Sebuah perusahaan harus dikelola dengan perencanaan yang matang. Namun kita juga tidak boleh lupa dengan pengelolaan keuangannya. Dalam hal ini, semua transaksi berupa uang yang masuk dan keluar dicatat dengan perhitungan yang tepat. Karena jika tidak ada pengelolaan keuangan, perusahaan bisa terbengkalai.

Memahami Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

Fungsi pengelolaan keuangan ini adalah untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan. Itulah mengapa kebanyakan perusahaan melakukan pengaturan mengenai keuangannya secara teliti dan berhati-hati. Kegiatan dalam manajemen keuangan berupa pengukuran dan penjagaan keuangan perusahaan agar tetap stabil.

Masih banyak juga perusahaan yang belum melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Oleh karena itu, mari kita pahami pentingnya manajemen keuangan ini.

Pengelolaan Keuangan Menjadi Hal Paling Penting


Perhitungan Pengeluaran Modal

Dalam semua transaksi yang berhubungan dengan pengeluaran dana ini harus dihitung dengan tepat karena menyangkut pada pengeluaran modal perusahaan. Dalam pengelolaan keuangan ini belanja modal harus seimbang dengan pendapatan yang nantinya akan dihasilkan saat penggunaan aset itu. 

Perusahaan tidak jarang mengeluarkan modal untuk pembelian aset yang nantinya akan digunakan dalam operasi perusahaan. Bahkan terkadang perusahaan harus berhutang sehingga harus membayar angsuran beserta bunganya. Dengan pengelolaan yang tepat, perusahaan dapat memperkirakan pengeluaran modal yang seharusnya dikeluarkan.

Mengelola Arus Kas

Dengan pengaturan dana kas yang harus dikeluarkan, perusahaan dapat membagi antara biaya sewa, telepon & listrik, asuransi, gaji karyawan, dan lainnya. Selain itu, jika memiliki hutang atau piutang perusahaan juga perlu dalam menghitung jatuh tempo untuk angsuran dan pelunasannya. 

Dengan pengelolaan kas, perusahaan dapat mengalokasikan dana untuk setiap pengeluaran dana agar cukup untuk memenuhi kewajibannya. Jika manajemen keuangan ini tidak berjalan semestinya maka dapat merugikan perusahaan karena operasi tidak berjalan juga.

Menghindari Penyalahgunaan Dana 

Berjalannya sebuah perusahaan dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan yang tepat. Karena itulah sebagian bisnis besar pasti memiliki manajemen keuangan yang baik. Karena dengan ini perusahaan dapat mengawasi penggunaan dana yang dikeluarkan agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Menekan Biaya yang Dikeluarkan

Demi efisiensi, biasanya perusahaan akan melakukan penghematan akan penghematan penggunaan daya listrik. Perusahaan bisa menjaga dana yang harus dikeluarkan agar tidak melampaui batas yang ditetapkan. 

Dengan adanya pengelolaan keuangan, maka perusahaan dapat mengetahui jumlah dana yang dikeluarkan dan sisanya. Jika dirasa pengeluarannya terlalu besar, maka perusahaan dapat melakukan penekanan biaya ini.

Menghitung Pengeluaran Pajak

Manajemen keuangan melakukan pencatatan atas semua kewajiban yang harus perusahaan keluarkan seperti pajak. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan penyisihan keuangan untuk kewajiban tersebut. Ini berguna untuk mengestimasi alokasi dana yang diperlukan untuk membayar pajak tepat waktu agar terhindar dari keterlambatan yang nantinya justru akan menyebabkan denda perpajakan.

Dengan begitu perusahaan dapat melakukan perencanaan keuangan yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mengendalikan Keuangan Ketika Terjadi Perubahan

Pastinya dalam perusahaan selalu terjadi transaksi yang diperlukan yang terus berjalan. Hal yang harus diperhatikan yaitu supaya dapat mengendalikan pengeluaran perusahaan dengan baik. Dalam perusahaan kecil maupun besar jika tidak memiliki pengelolaan yang baik maka juga akan kesulitan untuk mengendalikan keuangannya tersebut. 

Jika itu terjadi, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kebangkrutan perusahaan. Dengan manajemen keuangan akan memperkirakan pemasukan dan pengeluaran yang harus terjadi. 

Itulah alasan mengapa setiap pengusaha harus paham dengan adanya manajemen keuangan. Karena tidak sedikit juga perusahaan yang mengalami kegagalan di tengah jalan hanya karena tidak adanya perhitungan keuangan ini. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.