7 Manfaat Kesehatan Saat Berhenti Merokok

Rokok


Bagi Anda seorang perokok, tentunya tidak mudah untuk berhenti merokok. Namun, jika Anda memikirkan manfaat kesehatannya, maka itu semua sepadan. 

Ketika Anda berhenti merokok, Anda akan melihat dampak positifnya dan seiring berjalannya waktu, Anda tidak akan pernah menyesali keputusan Anda untuk berhenti merokok. 

Anda dapat mengurangi risiko terkena sejumlah kondisi kesehatan yang serius, seperti yang diuraikan dalam risiko kesehatan dari merokok .

Berikut adalah 7 manfaat kesehatan dari berhenti merokok yang akan Anda alami dilansir dari Dr Health Benefits.

Mari Kita Bahas Masing-Masing

1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

Merokok benar-benar meningkatkan risiko terkena penyakit jantung karena menyebabkan arteri Anda menyempit. Penyakit jantung atau kardiovaskular sangat serius dan seringkali berakibat fatal karena menyebabkan serangan jantung, stroke, dan bahkan angina.

Tembakau mengandung nikotin dan menghasilkan bahan kimia yang disebut karbon monoksida. Bahan kimia ini mempercepat detak jantung Anda dan sebagai hasilnya, itu meningkatkan tekanan darah Anda. Ketika detak jantung dan tekanan darah Anda meningkat, maka risiko terkena penyakit jantung juga akan meningkat.

Untungnya, ketika Anda berhenti merokok, misalnya, selama setahun, risiko Anda terkena serangan jantung akan berkurang setengahnya. Setelah Anda berhenti merokok, jangan lupa untuk berolahraga dan Anda bisa merasakan manfaat kesehatan dari olahraga kardiovaskular ini .

2. Pulihkan Bau dan Rasa Anda

Tahukah Anda bahwa merokok akan kehilangan indera penciuman dan perasa Anda? Rokok memberikan hasil langsung pada pengecap dan reseptor saraf di hidung. Untungnya, dalam waktu 48 jam setelah berhenti merokok, Anda akan dapat memulihkan bau dan rasa Anda? Seiring berjalannya waktu akan terus ditingkatkan.

Baca juga10 Khasiat Luar Biasa Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam asap rokok, bila dikombinasikan dengan udara, dapat meratakan selera Anda. Selain itu, mereka juga mengurangi vaskularisasi yang meningkatkan respons saraf. Hal yang sama juga terjadi pada hidung yang kemudian mengganggu indera penciuman.

Dengan berhenti merokok, Anda akan dapat merasakan rasa dan aroma secara mendalam.

3. Dapatkan Paru-paru Lebih Sehat

Merokok memiliki dampak buruk bagi tubuh Anda, terutama pada paru-paru Anda. Merokok sigaret menyebabkan 9 dari 10 kanker paru-paru di Australia dan kebanyakan orang yang menderita kanker paru-paru akan meninggal.

Merokok meratakan silia, struktur kecil seperti jari di paru-paru. Itu kemudian melumpuhkan mereka dan meningkatkan risiko infeksi dan cedera paru-paru.

Namun, ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, silia Anda akan mulai tumbuh kembali dan mengembalikan fungsi penyaringan tenggorokan dan paru-paru. Silia bertugas menghilangkan polutan lingkungan dan racun yang Anda hirup.

Tahukah Anda bahwa kayu putih juga baik untuk paru-paru Anda? Baca lebih lanjut tentang manfaat kayu putih untuk paru-paru ini .

4. Meningkatkan Kesuburan

Tahukah Anda bahwa salah satu dampak dari merokok adalah kemandulan? Saat Anda merokok, Anda meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur dan juga memengaruhi kemampuan untuk hamil.

Namun, ketika Anda berhenti merokok, seperti 3 bulan, kesuburan Anda mungkin membaik. Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan, Anda juga bisa mencoba mengonsumsi teh hijau karena memberikan manfaat teh hijau untuk kesehatan kesuburan.

5. Keluarga Lebih Sehat

Ketika Anda merokok, itu tidak hanya mempengaruhi kesehatan Anda, tetapi juga keluarga Anda. Keluarga Anda sangat rentan menghirup asap rokok Anda. Memang, itu dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius dan bahkan mematikan.

Berhenti merokok dapat mengurangi risiko terkena kanker, infeksi pernapasan, dan asma dalam keluarga Anda. Jika Anda atau istri Anda sedang merencanakan kehamilan, maka itu akan menjadi waktu terbaik untuk berhenti merokok. Merokok selama kehamilan akan membahayakan bayi Anda dan bahkan menyebabkan kemungkinan keguguran, komplikasi kelahiran, atau kelahiran prematur yang lebih besar.

Sebaliknya, perkaya kehamilan Anda dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat, seperti yang diuraikan dalam manfaat kesehatan cokelat hitam untuk kehamilan Anda.

6. Manfaat Kesehatan Jangka Panjang

Selain manfaat di atas, ada beberapa manfaat kesehatan jangka panjang dari berhenti merokok yang akan Anda alami. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Satu atau dua tahun setelah Anda berhenti merokok, Anda akan menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Ini akan terus menurun di tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Hati-hati, 7 Barang Di Rumah Ini Sarang Kuman Dan Bakteri

Tiga hingga enam tahun setelah Anda berhenti, risiko penyakit jantung koroner akan menjadi sekitar setengahnya jika dibandingkan saat Anda merokok.

7. Berhenti merokok juga akan membantu Anda mengurangi risiko kanker dalam jangka panjang. 

Risiko terkena kanker mulut, tenggorokan, dan kotak suara mungkin turun hingga setengahnya. Risiko terkena kanker paru-paru juga akan turun 50% dalam 10 hingga 15 tahun setelah Anda berhenti merokok.

Merokok tidak memberikan dampak yang baik bagi kesehatan Anda. Karena itu, jika Anda ingin panjang umur dan sehat, maka berhentilah merokok. Tidak hanya baik untuk kesehatan Anda sendiri, tetapi juga baik untuk lingkungan Anda. [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form