Menemukan ide bisnis yang sesuai dengan passion memang hal yang cukup sulit bagi para pemula. Persaingan pun semakin ketat sehingga mau tak mau kita juga harus gerak lebih cepat. 

Oleh karena itu bagi Anda yang masih pemula diharapkan untuk bisa mengikuti ritme persaingan yang ada. Ada banyak ide usaha yang dapat kita jalani, salah satunya adalah usaha atau bisnis kuliner. Bisnis ini tergolong menjanjikan karena memiliki segmentasi pasar yang sangat luas dan membidik hampir semua kalangan atau semua usia. 

Agar Bisnis Kuliner Anda Sukses, Begini Tips-Tipsnya

Selama beberapa tahun belakangan ini, bisnis ini diminati oleh banyak kalangan pebisnis. Hal ini didasari dengan pangsa pasar yang cukup luas dan tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang terbilang cukup tinggi, sehingga bukan tak mungkin jika pebisnis yang masih pemula dalam usaha kuliner ini bisa saja sukses di kemudian hari.

Bagi Anda yang berkeinginan atau memang sedang menjalani usaha kuliner ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin usaha kuliner Anda menjadi berhasil dan sukses. 

Tips Sukses Memulai Usaha Kuliner


Ciptakan konsep yang menarik

Dalam bisnis apa saja, konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia usaha kuliner, sebaiknya jika Anda memikirkan matang-matang terlebih dahulu konsep yang menarik dan sebisa mungkin harus original dan berbeda dari usaha kuliner kebanyakan.

Misalkan saja konsep dekorasi restoran atau kafe dan nama-nama menu yang unik dan tak lazim. Hal ini akan membuat orang menjadi penasaran ingin mencobanya. Namun selain nama yang unik, soal citarasa juga harus menjadi perhatian utama.

Tentukan target pasar

Setelah Anda menentukan konsep bisnis kuliner Anda, maka langkah yang selanjutnya adalah dengan membidik pasar. Meski target pasar bisa jadi cukup, namun harus lebih spesifik lagi agar lebih mudah memastikan tujuan selanjutnya.

Misalkan jika Anda berniat membidik pasar di kalangan para mahasiswa, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau atau sesuai dengan kantong mahasiswa dan fasilitas lain seperti Wi-Fi yang banyak diburu mahasiswa.

Cari lokasi yang strategis

Sepertinya hampir semua bisnis, membutuhkan lokasi yang strategis agar dapat berkembang dengan pesat. Meski sebenarnya hal tersebut bisa dibilang relatif, namun jika Anda ingin bermain aman, maka pemilihan lokasi yang strategis merupakan hal yang perlu Anda lakukan. 

Tidak harus selalu di pinggir jalan raya, beberapa kafe atau tempat makan ramai pun ada yang letaknya di gang kecil namun tidak sulit dijangkau.

Gabung ke komunitas bisnis

Bergabung ke dalam sebuah komunitas bisnis atau perkumpulan pengusaha yang bergerak di bidang sama, dapat membantu Anda untuk lebih mempromosikan usaha kuliner Anda ke ranah publik. Selain itu, Anda juga dapat bertukar ilmu dan berbagi pengalaman dengan para pengusaha kuliner lainnya.

Jaga reputasi bisnis

Bisnis yang dapat menjaga reputasinya adalah bisnis yang bisa bertahan lama. Sama halnya dengan bisnis kuliner, terlebih lagi bisnis ini bisa dibilang sensitif terhadap isu. Maka dari itu, sebaik mungkin agar kita dapat menjaga reputasi bisnis yang kita kelola. Misalkan dengan merekrut pegawai berpengalaman atau membangun manajemen yang baik.

Selain itu, jangan pelit juga dalam memberikan promo-promo menarik seperti diskon, potongan harga atau hadiah menarik lainnya. Yang tak kalah penting, jangan abaikan poin utama seperti kebersihan tempat dan peralatan makan serta kenyamanan suasana restoran atau kafe.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.