Gaya hidup vegetarian tengah menjadi tren sekarang terutama di kalangan selebritis dan juga para pecinta binatang. Vegetarian sendiri terdapat beberapa macam ada yang benar-benar 100% tidak mengkonsumsi segala bentuk makanan yang berasal dari binatang tetapi ada juga yang masih mengkonsumsi beberapa produk olahan dari hewan selain dagingnya seperti telur, susu, keju atau mentega. 

Dengan menjadi vegetarian beberapa orang mengklaim bisa membuat tubuhnya menjadi lebih sehat. Agar para vegan atau pelaku vegetarian ini bisa tetap merasakan makan dengan nikmat maka menu untuk mereka juga sudah tersedia dalam berbagai variasi. 

Ketahui 7 Bahan Pengganti Makanan Bagi Vegetarian

Bahkan rasa dan bentuknya mirip dengan yang terbuat dari daging asli. Untuk mendapatkan citarasa yang enak tersebut tentunya tidak sembarangan bahan makanan yang digunakan. Bahan makanan non hewani untuk vegetarian ternyata tidak sulit untuk ditemukan. 

Jika selama ini restoran vegetarian mematok harga yang cukup mahal maka dengan bahan pengganti tersebut harga tidak akan semahal jika beli di restoran. Beberapa bahan pangan yang bisa digunakan sebagai bahan pangan pengganti bagi para vegetarian antara lain 

7 Bahan Pangan Pengganti Dalam Menu Vegetarian


Pengganti Daging

Tofu atau dikenal juga dengan tahu jepang bisa digunakan sebagai pengganti daging di dalam menu vegetarian. Selain tofu juga bisa digunakan berbagai macam jamur yang memang memiliki citarasa mirip dengan rasa daging terutama daging ayam. Buah nangka juga bisa dipakai sebagai bahan pengganti daging.

Pengganti Susu

Bagi para vegan yang tidak mengkonsumsi susu dari sapi atau hewan ternak lainnya bisa minum susu yang dibuat dari almond. Bisa juga dengan susu kedelai. Kedua produk susu nabati tersebut sudah cukup banyak dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Pengganti Keju

Untuk mendapatkan citarasa keju dalam menu vegan maka keju ini bisa diganti dengan berbagai macam kacang-kacangan seperti kacang mede. Atau bisa juga diganti dengan tofu yang memiliki tekstur mirip dengan keju.

Pengganti Telur

Penggunaan telur di dalam menu vegetarian bisa diganti dengan chia seed, pisang yang ditumbuk atau dihaluskan, atau bisa juga dengan membeli pengganti telur yang sudah tersedia di toko khusus vegetarian.

Pengganti Mentega

Untuk mentega bisa digantikan dengan jenis minyak non hewani lainnya. Mentega bisa diganti dengan margarin atau minyak zaitun, minyak kelapa atau juga minyak biji matahari. Keuntungan yang lain dengan penggantian mentega ini adalah bisa mengurangi kadar kolesterol yang masuk ke dalam tubuh.

Pengganti Madu

Beberapa dari kaum vegan juga tidak mengkonsumsi madu yang notabene berasal dari hewan serangga yaitu lebah. Untuk madu bisa digantikan dengan maple sirup yang biasa digunakan sebagai toping pancake.

Pengganti Yogurt

Meskipun termasuk golongan jenis makanan yang menyehatkan tetapi bagaimanapun yogurt terbuat dari susu. Sedangkan para pelaku vegetarian ini tidak mengkonsumsi susu yang berasal dari hewan ternak seperti sapi atau kambing. Maka yogurt yang biasa dibuat dari susu bisa diganti dengan yogurt yang terbuat dari susu kedelai atau dari santan kelapa.

Dengan penggantian bahan makanan yang memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan aslinya maka mereka yang hidup dengan cara vegetarian masih tetap bisa menikmati makanannya tanpa merasa tersiksa. Mereka juga tidak lagi harus keluar biaya lebih mahal hanya untuk membeli makanan khusus vegetarian.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.