Bukan menjadi rahasia lagi jika tidur siang memang kerap kali dibutuhkan oleh setiap orang. Terlebih lagi, tidur siang dianggap sebagai cara istirahat yang baik untuk membebaskan diri sejenak dari tugas yang menumpuk. Terutama untuk orang dewasa, tidur siang bahkan dianggap sebagai suatu hal yang sangat mewah dan berharga. Mengingat, usia dewasa akan lebih sibuk dengan aktivitas kerja.

Kenyataan di lapangan juga menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap arti pentingnya tidur siang. Contohnya saja, beberapa kota yang tergolong besar di Amerika Serikat telah menyediakan tempat khusus bagi para karyawan agar bisa beristirahat sejenak dari aktivitas yang sedang dilakukannya pada sebuah pekerjaan.

Aturan Penting yang Harus Diterapkan untuk Tidur Siang Berkualitas

Jika dikaji secara lebih luas, tidur siang memang sangat ampuh untuk mengurangi rasa kantuk dan lelah. Hal ini tentu saja mendongkrak semangat kerja para karyawan yang sudah kelelahan dalam melakukan pekerjaannya.  Tidak hanya itu, tidur siang juga efektif meningkatkan produktifitas kerja, memperbaiki suasana hati dan membantu berkonsentrasi lebih fokus lagi.

Meskipun tidur siang amat penting, ada beberapa hal yang meski diperhatikan agar tujuan yang ingin dicapai bisa berhasil. Jika tidak memperhatikan hal penting ini, bukan mendapatkan tujuan yang baik, malah bisa membuat kesehatan terganggu.

Beberapa Hal Penting yang Harus Diterapkan untuk Tidur Siang Berkualitas


Paling Lama Durasi Tidur Siang 90 Menit

Adapun hal penting pertama adalah mengenai durasi waktu tidur siang yang dinilai masih efektif. Jika Anda adalah orang-orang yang sedang menginginkan pikiran menjadi segar, cukup melakukan tidur siang dalam durasi waktu rentang 15 menit hingga 30 menit saja.

Sebaliknya, jika Anda merasakan mental mulai terblokir dan butuh waktu istirahat yang lebih panjang, maka durasi waktu yang tepat adalah 90 menit. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih terdekompresi dan kreatif. Waktu 90 menit ini terbukti bisa mencapai lingkaran tidur yang penuh.

Jangan Melakukan Olahraga Sebelum Tidur Siang

Dianjurkan kepada Anda agar tidak melakukan olahraga sebelum tidur siang. Hal ini dikarenakan, dengan berolahraga, otak menjadi stimulus sehingga dipastikan tidur siang akan menjadi lebih sulit. Meskipun olahraga terbukti dapat mengembalikan energi tubuh, nyatanya ia tidak bisa memenuhi kebutuhan otak dan tubuh untuk beristirahat. 

Konsisten Melakukan Tidur Siang di Jam yang Sama

Adapun maksud jam yang sama disini adalah, tidur siang yang Anda lakukan setiap harinya selalu di rentang jam yang telah Anda tentukan. Misalnya saja, Anda tidur siang di jam 2, maka di hari-hari selanjutnya, usahakan untuk tidur di jam yang sama. Dengan begini, tubuh akan merespon dengan tepat kapan waktu tepat untuk beristirahat.

Ada hal terkecuali yang harus Anda perhatikan yaitu, waktu yang tidak begitu dianjurkan untuk melakukan tidur siang. Waktu tersebut adalah tidur siang di waktu sore. Hal ini akan menyabotase waktu tidur Anda pada malam hari. Anda bisa saja nyaris kehilangan kantuk pada malam hari. Padahal waktu tidur di malam hari sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembuangan racun-racun berbahaya. 

Tidur Senyaman Mungkin

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, aspek pertama dan paling utama adalah kenyamanan. Untuk itu, usahakan tidur di tempat yang minim cahaya. Hal ini bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan kualitasnya tentu lebih bagus. 

Jadi, jika selama ini banyak yang berpikir tidur dibawah lampu terang guna terbangun lebih cepat, tentu saja hal itu keliru. Buatlah tidur siang Anda menjadi nyaman. Tanpa adanya rasa nyaman, tujuan tidur yang Anda lakukan bisa saja tidak di dapatkan. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.