Tips berpakaian saat anda akan melakukan wawancara di sebuah perusahaan sangat penting agar anda memiliki kesempatan lebih besar untuk berhasil dan diterima kerja. Karena cara anda berpakaian saat interview kerja, menjadi salah satu penilaian bagi calon pekerja yang baik dalam dunia bisnis. Maka sebaiknya anda harus mengenakan pakaian yang sesusai dengan profesi yang akan anda lamar.

Saat melamar sebuah pekerjaan, baiknya anda mengenakan pakain yang rapi dan sopan. Pada perusahaan tertentu anda diharuskan menggunakan pakaian formal sebagai salah satu dari penilaian dari pihak perusahaan. Apa saja tips berpakaian yang baik saat wawancara kerja, berikut akan kami berikan 5 tips berpakaian saat wawancara kerja.

5 Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja

5 Tips Berpakaian Saat Wawancara Kerja


1. Pastikan pakaianmu cocok untuk posisi yang dilamar

Menyesuaikan pakaianmu dengan bidang dalam perusahaan adalah hal yang penting, karena jika anda melamar sebuah pekerjaan dan menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan bidangnya maka itu hanya akan mengurangi nilai anda dalam sebuah perusahaan. Jika anda melamar sebagai seorang sekertaris baiknya anda menggunakan pakaian formal dengan blazer serta menggulung rambut anda dengan rapi.

Jika anda melamar pekerjaan sebagai jurnalis atau pekerja kreatif, tentu menggunakan blazer tidak akan sesuai. Sebaliknya, anda dapat menggunakan pakaian casual seperti kemeja dengan sepatu kets serta dipadukan dengan celana kain maupun jeans. Namun harus tetap menggunakan pakaian yang soan ya.

2. Warna pakaian

Pemilihan warna pun dapat menjadi penilaian yang penting bagi calon pelamar, karena karakter seseorang dapat terlihat melalui warna pakaian yang anda kenakan. Umum nya para pelamar menggunakan pakaian atasan berwarna putih dan bawahan berwarna hitam. Namun anda pun dapat menggunakan warna-warna lainnya yang anda sukai.

Pakaian dengan warna-warna yang cerah dan kontras akan menampilkan karakter kuat dan dominan. Pakaian dengan warna lembut seperti pastel akan membuat kamu dapat dipercaya. Tidak disarankan bagi para pelamar menggunakan pakaian berwarna oranye karena cenderung membuat kamu terlihat tidak profesional.

3. Perhatikan detail

Tips berpakaian selanjutnya adalah memperhatikan detail seperti aksesoris, make up, dan parfum. Dalam penggunaan make up sebaiknya tidak berlebihan, karena itu akan terlihat seperti anda membutuhkan waktu yang lama untuk berhias. Gunakan aksesoris yang simpel dan tidak berlebihan, cukup dengan menggunakan jam tangan ataupun kalung. Pastikan kamu menggunakan parfum beraroma segar dan tidak apek, hidari menggunakan parfum yang beraroma menyengat.

4. Gunakan sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi

Tidak hanya pakaian, sepatu pun menjadi salah satu penampilan yang tidak boleh terlewatkan. Sebaiknya gunakan sepatu yang ujungnya tertutup dan memiliki hak yang tidak terlalu tinggi. Jika itu adalah perusahaan yang formal, maka gunakanlah sepatu yang formal pula seperti sepatu pantofel. Pilihlah warna yang gelap seperti hitam, coklat, maupun biru dongker. Namun jika perusahaan bergerak di bidang kreatif, maka anda dapat menggunakan sepatu yang lebih santai seperti oxford shoes atau sepatu berjenis platform. 

5. Pakaian dengan corak sederhana atau polos

Dalam pemilihan pakaian saat interview pekerjaan baiknya pilihlah pakain dengan corak sederhana atau pun polos. Hindari menggunakan blus transparan atau tembus pandang. Gunakanlah pakaian berbahan dasar katun, sutra, atau mikrofiber. Karena pakaian dengan bahan tersebut baik dalam menyerap keringat anda saat dalam situasi yang tegang. Untuk corak pakaian pun baiknya tidak berlebihan dan simpel.

Demikian tips berpakaian saat wawancara kerja yang kami rangkum untuk anda. Gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan saat interview kerja untuk memberikan nilai tambahan dalam keberhasilan anda melamar sebuah pekerjaan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat untuk anda. Terimakasih
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.