Bahaya perokok tidak hanya mengintai si perokok tersebut, namun juga orang-orang tersayang disekitarnya. Jika anda adalah seorang perokok aktif baiknya hindari merokok didekat orang-orang yang tidak merokok agar tidak terkena dampak yang diakibatkan dari rokok yang anda konsumsi. Karena bahaya nya bagi perokok pasif sama dengan si perokok aktif tersebut. 

Tidak mau kan kalau sampe orang-orang disekitar anda khususnya keluarga anda sampai terkena dampak negatif dari perokok aktif. Kami akan informasikan bahaya perokok aktif maupun pasif, simak ulasan berikut.

Inilah 3 Bahaya Perokok Aktif Maupun Pasif, yang wajib Anda Ketahui

3 Bahaya Perokok Aktif Maupun Pasif


1. Bahaya perokok pasif

Berikut adalah data-data penting yang wajib di ketahui bagi semua perokok, dan bahaya yang akan ditimbulkan pada orang-orang disekitar yang terkena asap dari rokok tersebut. Zat-zat di dalam asap rokok yang terhisap oleh perokok pasif  mengandung 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 2 kali lebih banyak nikotin, 3 kali lebih banyak tar, serta 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Bahaya perokok pasif pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran dan kematian pada janin, pendarahan dari uri (abruption placenta), berat badan berkurang antara 20 hingga 30%. Dan bahaya asap rokok terhadap bayi adalah masalah dalam penyakit pernafasan, emosi, leukimia, kanker otak, cepat lelah, dan sebagainya. Maka sebagai perokok aktif sebaiknya hindari merokok didekat anak-anak maupun ibu hamil.

2. Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok

Banyak sekali akibat negatif dari rokok terhadap si pemakai dan orang sekitar. Pembakaran kurang sempurna pada rokok yang membara menghasilkan karbon monoksida (CO) selain tanaman lain seperti tar dan nikotin. Dampak dari CO, tar, dan nikotin terhadap syaraf anda adalah :

  • Gelisah, tangan gemetar (tremor)
  • Selera makan berkurang
  • Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi rokok mungkin akan mengekstrak kandungan yang menyebabkan keguguran


Zat tar yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan batuk-batuk yang disertai dengan sesak napas. Tar yang menempel di jalan pernafasan dapat menyebabkan kanker pada jalan nafas, lidah, maupun bibir. Nikotin dapat meningkatkan adrenalin yang menyebabkan jantung berdebar-debar serta meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung.

3. Komplikasi penyakit

Bahaya perokok aktif berikutnya adalah komplikasi penyakit yang akan ditimbulkan dari kecanduan rokok. Perokok aktif lebih mungkin mengalami impoten atau kesulitan dalam mempertahankan ereksi bila dibandikan dengan sesorang yang tidak merokok. Bagi para perokok aktif pun penyakit paru-paru adalah penyakit yang tidak dapat dihindari. Anda harus siap bila terjangkit penyakit seperti penyakit jantung, darah, ginjal, dan bahkan kanker. 

Bahan kimia yang terdapat di dalam tembakau mengakibatkan rusak nya lapisan pembuluh darah serta mempengaruhi jumlah lemak yang terdapat di dalam aliran darah. Hal tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit pengerasan pembuluh darah.

Ada baiknya bagi anda yang sudah menjadi perokok aktif mulai mengurangi kebiasaan merokok untuk kesehatan anda sendiri serta orang-orang tersayang disekitar anda. Jangan sampai karena kebiasaan anda merokok menimbulkan penyakit bagi diri anda sendiri dan oranglain. Dan perokok pasif mulailah menyadari bahaya dari asap rokok yang ditimbulkan oleh perokok aktif, sehingga anda harus lebih waspada dan berilah masukan serta dukungan bagi perokok aktif agar dapat menghentikan kecanduan merokok nya. Semoga artikel ini dapat memberikan mafaat untuk anda dapat menghindari berbagai penyakit yang ditimbulkan dari bahaya perokok. Terimakasih.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.