Batik Sutra, Makin Tipis Makin Bagus

Batik Sutera

Perancang busana kawakan Herman Nuary memberi sedikit bocoran tentang batik sutra, yakni semakin tipis semakin bagus. Namun bagi yang tidak jeli, masih sulit membedakan.

Herman menyatakan memilih kain sutra asli sebenarnya membutuhkan kejelian. Dibutuhkan kepekaan mata untuk membedakan antara kain batik sutra yang asli dan yang tiruan. Dia juga menerangkan, kain batik yang bagus.

"Kain sutra asli semakin tipis semakin bagus. Apalagi jika kain sudah diberi motif beberapa warna, harganya semakin mahal. Per meter bisa Rp 1,2 juta atau lebih," ujar perancang yang menyukai warna hitam tersebut.

Baca Juga: Pandangan Budaya Pada Batik

Menurut Herman Nuary, saat ini di pasaran dipenuhi kain-kain sutra yang sulit dibedakan antara yang asli dengan palsu. Untuk mengetahui sehelai kain sutra itu asli atau palsu, keterangan berikut ini bisa membantu.

Kain sutra terdiri atas 2 jenis, yakni sutra buatan alat tenun mesin (ATM), dan sutra ATBM (alat tenun bukan mesin). Untuk membedakan kain sutra ATM dengan ATBM, sebenarnya bisa dilihat dengan sekilas pandang saja.

Kain sutra ATBM agak kasar, lebih  tebal, dan cepat kusut, karena hasil buatan tangan-tangan mahir. Namun sutra ATBM tapi tetap lembut. Cara mewarnainya menggunakan bahan alami.

Harga sutra jenis ini lebih mahal dan persediaannya terbatas. Sedangkan ukurannya lebih kecil dibandingkan produk sutra hasil produksi dari mesin.

Untuk kain ATM yang dibuat dengan mesin, kainnya lebih halus, lembut, tapi agak pasaran, karena produksinya banyak, bisa massal dan tentu saja harganya relatif lebih murah. Saat ini di pasaran banyak ditemukan sutra Cina, yang ciri-cirinya Sutranya asli, kainnya bagus, halus, dan lembut. Sutra yang berasal dari Tiongkok ini, juga termasuk ATM yang diproduksi dengan mesin teknologi yang canggih.

Lalu bagaimana mengetahui ciri batik sutra palsu? Mudah saja. Kain Batik sutra palsu itu kalau diusap terasa tebal, kasar, saat dipakai terasa panas, dan harganya jauh lebih murah.

Baca Juga: Batik Semarang Semakin Dikenal Karena Kelas Menengah

 

Batik Artora

Salah satu merk batik sutra nusantara unggulan adalah Batik Artora. Batik ini punya 3 motto, yakni:

1. Distinctive Design (desain khas)

Koleksi Batik Artora didesain secara khusus untuk memenuhi selera setiap individu. Desain tersebut tidak akan mengalami produksi ulang dan tidak akan ditemukan di tempat lain. Anda akan akan merasa spesial karena menjadi satu-satunya yang memiliki keunikan batik Indonesia.

2. High Craftsmanship (Pengrajin Mumpuni)

Nilai artistik batik itu diukur melalui tingkat keterampilan para pengrajinnya, serta motif yang sangat halus. Batik Artora dikerjakan dengan penuh kehati-hatian oleh para pengrajin batik mumpuni untuk mendapatkan karya seni dengan standar tinggi.

3. Innovative Pattern (Pola Inovatif)

Koleksi Batik Artora menjadi bentuk terobosan baru dari desain batik. Hal itu diciptakan khusus untuk menyesuaikan kepribadian gaya hidup pemakai yang dinamis dan elegan.

Saat ini Batik Artora menyediakan koleksi batik basic yang kontemporer dan batik premium yang eksklusif. Anda bisa mengunjungi situs mereka Batikartora untuk mendapatkan batik sutra yang terbaik dan sangat lembut. [Benhil]

Baca Juga: Batik Tulis dan Penganut Abangan

 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form