Mengatur keuangan dengan baik merupakan suatu keharusan. Hal ini dilakukan guna memastikan Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sesuai porsi. Biasanya, akhir bulan adalah momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Gaji yang biasanya dibayarkan di awal bulan memang membuat banyak orang kurang mampu memanajemen dengan baik keuangannya hingga akhir bulan.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil di Akhir Bulan

Biasanya, saat-saat kritis bisa dialami bahkan lebih awal dari akhir bulan. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah pengaturan keuangan yang masih belum tepat. Misalnya saja, membelanjakan uang berdasarkan selera. Hal ini biasanya menjadi godaan terbesar saat Anda menerima gajian di awal bulan. Namun seharusnya Anda tetap ingat ada hari-hari yang akan menanti di depan.

Namun, jika Anda seseorang yang bijak, mengatur keuangan bukanlah hal yang sulit. Selalu ada jalan untuk hal itu. salah satunya adalah menerapkan tips-tips dalam mengatur keuangan sehingga bisa stabil hingga akhir bulan. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang dimaksud.

Beberapa Tips Menjaga Keuangan Tetap Stabil di Akhir Bulan


Pastikan Menghindari Pengeluaran Besar di Awal Bulan

Bukan rahasia lagi jika awal bulan menjadi waktu yang dinanti oleh para pekerja. Gaji yang pada umumnya diterima pada awal bulan tentu akan membuat keuangan menjadi stabil. Berbagai keinginan yang mungkin saja sudah diimpikan sejak lama atau akhir bulan sebelumnya adalah waktu yang pas untuk direalisasikan saat awal bulan.

Namun, hal yang perlu diingat adalah tidak boleh terbuai dengan banyaknya uang yang dimiliki saat awal bulan. Jika Anda salah dalam memanajemen gaji yang telah diterima, bukan tidak memungkinkan bagi Anda kehabisan uang di tengah jalan. Baik itu pertengahan atau akhir bulan. Jadi, tetaplah kontrol diri Anda agar tidak berlebihan dalam membelanjakan uang di awal bulan.

Menargetkan Pengeluaran Tiap Hari

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mempunyai target pengeluaran tiap harinya. Kebutuhan-kebutuhan penting seperti makanan, pakaian, maupun hal lainnya harus tertata jelas dalam target pengeluaran. Jika Anda merasa bingung membuat target untuk 3 jenis kebutuhan pokok tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan beberapa hal.

Misalnya saja seperti kebiasaan makan di luar atau membeli makanan yang sudah siap saji. Sebaiknya, jika Anda ingin menghemat pengeluaran, memasaklah sendiri di rumah. Hal ini diyakini efektif bisa menghemat pengeluaran dalam jumlah relatif banyak. Untuk penulisan target sendiri, Anda bisa menulisnya pada buku catatan kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Tidak Menyimpan Uang Tunai di Dompet

Cara berikutnya adalah jangan biarkan uang tunai bertaburan di dompet Anda. Jika hal ini Anda biarkan, maka sulit untuk mengontrol Anda dalam melakukan pengeluaran dalam jumlah yang normal. Akan ada saja godaan yang datang sehingga Anda mudah membelanjakan uang yang ada di dompet.

Sebaiknya, simpanlah uang dalam kartu ATM. Sisakan uang pas-pasan saja dalam dompet. Dengan demikian, kesempatan Anda untuk membelanjakan uang di luar kebutuhan penting akan berkurang.

Rajin Menabung

Menabung memang menjadi salah satu tips jitu mengontrol keuangan. Anda bisa memilih menabung dengan celengan di rumah atau menabung di bank. Tidak menutup kemungkinan juga bagi Anda untuk melakukan kedua-duanya. Mengingat jumlah uang yang Anda sisihkan tidak menentu, bisa sedikit dan bisa banyak, maka Anda bisa mengakalinya.

Untuk jumlah uang yang lebih besar, Anda bisa menabungnya secara langsung di Bank. Sedangkan untuk jumlah uang kecil atau bahkan recehan, Anda bisa tabung dalam celengan. Hal ini dirasa lebih praktis dan efisien.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.