Cara Merawat Rambut

 

Jakarta – Memiliki rambut yang kuat, panjang, halus dan sehat menjadi dambaan seluruh wanita. Namun beberapa kebiasaan buruk yang hampir tiap hari dilakukan membuat rambut menjadi rusak. Ternyata terdapat beberapa bahan alami dan cara yang dapat dilakukan untuk merawat rambut rusak.

Rambut dapat menjadi rusak ketika setiap hari rambut dikeringkan dengan hair dryer. Pengering rambut yang memberikan suhu panas ini mampu mengeringkan rambut yang basah sehabis mencuci rambut.
Kebiasaan lain seperti mencatok rambut untuk meluruskan atau merapikan rambut dengan suhu panas pun dapat merusak rambut jika dilakukan setiap hari. Tak hanya itu, melakukan pewarnaan rambut yang rutin juga dapat merusak rambut. Berikut bahan alami untuk merawat rambut rusak yang dirangkum dari berbagai sumber:
 
1. Teh
Untuk membantu rambut rusakmu berkilau secara alami kamu dapat mencuci rambut dengan teh. Setelah mencuci rambut dengan sampo, kamu dapat menggunakan air teh yang sudah diseduh dan didinginkan saat bilasan terakhir. Dengan mencuci rambut menggunakan teh, warna rambutmu akan lebih indah. Sementara itu untuk kamu yang berambut cokelat dapat mencuci rambut dengan teh hitam untuk meningkatkan kilau rambut dan warnanya.
 
2. Minyak Kelapa
Untuk kamu yang memiliki rambut tebal, minyak kelapa dapat membantu memperbaiki rambutmu yang rusak. Kandungan didalamnya seperti dilansir dari Healthline yakni lemak tak jenuh dapat melindungi kesehatan kulit kepala agar mencegah dari kekurangan protein.

Penggunaannya kamu cukup menggunakan minyak kelapa secukupnya lalu tutup dengan shower cap dan handuk hangat selama 30 menit jika sudah kamu dapat mencucinya dengan menggunakan sampo.
 
3. Minyak Zaitun
Sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga mampu membantu memperbaiki rambut rusakmu. Caranya kamu cukup menghangatkan minyak zaitun lalu oleskan perlahan ke rambut dan tutupi dengan shower cap yang kemudian ditutup dengan handuk. Biarkan selama 45 menit lalu cuci rambutmu hingga bersih dengan menggunakan sampo.
 
4. Alpukat
Buah berwarna hijau ini mampu membantu memperbaiki rambut rusakmu karena kaya akan kandungan vitamin, asam lemak esensial dan mineral yang dapat membantu memperbaiki rambutmu yang kering.
Caranya pilih buah alpukat yang telah matang, hancurkan dan tambahkan satu telur kemudian gunakan campuran ini pada rambutmu yang basah.
 

Seperti dikutip dari thehealthy, menurut Stephen Sanna seorang ahli pewarna rambut pada Pierre Michel Salon di kota New York, gunakan alpukat ini selama minimal 20 menit kemudian bilas sampai bersih. Untuk rambut yang rusak ulangi seminggu sekali semenatar rambut yang sehat gunakan sebulan sekali.
 
5. Mentega
Penggunaan mentega pada rambut yang rusak ternyata dapat membantu merawat rambut yang kering dan rapuh menjadi berkilau. Caranya kamu dapat mengoleskan mentega pada rambut keringmu dan pijat perlahan. Lalu tutupi dengan shower cap selama 30 menit dan cuci bersih menggunakan sampo.
 
6. Cuka Apel
Mencuci rambut dengan cuka apel ternyata dapat mengembalikan kilau di rambut. Caranya kamu dapat mencampurkan cuka apel dengan air ke dalam botol semprot. Kamu dapat mengaplikasikannya pada rambut bersih seminggu sekali.
 
7. Telur
Memberikan masker telur pada rambut dapat menguatkan rambutmu yang rapuh. Caranya kamu dapat mengaduk setengah cangkir yogurt, tiga sdm madu, dan satu kuning telur. Setelah itu kamu dapat mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala. Jika sudah diolesi dengan baik, kamu dapat menutupinya dengan shower cap dan membiarkannya selama 15-30 menit sebelum keramas.
 
8. Lidah Buaya
Kandungan kalsium, fosfor, B1, Vitamin A, lemak, karbohidrat, serta protein dalam lidah buaya ternyata dapat memberikan kesehatan dan kesuburan pada rambut. Dengan menggunakan lidah buaya pada rambut mampu merawat rambut rusak juga menghitamkan serta menghaluskan dan menyehatkan rambut. Caranya kamu hanya cukup membagi lidah buaya menjadi dua dan mengoleskannya secara merata keseluruh rambut, diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Cara Merawat Rambut Rusak

1. Lindungi Rambut dari Bahan Kimia
Sebelum pergi ke pantai ataupun setelah berenang, untuk melindungi rambutmu dari bahan kimia kamu dapat mencampurkan ¼ cup cuka apel dengan ¾ cup air.
 
2. Memijat Kulit Kepala
Selain mengurangi stres dengan memberikan pijatan lembut pada kepala secara rutin, dipercaya dapat membantu pertumbuhan rambut lebih cepat sebab saat dilakukan pemijatan tersebut terjadi peregangan yang membantu pertumbuhan serta ketebalan pada rambut.
 
3. Jangan Menggosok Rambut yang Basah
Dengan menggosok rambut rusakmu yang sedang dalam keadaan basah justru dapat memperparah keadaan rambutmu. Maka dari itu, dari pada menggosoknya kamu dapat membungkus rambutmu dengan handuk dan membiarkan airnya menyerap ke handuk dalam beberapa menit saja.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.