleh Barat, tidak hanya karena kemampuannya untuk memenuhi keinginan kita akan kari, tetapi juga karena daftar manfaat medisnya yang luar biasa.

Diambil dari akarnya, kunyit memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam masakan, pewarna tekstur, rias wajah, dan pengobatan tradisional di Cina an India. 

Kandungannya yang kuat, kurkumin, memberi kunyit warna cerahnya, namun juga memiliki kumpulan khasiat menakjubkan yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Tidak hanya akan memiliki berbagai manfaat medis jika dimasukkan dalam rutinitas makan Anda, tetapi juga dapat memiliki manfaat untuk kulit Anda jika digabungkan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. 

Baca juga: Ini Rutinitas Pagi yang Bisa Bikin Wajahmu Glowing

Pada artikel ini, kita akan membahas manfaat kunyit untuk kesehatan kulit yang dikutip dari Dr Health Benefits.

1. Memberikan Kulit Bercahaya Alami 

Kunyit mengandung agen pencegah kanker dan komponen anti-inflamasi. Atribut ini dapat memberikan kilau dan cahaya pada kulit. 

Kunyit juga dapat memulihkan kulit Anda dengan mengeluarkan cahaya alaminya. Anda mungkin perlu mencoba masker wajah kunyit di rumah untuk memeriksa apakah kulit memiliki hasil yang bermanfaat pada kulit Anda. 

Anda dapat mencampur yogurt Yunani, nektar, dan kunyit dalam jumlah terbatas dan mengoleskannya ke wajah Anda. Biarkan masker selama 15 menit dan setelah itu bilas dengan air. 

Berbicara tentang kulit bercahaya, Anda mungkin menemukan manfaat minyak argan Maroko di wajah bermanfaat.

2. Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat 

Anda mungkin perlu mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka berikutnya. Kualitas anti-inflamasi dapat fokus pada pori-pori Anda dan menenangkan kulit. 

Kunyit juga dikenal untuk mengurangi jaringan parut. Campuran kegunaan ini dapat memungkinkan wajah Anda untuk membersihkan dari jerawat peradangan kulit. 

Atau, Anda bisa menuai manfaat krim Ganpati untuk mengobati jerawat Anda.

3. Menyembuhkan Luka di Kulit Anda 

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan oksidasi. Ini juga menurunkan reaksi tubuh Anda terhadap luka kulit. 

Hasil ini pada luka Anda sembuh lebih cepat. Studi telah menemukan bahwa kunyit dapat mempengaruhi jaringan dan kolagen secara positif juga. 

Jurnal Life Sciences menyarankan untuk menerapkan kurkumin sebagai formula yang ditingkatkan untuk mengatasi luka kulit dengan cara terbaik. 

4. Mencerahkan Kulit 

Secangkir kopi tiga kali lipat dapat melakukan beberapa hal luar biasa untuk otak Anda, namun, lebih sedikit untuk bayangan di bawah mata. Setelah urusan magrib sampai subuh berikutnya, coba gunakan kunyit. 

Sebuah laporan yang sedang berlangsung menemukan bahwa minyak esensial kunyit dalam formulasi krim dapat mencerahkan kulit dalam waktu tiga minggu dengan hasil yang tetap sama selama.

Baca juga: Serum Herbal Antiaging Rolly Herbs Temuan Mahasiswa Brawijaya

Keuntungan berkilau ini kemungkinan merupakan efek samping dari agen pencegahan kanker yang luar biasa dan senyawa anti-inflamasi yang bekerja sama untuk memperbaiki dan mengeluarkan kesehatan alami kulit. 

Anda mungkin ingin membaca manfaat kesehatan dari sabun arang untuk mencerahkan kulit .

5. Menenangkan Psoriasis 

Psoriasis adalah infeksi sistem kekebalan di mana peradangan menyebabkan sel-sel kulit berkembang satu sama lain, membuat tambalan berlapis yang cenderung membelah dan mati.

Curcumin, senyawa dinamis penting yang ditemukan dalam kunyit, mengandung bahan kimia penenang yang dapat melawan pembentukan sel dan mengurangi bercak-bercak kulit yang canggung ini. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin topikal dan oral dapat meningkatkan indikasi psoriasis plak dalam sembilan hingga dua belas minggu.

6. Melawan Kerusakan Akibat Sinar Matahari dan Tanda-tanda Penuaan 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sinar UV adalah musuh paling berbahaya bagi kulit Anda — mereka menyebabkan luka bakar akibat sinar matahari, garis-garis halus, kanker kulit, hiperpigmentasi, dan kerutan. Namun, kunyit dapat membantu Anda melakukan perjalanan kembali ke masa lalu. 

Sebuah laporan yang sedang berlangsung menemukan bahwa senyawa penguat sel kunyit pada dasarnya meningkatkan kerusakan akibat sinar matahari pada kulit tikus, sebuah tanda awal yang potensial untuk kemungkinan memperlambat dampak penuaan pada manusia.

Penguatan sel mencegah radikal bebas seperti kontaminasi dan sinar UV dari mempengaruhi elastisitas kulit Anda — kualitas yang membuat kulit Anda terasa halus dan fleksibel. 

Secara khusus, kunyit menghambat senyawa elastase, yang menyerang kemampuan kulit Anda untuk membuat elastin – zat yang memberikan struktur kulit Anda.

Jika elastase dibiarkan, tubuh Anda tidak dapat membuat protein yang dibutuhkan untuk menjaga kulit Anda tetap lentur, yang menyebabkan kerutan. 

7. Mengobati Skabies 

Memang, bahkan serangga bukanlah tandingan kunyit. Kudis adalah penyimpangan dari parasit Sarcoptes scabiei yang masuk ke bawah kulit Anda dan – jika tidak diobati – dapat bertelur. 

Hasilnya adalah gangguan seperti ruam yang mengganggu pada kulit Anda. Kudis biasanya diobati dengan krim obat dan salep hidrokortison, namun laporan terbaru dari India menunjukkan bahwa campuran kunyit dan mimba (ekstrak dari pohon lokal India) 97% efektif dalam menghilangkan kudis.

Nah, itulah 7 manfaat kunyit untuk kesehatan kulit. Saat Anda melakukannya, pastikan Anda memeriksa manfaat air kunyit untuk batuk dan manfaat kunyit untuk diare. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form