15 Kuliner Bendungan Hilir Jakarta Patut Kalian Coba

Kuliner Benhil Jakarta

Daftar kuliner Benhil di Jakarta yang menjadi pilihan ketika warga DKI berkunjung ke kawasan ini, termasuk tempat makan dan hang-out para profesional yang bekerja di daerah segitiga emas ibukota yang mengelilingi wilayah tersebut, kawasan terdekat dengan mereka untuk bersantap. 

Kawasan Bendungan Hilir atau yang lebih terkenal disingkat dengan Benhil adalah salah satu kelurahan di kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, di Provinsi DKI Jakarta.

Daerah hunian, kos-kosan, rumah susun, apartemen dan kawasan perkantoran tepat di samping pusat bisnis di Sudirman itu lambat laun menjadi kawasan kuliner yang mengakomodasi para pekerja kerah putih. Benhil Central, menjadi salah satu landmark kota di kawasan ini. Saat bulan Ramadhan, jadi sentra Takjil dan jajanan di Ibu Kota, diserbu warga setiap harinya, selama bulan puasa.

Kini banyak sekali pilihan kuliner Benhil Jakarta dan sebagian menjadi tempat makan legendaris 24 jam karena sudah bertahan puluhan tahun, sepanjang jalan Bendungan Hilir Raya, Pejompongan. Berikut ini, kami sajikan 15 tempat bersantap, bisa jadi pilihan tempat makan terdekat dengan Anda ketika sedang berada di kawan ini.
 

Daftar Kuliner Benhil Jakarta Patut Kalian Cicipi


1. Mie Aceh Seulawah
Mie Aceh Seulawah di Bendungan Hilir memang tiada duanya. Mie ini memiliki cita rasa yang otentik karena dimasak oleh para ahli masak Serambi Mekah. Sajian paling istimewa di tempat ini adalah mie kepiting yang dibandrol Rp. 70.000. Harga itu sepadan dengan sensasi kenikmatannya, kuliner Jakarta seafood.

2. Rumah Makan Surya
Rumah Makan Surya adalah tempat makanan enak di Jakarta yang menyediakan masakan Padang populer dengan konsep restoran sehingga lebih tepat untuk masyarakat menengah ke atas. Cita rasa restoran ini mempertahankan cita rasa masakan Padang atau Minang dan menu andalannya adalah dendeng balado dan rendang Padang pemersatu bangsa itu. Lokasinya dekat dengan pasar Bendungan Hilir Jakarta.

3. Gudeg Pejompongan
Jika Anda senag berada di daerah Bendungan Hilir, dan kangen dengan masakan khas Yogyakarta, maka Gudeg Pejompongan adalah solusinya. Tempat makan ini salah satu yang legendaris karena sudah membuka gerai di sana sejak 1964.

Yang membuat istimewa, gudeg di tempat kuliner dekat Wisma Benhil Jakarta ini, berupa sebuah rumah sederhana ini masih dimasak secara tradisional, yakni dengan menggunakan arang, bukan kompor gas. Dengan begitu, aroma masakannya sedap dan otentik.

4. Goedkoop
Coffee shop dengan bernuansa Belanda bisa menjadi pilihan makanan murah untuk kalian yang ingin menikmati kuliner ringan. Goedkoop menyediakan berbagai jenis kopi asli dan nikmat. Selain itu juga ada makanan ringan nan unik, di antaranya adalah gourmet Indomie.

5. Sambel Setan Bu Mut
Survey membuktikan kalau orang Indonesia paling suka dengan cita rasa pedas. Kita suka aneka jenis sambal. Nah, di Sambel Setan Bu Mut ini Anda bisa menikmati sambal yang pedasnya mantap dan gurih dengan lauk utama aneka masakan ikan.

6. Ayam Penyet Pak Kumis
Ayam Penyet Pak Kumis adalah nama sebuah warung kaki lima di Jalan Bendungan Hilir No. 58E. Tempat kuliner ini menyediakan ayam penyet yang dinikmati dengan sambal tradisional. Meski harga per porsi hanya sekitar Rp 20.000, tapi Anda tetap mendapatkan kenikmatan rasa masakannya.

7. Mie Kocok Bandung

Bagi Anda yang ingin merasakan mie kocok, tidak usah pergi ke Bandung. Di kawasan Bendungan Hilir, juga ada mie kocok Bandung yang rasanya tidak kalah nikmat dengan yang di tempat asalnya. Rasa urat sapi yang menjadi penyedap di masakan ini terasa renyah dan gurih, tak kalah dengan Mih Kocok Mang Dadeng Bandung yang terkenal itu. 

8. Bakmi Balap

Tempat kuliner Jakarta yang namanya membuat penasaran dan bertempat di sebuah ruko ini menyediakan mie ayam, capcai, nasi tim, dan lain-lain. Untuk minumnya, pengunjung bisa memilih es markisa, es cendol duren, dan masih banyak lagi.

9. Mie Keriting Mas Pujo
Mie di tempat makan ini terkenal kenyal dengan bumbu yang khas sehingga membuat pengunjung ketagihan. Harga satu porsi mie keriting Mas Pujo adalah Rp 16.000,-.

10. Soto Mie Sarodja
Soto Mie Sarodja telah meramaikan kuliner di Benhil sejak 1970-an dan masih mempertahankan kualitasnya hingga sekarang. Selain menu soto mie yang kaya akan daging renyah, Anda juga bisa memesan bakso, soto mi bakso, dan sup daging bakso. Tempat makan kuliner Benhil ini selalu ramai, sehingga Anda harus rela makan berdesakan dengan pengunjung lain atau menunggu ada meja yang tersedia.

11. Nanami Ramen
Sebagai masakan khas Jepang, Namani Ramen menjamin halalnya masakan mereka. Di tempat ini juga tersedia masakan Jepang lain, yakni bento dan sushi. Selain itu juha ada steak, piza, dan lain-lain.

12. Rumah Makan Sate Tegal H. Sadjim
Rumah Makan Sate Tegal H. Sadjim juga salah satu kuliner legendaris di Bendungan Hilir. Tempat ini sudah buka sejak tahun 1970an dan selalu ramai pengunjung karena daging kambingnya terkenal empuk dan gurih. Pada setiap gigitan daging akan terasa bumbunya meresap hingga ke dalam.

13. Rumah Makan Bopet Mini
Rumah Makan Bopet Mini yang sudah hadir di Benhil sejak tahun 1982 ini menyediakan berbagai macam masakan khas minang. Mulanya, tempat kuliner ini hanya menjual makanan ringan dari Provinsi Sumatera Barat, yaitu bubur kampiun, ketupat sayur, dan lupis. Namun sejak tahun 2004, tempat ini mulai menjual masakan Padang dengan menu andalan sayur gulai rebung dengan kuah kental gurih.

14. Bakmi Jawa Pejompongan

Di tempat ini, Anda bisa menikmati kuliner masakan bakmi khas Jawa Tengah dan Yogyakarta yang cita rasanya manis gurih. Selain itu, juga ada menu khas lain, seperti nasi gudeg dan wedang ronde.  

15. Gado-Gado Bu A'am

Bagi Anda yang ingin menikmati masakan dengan sambal kacang yang manis, seperti gado-gado atau ketoprak, maka Bu A'am adalah tempat yang pas. Di sini terdapat menu gado-gado, karedok dan ketoprak. Selain itu, juga ada nasi goreng dan ayam goreng.

Kuliner Jakarta di Kawasan Bisnis

Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat perut keroncongan, siang dan malam saat berada di Bendungan Hilir, Pejompongan atau kawasan bisnis Sudirman. Deretan tempat kuliner legendaris Benhil, dan pusat Takjil pada bulan puasa, dekat tempat kost dan terkenal lezat akan bisa memanjakan perut.  [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form