Sewaktu orang bertanya kepada seorang blogger apa pekerjaannya, lalu dijawab ‘blogger’ pasti banyak yang memandang sebelah mata. Bahkan tidak sedikit yang bilang kalau itu sangat gampang. Mereka pun juga bisa hanya duduk di depan komputer lalu mengetik seharian. Hm, benarkah semudah itu?

Kesalahan Blogging yang Biasa Dilakukan Pemula

Kenyataannya, saat seseorang mencoba mengawali blogging untuk pertama kali mungkin akan bingung. Apa yang harus dilakukan pertama kali? Bagaimana membuat konten blog yang bagus? Saat itulah mereka menyadari ternyata sulit juga mengelola blog. Nah, jika Anda seorang blogger pemula cobalah hati-hati hindari kesalahan ini.

Kesalahan Blogger Pemula yang Seringkali Tidak Disadari


Hanya Memikirkan Ide yang Menarik Diri Sendiri

Berapa kali pun Anda membaca postingan blog Anda, Anda bukan satu-satunya pembaca yang jadi sasaran. Ide memang datang di saat-saat yang tidak tentu. Ketika Anda mandi, saat sedang di jalan, waktu lagi menelepon. Namun ide tersebut tidak boleh asal. Meski menarik minat Anda belum tentu itu disukai pembaca di luar sana.

Tulisan Artikel Terlalu Kaku

Menulis artikel postingan blog itu berbeda jauh dengan menulis makalah. Namun bagi seorang blogger pemula biasanya masih terbawa pengalaman menulisnya yang terakhir kali. Dan, gaya tulisan yang kaku membuat orang mudah bosan. Mereka tidak akan tertarik untuk terus membaca tulisan Anda sampai habis.

Tulisan Artikel kurang relevan

Karena Anda sendiri yang menulisnya maka bebas mau menulis apa saja dan sepanjang apapun. Namun ingat jangan sampai jadi melantur. Boleh bercerita pengalaman pribadi tetapi jangan kebablasan. Supaya artikel Anda tidak berbelok dari jalur sebenarnya untuk tujuan topik yang dibahas.

Topiknya Terlalu Luas

Saat awal blogging biasanya orang ingin menulis topik yang sangat beragam. Seperti cara promosi lewat media sosial, tips membangun bisnis online, cara menghasilkan uang dengan internet marketing. Akan sulit menjabarkan topik-topik tersebut secara detail. Fokuslah pada yang spesifik saja. Contohnya cara menghasilkan uang melalui Facebook.

Tidak Menyertakan Bukti Data yang Aktual

Sudah bukan zamannya konten Anda tidak disertai data akurat. Karena orang-orang membutuhkan bukti dari apa yang Anda tulis. Contohnya bisa berupa persentase dari hasil survei lembaga survei resmi. Atau menyertakan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal. Benar, ini lebih menarik bagi pembaca karena sekaligus mengedukasi.

Melakukan Plagiarisme

Oke, kesalahan ini sangat serius. Di sekolah saja kita sebenarnya dilarang mencontek, kan. Kalau di dunia blogging bisa negatif sekali dampaknya. Sekarang alat pengecek plagiarisme sudah semakin canggih. Jika orang tahu Anda menyalin kontennya bisa saja Anda dituntut. Bahkan blog Anda bisa mendapatkan penalti dari Google.

Tidak Mengecek Tulisan untuk Mengeditnya

Banyak orang yang membuat kesalahan dengan tidak mengedit lagi tulisan mereka. Iya barangkali kita sudah yakin kalau tulisan kita bagus. Namun sungguh Anda benar-benar perlu membaca lagi seluruh tulisan yang sudah dibuat. Coba luangkan 30 menit untuk mengedit kembali tulisan Anda agar lebih rapi dan semakin enak dibaca.

Tidak Memposting Secara Konsisten

Semakin sering mengupdate blog, semakin tinggi website traffic-nya. Ini meningkatkan peluang menarik lebih banyak pembaca pada blog Anda. Kalau biasanya seminggu Anda membuat lima postingan lalu minggu berikutnya hanya dua postingan, blog Anda jadi tidak konsisten. Pengunjung blog Anda juga jadi bingung kenapa postingan Anda kadang muncul kadang tidak.

Nah, mungkin Anda jadi berpikir semua poin tadi ternyata sering Anda lakukan. Tidak apa-apa. Yang penting Anda tidak berhenti ngeblog. Karena dengan membuat kesalahan Anda jadi mengerti apa saja yang perlu diperbaiki. Sehingga blog Anda juga jadi semakin baik ke depannya. Serta bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.