Perabotan dan barang-barang di dalam rumah meskipun terlihat bersih tapi ternyata bisa saja menjadi sarang dari kuman dan bakteri. Jika kita menggunakan barang-barang tersebut tanpa dibersihkan terlebih dahulu maka tidak mustahil kuman dan bakteri akan berpindah ke tubuh kita dan bisa menyebabkan penyakit seperti batuk atau juga diare. 

Agar paparan oleh kuman dan bakteri bisa dihindari maka cuci bersih terlebih dahulu barang tersebut sebelum digunakan atau cuci tangan setelah memegang barang-barang tersebut.

Hati-hati, 7 Barang Di Rumah Ini Sarang Kuman Dan Bakteri

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak mungkin tidak menggunakan atau tidak menyentuh perabotan atau peralatan yang ada di dalam rumah sama sekali. Itu artinya kemungkinan kita untuk terpapar oleh kuman dan bakteri yang menempel di peralatan tersebut selalu ada. 

Berpindahnya kuman atau bakteri ke tubuh tentunya akan mendatangkan gangguan kesehatan sehingga alangkah baiknya jika kita mengetahui barang apa saja yang rawan menjadi sarang kuman dan bakteri. 

Berikut beberapa jenis barang atau perabotan yang digunakan sehari-hari di rumah yang rawan menjadi sarang kuman dan bakteri.  

7 Barang Yang Rawan Menjadi Sarang Kuman Dan Bakteri


Remote Control

Ini adalah barang yang sangat sering kita pegang dan gunakan. Bayangkan berapa kali dalam sehari kita memegang dan menggunakan barang ini, tidak terhitung. Kuman dan bakteri senang sekali bersarang di remote control terutama di sela-sela tombol channel pada remote. 

Setir Mobil

Saat mengendarai mobil dan memegang kemudi seringkali tanpa kita sadari kuman dan bakteri yang menempel pada setir berpindah ke tangan kita. Jadi sebaiknya cuci tangan sehabis menyetir mobil terutama saat akan makan.

Handphone

Hampir mirip dengan remote control, handphone adalah barang yang paling sering kita pegang dan kita gunakan dalam berbagai suasana. Debu dan juga keringat yang menempel pada handphone akan membuat kuman dan bakteri senang hidup di dalamnya. Agar kuman dan bakteri yang menempel bisa berkurang rajinlah membersihkan handphone setidaknya seminggu sekali.

Tempat Makan Hewan 

Mangkuk atau wadah makanan hewan kesayangan kita juga sangat mungkin menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika tidak rajin mencuci wadah makan ini selain bisa membuat bakteri semakin banyak juga bisa menyebabkan hewan kesayangan menjadi sakit.

Talenan

Salah satu alat memasak ini juga merupakan sarang bakteri dan kuman. Talenan yang biasa digunakan sebagai alas untuk mengiris berbagai macam bahan pangan ini rawan menjadi sarang kuman dan bakteri yang bisa berasal dari bahan–bahan pangan dan juga bisa berpindah lagi ke bahan pangan lainnya. 

Terutama pada bahan mentah seperti daging dan ikan. Sebaiknya sebelum digunakan cuci bersih dulu talenan. 

Spons Pencuci Piring

Barang satu ini juga sangat disukai kuman dan bakteri untuk hidup karena kondisinya yang lembab. Kuman dan bakteri bisa berpindah ke alat-alat makan yang kita cuci seperti piring dan juga gelas. Jadi sebaiknya cuci bersih dan keringkan spons setelah dipakai serta ganti spons pencuci piring sebulan sekali.

Sandal Dan Sepatu

Saat mengenakan sandal atau sepatu kaki kita berkeringat dan itu adalah media yang bisa menyuburkan tumbuhnya kuman dan bakteri. Agar kulit kaki tidak menjadi gatal karena sepatu atau sandal yang banyak kuman maka cucilah dan bersihkan sandal atau sepatu secara rutin. 

Selain untuk menghilangkan kuman dan bakteri, mencuci sandal atau sepatu bisa mencegah tumbuhnya jamur yang akan merusak sandal atau sepatu tersebut.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.