Banyak sekali orang yang berpendapat bahwa hijab mampu membuat  rambut  seorang  wanita lebih sehat karena hijab dianggap mampu melindungi rambut dari polusi, sinar matahari, debu dan kotoran yang biasa menempel pada rambut saat beraktivitas. 

Selain itu wanita berhijab juga dianggap lebih hemat karena tidak perlu menghabiskan berkaleng-kaleng hair spray agar rambut selalu kelihatan tertata rapi. Padahal hairspray justru bisa membuat rambut rusak, rontok dan mudah patah. Terlepas dari itu, sebenarnya wanita yang menggunakan hijab justru memerlukan perawatan ekstra agar tetap terjaga kecantikan rambutnya. 


Berikut tips yang sangat berguna untuk menjaga keindahan serta kesehatan rambut berhijab anda


Sebelum Keramas Sisir Rambut Menggunakan Sisir Wide Tooth Comb 

Wide tooth comb merupakan jenis sisir bergigi lebar dan jarang dengan bentuk pipih. Tujuan menyisir rambut sebelum keramas adalah agar rambut kembali lurus dan tidak kusut, walau langkah ini terlihat sepele namun ketika anda mengikat rambut dalam sanggulan atau ikat kuda bisa membuat rambut menjadi kusut. Menyisirnya sebelum keramas adalah langkah awal agar rambut terhindar dari kerontokan. 

Sisirlah rambut minimal sehari dua kali, selain membuat rambut tikdak kusut lagi dengan menyisir rambut maka sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lebih lancar.

Pilih Shampo Untuk Kulit Kepala Sensitif Atau Rambut Rusak Non Conditioner

Wanita berhijab biasanya memiliki rambut yang cenderung lembab dan berminyak. Dengan menggunakan shampoo ringan khusus untuk kulit kepala sensitive maka akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala serta rambut sehingga terhindar dari ketombe yang pada akhirnya bisa memicu rambut rontok. Penting sekali untuk memilih jenis shampoo dan kondisioner ringan untuk meminimalisir kerusakan rambut oleh bahan-bahan kimia.

Jangan gunakan shampo dan kondisioner setiap hari namun jauh lebih baik jika digunakan berselang hari.

Aplikasikan Masker Rambut Seminggu Sekali Untuk Menutrisi Rambut

Aplikasikan masker rambut bervitamin untuk deep moisturise seminggu sekali di pagi hari kemudian duduk di bawah paparan sinar matahari sambil memijit-mijit kulit kepala selama 20 menit sehingga vitamin D akan dicerna tubuh untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Akan jauh lebih baik lagi jika racikan dibuat sendiri dengan mencampurkan minyak almond, minyak zaitun dan minyak biji bunga matahari.

Sebelum Memakai Jilbab Pastikan Keadaan Rambut Harus Benar-Benar Kering

Saat rambut masih basah sebaiknya hindari mengikat dan menggunakan jilbab. Rambut basah sangat sensitif dan rentan terhadap kerusakan sehingga mengikatnya dengan kencang dalam keadaan basah akan mengakibatkan ketegangan rambut dalam keadaan lemah dan ini sangat tidak perlu, selain itu hal ini juga bisa menyebabkan ketembe.

Catok rambut atau blow dry juga mampu merusak rambut sehingga sebaiknya hindari saja. Namun jika benar-benar membutuhkan pengering rambut sebaiknya atur suhu dalam keadaan yang paling rendah.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Amino Dan Protein

Kerusakan pada rambut bisa mengindikasikan keadaan tubuh yang kurang optimal. Pastikan asupan nutrisi terpenuhi setiap harinya dengan pola makan seimbang. Konsumsi makanan sehat setiap hari terutama makanan yang kaya akan protein dan asam amino seperti ikan salmon, bayam, telur, kenari dan bayam. Nutrisi yang cukup mampu melindungi dan memelihara setiap helai kesehatan rambut.

Agar hasil lebih maksimal, aplikasikan suplemen vitamin khusus rambut sehingga peningkatan pertumbuhan rambut yang lebih sehat terbantu. Selain itu pilih jilbab dengan kain yang ramah untuk kulit kepala serta rambut.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.