Diabetes adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bagaimana tidak? Indonesia masuk ke dalam ranking 10 besar negara terbesar penderita diabetes. Dan yang lebih membuat miris adalah kesadaran masyarakat akan penyakit ini pada kenyataannya masih sangat kurang. 

 5 Kebiasaan Buruk Pencetus Diabetes Mellitus

Biasanya penderita baru akan menyadari bahwa ia menderita penyakit diabetes saat tubuhnya sudah terdapat luka yang tidak kunjung sembuh. Inilah salah satu alasan mengapa diabetes merupakan penyakit yang sangat sulit di cegah. Penyakit diabetes dapat disebabkan karena kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus- menerus. Berikut kami rangkum 5 kebiasaan buruk pencetus diabetes mellitus.

5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Menyebabkan Diabetes Mellitus


Kurang Olahraga

Kurangnya aktivitas olahraga dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh kita. Ditambah lagi di zaman yang modern ini, semuanya tersedia dengan praktis. Misalnya, jika kita lapar maka kita bisa memesan makanan, dan masih banyak contoh lainnya. 

Kemajuan zaman membuat kita semakin malas untuk bergerak. Aktivitas fisik yang bagus dapat membuat badan kita sehat dan bugar. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk melakukan olahraga rutin sesuai dengan piramida aktivitas fisik masing-masing orang. Beberapa aktivitas olahraga yang sering dilakukan adalah lari, naik turun tangga, berenang, jalan santai dan lain-lain. 

Kurang Tidur

Tubuh kita memerlukan waktu tidur sekitar 6-8 jam/ hari. Tetapi sebagian orang tidak bisa memenuhi kebutuhan tidurnya. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Bisa karena insomnia, kesibukan aktivitas sehari-hari, keinginan untuk sekedar menonton tayangan televisi malam hari dan lain-lain.  

Kurangnya istirahat tidur menyebabkan tubuh mengalami penurunan fungsi, salah satunya adalah organ pankreas. Organ pankreas adalah organ yang berperan penting dalam pembentukan insulin. Jika organ ini mengalami penurunan fungsi maka akan mempengaruhi dalam produksi insulin. 

Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis memang sangat enak dan segar. Namun dibalik rasanya yang enak, ternyata mengkonsumsi makanan dan minuman manis adalah salah satu kebiasaan buruk pemicu penyakit diabetes mellitus. 

Kandungan gula yang terdapat dalam makanan dan minuman manis dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Maka dari itu, kita perlu membatasi konsumsi makanan manis 4 sendok makan dalam sehari. Selain itu kita harus melakukan cek gula darah rutin supaya penyakit diabetes dapat dicegah. 

Seringnya Konsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak memang sangat menggairahkan. Konsumsi lemak memang sangat penting bagi tubuh karena lemak adalah cadangan tenaga bagi tubuh. Semua kalangan menyukai makanan berlemak, tetapi tidak banyak orang mengetahui jika mengkonsumsi makanan berlemak sangat membahayakan bagi tubuh. 

Pasalnya, konsumsi lemak yang berlebih dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan tentu saja bisa mengakibatkan diabetes mellitus. Kebiasaan buruk ini memang harus dikurangi, dengan membiasakan membatasi konsumsi lemak 5 sendok makan/hari. 

Stress Berat

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Sama halnya dengan memikirkan sesuatu dengan berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Di era modern saat ini, berbagai permasalahan lebih sering dialami oleh masyarakat. Dan tidak jarang mereka sampai memikirkan sesuatu terlalu dalam. 

Kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan produksi hormon, termasuk hormon insulin. Oleh karena itu, bukan hanya kesehatan jasmani saja yang harus dijaga, tetapi juga kesehatan rohani sangatlah penting untuk diperhatikan. 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.