Belimbing merupakan buah yang memiliki bentuk cukup unik, memiliki lima sisi yang kemudian membentuk pola seperti bintang. Bukan hanya bentuknya yang unik, belimbing ternyata mengandung beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Mengandung vitamin seperti, kolin, asam folat, lutein zeaxanthin, niacin, asam antothenic, riboflavin, thiamine, vitamin C, B6, dan E.

10 Khasiat Luar Biasa Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan, karena buah belimbing rasanya sangat menyegarkan. Buah belimbing juga sangat baik bagi kesehatan dan juga memberikan manfaat bagi kecantikan, selain dari pada rasanya yang menggoyang lidah.

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan


Mencegah kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

Menyehatkan Pencernaan

Buah beserta kulit belimbing memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar, serat  juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun. Serat menghindarkan dari risiko gejala kanker usus besar, juga membuat pencernaan lebih sehat.

Anti-inflamasi

Radikal bebas yang menyebabkan keterlambatan perbaikan jaringan dapat dicegah dengan belimbing yang memiliki jumlah tinggi antioksidan dan flavonoid. Zat tersebut bermanfaat untuk melindungi dari peradangan radikal bebas. Vitamin C mendorong keluar racun dan membantu dalam sintesis kolagen yang merupakan komponen penting untuk memperbaiki dan membentuk tulang, arteri dan pembuluh darah.

Memelihara jantung

Belimbing mengandung zat natrium dan kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh. Mengonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, membersihkan plak pada pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.  

Kaya Antioksidan

Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Quercetin, epicatechin, dan asam galat merupakan beberapa jenis flavonoid yang penting. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi diri dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan produksi ASI

Beberapa wanita mengalami kesulitan memproduksi cukup ASI untuk menyusui bayi mereka yang baru lahir. Belimbing memiliki sifat yang dapat membantu untuk meningkatkan produksi susu secara alami, alih-alih mengambil pil hormonal.

Menurunkan berat badan

Belimbing dapat mempercepat penurunan berat badan, dengan menyantap belimbing secara rutin juga diklaim dapat memaksimalkan sistem metabolisme. Belimbing sangat minim kalori, namun kaya akan serat, sehingga aman dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Serat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.  

Meningkatkan Kerja Enzim

Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks. Misalnya folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6) dalam buah belimbing sangat berkhasiat. Dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh, secara bersama-sama vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim.

Imunitas

Belimbing mengandung jumlah tinggi vitamin C, yang merupakan vitamin larut air yang dianggap sebagai antioksidan terbaik yang tersedia untuk tubuh. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu menangkal pilek, flu dan infeksi lainnya. Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh kita dan digunakan cukup cepat ketika kita berkeringat. 

Mengontrol tekanan darah

Belimbing dapat membantu mencegah risiko beragam penyakit kronis karena mengandung zat kalsium yang cukup tinggi, seperti oaterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan cara mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan arteri. Belimbing ampuh untuk mengontrol tekanan darah, dengan menyisipkan belimbing dalam menu sehari-hari.

Belimbing merupakan buah yang tidak mahal, Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun supermarket. Banyak manfaat dari buah berbentuk bintang tersebut, ada baiknya bila Anda mengonsumsi buah belimbing. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan Anda.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.