Dua Skill Penting Agar Sukses Bekerja


Banyak sekali tips untuk meraih sukses dalam bekerja. Beberapa tips itu bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang mulai menapak karier. Namun tidak banyak yang tahu kalau dari sekian banyak tips itu bisa disederhanakan hanya menjadi dua skill (ketrampilan) saja.

 

Dua skill tersebut sudah menyatu dalam pribadi semua orang sukses. Tanpa dua ketrampilan itu, bisa dipastikan dia tidak bakal sukses. Dengan kata lain, setiap orang sukses pasti lahir dengan dua skill itu.

  

Berikut ini dua skill yang perlu dimiliki seseorang agar sukses bekerja, yaitu:

 

1. Hard Skill

Hard skill adalah ketrampilan khusus yang perlu dimiliki oleh seorang pekerja. Beberapa contoh kemampuan ini adalah penulis konten, design graphics, translator, akuntan, operator alat berat, dan lain-lain.

 

2. Soft Skill

Soft skill adalah kemampuan interpersonal atau pribadi yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Beberapa hal yang termasuk kemampuan ini adalah kreativitas, pergaulan, komunikasi, fleksibilitas, kemauan belajar hal baru, pola pikir logis, kemampuan memecahkan masalah, dan lain-lain.

 

Perpaduan hard skill dan soft skill wajib kalian miliki jika ingin sukses bekerja. Kerja apa saja, baik sebagai eksekutif, pegawai, atau pengusaha.


Contoh kasus dari hal ini, yaitu;


Tarno merantau ke Jakarta dengan modal ijasah SMP. Dia bekerja sebagai petugas jaga malam di sebuah perumahan. Merasa punya waktu senggang, Tarno mendaftar jadi ojol. Jadi, siang dia kerja ojol, malamnya jaga di perumahan. Tarno juga ikut pendidikan kejar paket untuk mendapat ijasah SMA. Seorang direktur perusahaan besar yang tinggal di perumahan tempat Tarno bekerja tampak terkesan dengan kegigihan dan kerja kerasnya. Direktur itu menawari Tarno untuk bekerja di perusahaannya. Hidup Tarno menjadi jauh lebih baik.

 

Jika seorang pekerja hanya menguasai hard skill saja, lambat laun dia akan kehilangan kolega atau teman kerja karena tidak bisa menjaga sikap di lingkungan kerja. Saat dia terpuruk, tidak akan ada orang yang bersedia menolongnya karena karakternya yang buruk.

 

Contoh kasus dari hal ini, seperti berikut;

 

Iwan adalah seorang site manager proyek yang pintar. Hard skill-nya bagus, karena dia bisa menghitung kebutuhan material dan tidak sungkan memerintah pekerja bangunan. Namun Iwan tidak patuh pada project manager dan staff kantor karena sudah merasa pintar. Apabila terjadi masalah di proyek, dia melemparkan pada bagian lain. Alhasil, proyek berjalan tersendat dan penuh drama. Pada proyek selanjutnya banyak orang yang tidak sudi bekerja dengan Iwan lagi.

 

Begitu juga jika seorang pekerja hanya memiliki soft skill saja, maka dia akan kalah dalam persaingan alias kariernya akan stuck karena tidak memiliki ketrampilan atau tidak mau mengembangkan kemampuannya. Teknologi cepat berubah, hanya orang yang senantiasa mengikuti kebutuhan jaman yang mampu bersaing di setiap lini pekerjaan.

 

Contoh kasus dari hal ini, seperti berikut;

 

Bandi adalah seorang office boy yang loyal dan rajin. Dia ramah pada setiap orang di kantor tempatnya bekerja. Lima tahun setelah bekerja, sesuai budaya di kantor itu, Bandi mendapat tawaran posisi bagian penagihan yang gajinya dua kali lipat dari posisinya sekarang. Bandi menolak karena dia merasa tidak bisa berhitung dengan cepat dan malas keluar dari kantor yang sejuk. Dia sama sekali tidak tertarik untuk mengembangkan hard skill dan terbuai dengan zona nyaman dengan mengandalkan soft skill.

 

Bagaimana dengan orang sukses di sekitarmu? Apakah mereka juga memiliki dua ketrampilan tersebut? Jawabannya sudah pasti ya. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form