Indonesia adalah negara dengan keberagaman agama, suku, ras, bahada, adat. Kemajemukan ini menjadikan Indonesia memiliki banyak budaya yang unik dari tiap-tiap daerah. Dari pakaian adat, kuliner, budaya, rumah adat, hukum adat semuanya sangat unik. Tiap-tiap daerah di Indonesia mampu mempertahankan dan mengembangkan keunikan nya masing-masing.

3 Masakan Indonesia Dengan Cara Memasak yang Unik

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang sangat melimpah. Tak heran jika negara ini memiliki banyak jenis kuliner yang sangat beranekaragam. Masakan Indonesia memiliki ciri khas rasa rempah-rempah yang sangat kuat. Namun, tak banyak yang tahu jika proses memasak makanan-makanan ini ada yang unik loh. Yuk lihat beberapa masakan Indonesia dengan cara masak yang sangat unik dibawah ini.

Uniknya Cara Bikin Beberapa Masakan Indonesia ini


Tempoyak

Tempoyak merupakan makanan khas Kota Palembang, Jambi, Bengkuli dan Lampung. Tempoyak adalah makanan yang terbuat dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak biasa dihidangkan dengan nasi hangat, citarasa yang unik membuat kuliner ini sangat terkenal sampai ke mancanegara. Tempoyak bisa dimasak dengan campuran daging ayam atau dibuat sambal goreng udang. 

Mandai

Mandai adalah kulit cempedak yang sudah melalui proses fragmentasi dan dijadikan lauk pendamping nasi. Mandai merupakan kuliner khas Banjar, Kalimantan. Gunakan buah cempedak yang sudah matang. Kukit nya direndam dengan air garam selama tiga hari ataupun sebulan. Semakin lama proses perendaman, maka tekstur akan sangat berpengaruh.

Papeda

Papeda adalah kuliner khas Maluku dan Papua. Papeda terbuat dari sagu yang dijadikan bubur. Papeda biasa dihidangkan dengan ikan tongkol atau mubara yanh dibumbui dengan kunyit, ikan berkuah pedas atau sayur tagas-tagas yang terbuat dari campuran daun singkong, bunga pepaya dan ubi jalar.  Papeda merupakan kuliner terunik di Indonesia.

Cara menikmati papeda juga caranya sangat menarik yaitu dengan menggunakan sumpit. Papeda digulung-gulungkan dengan menggunakan sumpit. Lalu gumpalan papeda di masukkan kedalam lauk, biasanya sayur ikan tongkol sayur kuning. Tekstur yang kenyal bercampur dengan kuah gurih dari lauk mebuat citarasa papeda ini sangat nikmat ketika hangat.

Botok Tawon

Botok tawon merupakan kuliner khas Jawa. Sesuai dengan namanya, kuliner ini terbuat dari sarang tawon yang masih terdapat Tolo atau larva lebah muda. Sarang tawon dimasak menggunakan rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kencur, dan lain-lain. 

Sayangnya, masakan Indonesia yang unik ini mulai sulit untuk didapatkan. Hal ini dikarenakan menipisnya jumlah sarang tawon yang merupakan bahan utama dari makanan ini. Biasanya, tempat-tempat tertentunsaja yang menjual yangmana pemilik tersebut merupakan peternak lebah itu sendiri.

Ampiang  Dadiah

Masakan Indonesia berasal dari daerah Minangkabau. Kuliner ini berbaham  dadar ampiang atau emping yang terbuat dari beras ketan serta dadiah. Makanan tradisional khas Minang ini rasanya mirip yoghurt. Sedangkan dadiah sendiri berasal dari susu kerbau yang disimpan pada bambu yang ditutup daun pisang. Susu lalu disimpan selama 2 malam.

Ampiang Dadiah bisa disajikan dalam mangkuk yang diberi santan, gula merah cair dan parutan kelapa. Susu kerbau yang gurih menambah kenikmatan kuliner ini. Kuliner tradisonal ini hanya bisa didapatkan di daerah Sumatera Barat. Sangat cocok menikmati kuliner yang  satu ini bersama keluarga.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.