Kuliner Jakarta Makanan Enak Siap Santap

Kuliner Jakarta
 

Jakarta tidak hanya tentang gedung tinggi dan kota metropolitan saja. Bahkan lebih dari itu. Di kota paling padat se-Indonesia ini banyak ragam kuliner Jakarta, makanan enak yang layak Anda santap saat acara makan siang. Mulai dari kuliner asli dari suku Betawi hingga ragam kuliner dari negara lainnya.

Mulai dari street food hingga restoran mewah hotel bintang 5. Semua tersaji lengkap di berbagai sudut kota Jakarta. Seperti tak mau hilang ditelan zaman. Tentu saja kuliner khas Jakarta selalu hadir dan terjaga eksistensinya ditengah gempuran ragam kuliner dari daerah dan negara lain.

Dari beberapa ragam makanan yang diulas, dapat Anda temukan di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, yang juga telah kami tulis pada posting sebelumnya khusus tempat makan di Benhil, Pejompongan.
 

Ragam Kuliner Jakarta

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Jakarta dan ingin merasakan gurihnya berbagai menu khas Betawi, berikut beberapa ragam kuliner makanan enak di Jakarta yang patut Anda coba, cukup mudah menemukan ragam makanan tradisional ini di berbagai sudut pemukiman di Ibu Kota, tempat makan terdekat dengan lokasi Anda.
 

1. Semur Jengkol

Pedas, manis, dan gurih. Inilah cita rasa pertama yang akan Anda rasakan saat menyantap salah satu kuliner asli Jakarta ini. Semur jengkol sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Dibuat dari jengkol kualitas terbaik dengan bumbu rempah serta campuran kecap manis dan santan untuk menambah cita rasanya.

Semur jengkol banyak tersedia di berbagai sudut kota Jakarta. Mulai dari warung kecil pinggir jalan hingga resto ternama yang menyuguhkan menu semur jengkol. Meski tradisional sekali, namun kalangan menengah ke atas hingga para pejabat negeri ini banyak yang menyukai semur jengkol (Archidendron pauciflorum).
 

2. Soto Betawi

Dari namanya saja, siapapun pasti sudah tahu bahwa soto Betawi adalah kuliner khas Jakarta. Memiliki aroma wangi yang khas. Semangkuk soto Betawi hadir dengan kuah santan atau susu yang kental. Lengkap dengan isian daging, jeroan, potongan risols, sayuran dan emping melinjo yang kriuk nikmat.

Biasa menyajikannya dalam keadaan panas dan nasi yang masih mengepul. Sangat layak menjadikannya menu santap siang sambil beristirahat. Sambil menikmati megahnya kota Jakarta.
 

3. Ketoprak

Kalau di Jawa ketoprak adalah sebuah kesenian teater tradisional, berbeda dengan ketoprak yang di Jakarta. Karena yang di Jakarta, ketoprak adalah kuliner dari campuran ketupat, tahu, toge dan bihun yang disiram dengan saus bumbu kacang. Sering menjadi sajian makan siang ataupun makan malam.

Tidak ada yang meragukan kelezatan ketoprak, makanan murah di Jakarta kaya nutrisi. Kuliner dengan cita rasa pedas, manis, dan gurih ini tersedia di banyak tempat. Mulai dari penjual gerobak hingga di resto ternama dengan tambahan topping yang kekinian.
 

4. Laksa Betawi

Tidak harus jauh-jauh pergi ke Singapura jika hanya ingin menikmati semangkuk laksa yang gurih dan pedas. Karena banyak penjual laksa betawi yang tersebar di Jakarta. Dengan cita rasa khas kuliner Indonesia.

Laksa betawi adalah makanan yang terbuat dari mie kuning. Dengan siraman kuah santan kental kekuningan. Karena terbuat dari campuran udang rebon. Paling cocok menikmatinya saat santap siang dengan ketupat, telur, toge, dan taburan bawang goreng serta kucai.
 

5. Sayur Babanci

Jika Anda berharap ada sayuran di dalam semangkuk kuliner sayur babanci, bersiaplah kecewa. Karena meski namanya sayur babanci, kuliner ini tidak ada komponen sayurannya sama sekali.

Kuliner di Jakarta yang satu ini, dibuat dengan kuah kental yang penuh dengan rempah. Sayur babanci hadir dengan rasa yang gurih. Perpaduan dari santan kental, bumbu rempah, parutan kelapa, asam jawa dan sedikit terasi. Paling lezat jika menyajikannya dalam keadaan masih panas dengan kuah mengepul.

Nah, itulah 5 pilihan kuliner Jakarta untuk santap siang Anda. Selain lima jenis kuliner di atas, masih banyak jenis makanan khas Betawi lain yang layak untuk dicoba, seperti gabus pucung yang kaya dengan ragam bumbu.

Namun hanya 5 di ataslah yang paling menjadi rekomendasi jika ingin memilih makanan untuk santap siang di lokasi terdekat dengan Anda. [Benhil Jakarta]



Previous Post Next Post

Contact Form